Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Harddisk Agar Awet

CARADANTUTORIAL.COM.Hai sahabat blogger,kali ini caradantutorial.com akan berbagi tentang cara merawat harddisk agar tidak cepat rusak dan awet,Harddisk merupakan komponen yang penting pada suatu komputer/Laptop.karena Harddisk adalah sebagai media penyimpanan file.apalagi file yang berada dalam harddisk itu sangat penting.Harddisk merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data sekunder di dalam piringan magnetis.

cara merawat hardisk
Harddisk / Hard Drive
Data yang tersimpan dalam harddisk tidak akan hilang meskipun komputer kita matikan.Seiring kemajuan teknologi kini tersedia harddisk yang berkapasitas besar hingga 1 terabyte pada umumnya,meskipun kini telah hadir kapasitas yang lebih besar dari Tera.
Lalu bagaimana kita merawat hardware ini agar selalu awet dan tidak rusak,mari simak Tips berikut


1.Sirkulasi udara yang harus terjaga sirkulasinya

Perputaran udara dan suhu di dalam komputer memang sangat panas,cobalah untuk tidak menutup rapat cashing komputer agar udara dan sirkulasi udara tetap terjaga temperaturnya,karena jika hardisk terlalu bersuhu panas maka keawetannya mulai pudar.

2.Biasakan mematikan komputer dengan benar.

Mematikan komputer harus sesuai prosedure.karena jika mematikan komputer langsung memutus hubungan listrik akan menyebabkan hardisk anda bad sector.karena harddisk juga membutuhkan listrik,jika listrik langsung putus maka bukan tidak mungkin terjadi arus kejut yang menyebabkan bad sector pada piringan harddisk.

3.Simpan CPU di tempat sejuk

Posisi penempatan CPU juga menjadi salah satu faktor keawetan PC anda dan komponen di dalamnya.simpanlah CPU di tempat sejuk akan lebih baik komputer selalu terjaga suhunya agar tetap dingin dan tidak cepat panas.

4.Lakukan defragment secara berkala

Defragment yaitu menata kembali block block file yang ebrada di dalam hardisk,lakukan defragment secara berkala smeinggu sekali atau sebulan sekali.karena dengan melakukan ini file akan lebih tertata pada piringan harddisk.

5.Pastikan kipas harddisk tetap berputar

Suhu memang menjadi faktor penting keawetan harddisk,pastikan bahwa kipas harddisk selalu berputar untuk mengeluarkan udara panas yang ebrada dalam cpu/harddisk.karena dengan sirkulasi udara dan temperature yang baik hardware anda akan lebih awet masa aktifnya.

Begitulah sebagian dari cara merawat hardisk agar awet dan tidak cepat rusak.semoga bermanfaat

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

3 comments for "Cara Merawat Harddisk Agar Awet"

  1. Sangat bermanfaat sekali artikelnya, nice post :)

    ReplyDelete
  2. Semoga harddisk ane tahan lama :3

    ReplyDelete
  3. Wah terima kasih atas informasinya sehingga kami memahami terkait merawat hardisk ini.

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir
    https://bangamingadget.com/agar-hardisk-tetap-awet/

    terima kasih

    ReplyDelete