Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Video 360 Derajat

CARADANTUTORIAL.COM.Perkembangan teknologi smartphone semakin hari semakin canggih,bahkan pada saat ini smartphone bisa digunakan sebagai ajang promosi suatu produk atau bisnis dengan memanfaatkan camera atau pemutar video lainnya.Dengan adnroid kita bisa memutar video 3D sekalipun (Baca Juga : Cara Membuat Virtual Reality DIY Google Cardboard)

Selain itu handphone/smartphone sekarang bisa merekam hal hal kejadian unik atau dengan memanfaatkan fitur yang ada di smartphone anda layaknya camera nyata.semuanya bisa dimanipulasi dengan cara dan tips yang menghasilkan video yang tidak kalah dengan kamera action lainnya.
Seperti sekarang yangs edang naik daun dunia  Internet dihebohkan dengan Video 360 derajat atau sering disebut Virtual Reality Video 360. Bagi anda yang belum pernah mencoba hal ini, sebelum anda mencoba membuatnya, ada baiknya simak terlebih dahulu tipsnya, Pada kesempatan kali ini cara dan tutorial akan menjelaskan cara membuat video 360 agar hasilnya maksimal.

Video 360 derajat 

bagi anda yang selalu eksis di Youtube, biasanya anda hanya bisa melihat jangkauan video yang direkam oleh kamera itu. Nah, dengan video 360 derajat youtube ini,  memungkinkan anda untuk menikmati dengan bagian samping kanan kiri atau atas dari video yang anda lihat. Pengalaman menonton video 360 derajat akan menyajikan sebuah pengalaman yang terasa lebih nyata dan berasa seperti aslinya, silakan mencoba untuk membuktikannya.

CARA MEMBUAT VIDEO 360 DERAJAT

Sebelum membuat VR 360 Youtube, Kita siapkan alat alatnya terlebih dahulu,yaitu :

. Tripod Kamera,Tripod Smartphone (banyak dijual di toko kompute)
· Smartphone yang memiliki kamera (10megapixel ke atas)
· Tambahan aksesoris tripod agar bisa berputar (Cam Lapse)
· Pengikat smartphone (Gilf)

Setelah perlengkapan sudah ada, kini saatnya untuk memulai membuat Video 360 Derajat. Ada beberapa hal yang wajib agan perhatikan,

1. Tentukan Objek Video

Tentukan objek yang mudah dibuat video 360 derajat dengan memperhatikan keadaan lapangan sekitarmdan sekiranya camera bisa mendapatkan sudut pandang yang luas.Bisa ketika anda berolahraga ,berkebun,pemandangan pada saat travelling dan lain lain.Video ini akan dibuat secara time-lapse.
video 360 derajat


2.Pergunakanlah aplikasi yang tepat

Pada proses pembuatan video jenis ini adalah  memanfaatkan kamera yang ada pada smartphone, anda bisa gunakan aplikasi yang telah anda download di Play Store atau dengan aplikasi bawaan smartphone agan, buatlah time-lapse dengan menggunakan aplikasi bawaan smartphone.

  • Buat smartphone agan dalam mode Video.
  • Letakan smartphone andadi alat tambahan time-lapse yang bisa berputar, tapi jika agan memakai Cam elapse, putar Cam elapse dan tap record.
  • Kemudian Ekspor /render hasil rekaman agan ke program editing seperti iMovie atau Quicktime. Naikkan kecepatan video biar tidak menghabiskan durasi video.


Bagi pengguna android kami sarankan untuk menggunakan Lapse It untuk bisa mengatur seperti jumlah frame, video play back frame rate dan panjang video . Tapi jika anda ingin pengaturan yang lebih cepat, Lapse It bakal mengurangi fitur tersebut. Hanya butuh memilih interval, resolusi dan pengaturan exposure serta white balance aja.
time lapse

3.Tentukan interval video

Jangan pernah anggap remeh dengan Interval, Interval  adalah berapa lama selang waktu antara satu capture dengan capture yang lain.tentukanlah berdasarkan objek yang ingin  diabadikan. Meskipun sebagian besar video berjalan pada frame 20 hingga 30 fps, dan semakin banyak jumlah framenya maka akan semakin mulus. Untuk membuat hasil video yang mulus, anda pelu menghitung interval videonya dengan membagi panjang event (dalam detik) dengan berapa banyak frame yang kita butuhkan untuk membuat video 30 detik. setelah itu VR 360 Derajat agan sudah siap.

Interval frame
4.Saatnya upload ke youtube atau media sosial lainnya

Setelah anda membuat video ini,saatnya share hasil kerja anda ke media social,seperti youtube,facebook,dan lain lain.Disarankan menggunakan koneksi yang cepat,karena hasil render membutuhkan ruang di harddisk yang sangat besar.

Video anda telah terbuat,enjoy.Demikian sedikit tips dan cara membuat video 360 derajat.semoga bermanfaat.jika ada yang ditanyakan silakan isi kolom komentar.
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

3 comments for "Cara Membuat Video 360 Derajat"

  1. thanks untuk tutorialnya gan, ijin nyoba :D

    ReplyDelete
  2. Mantap Min. Ternyata gini caranya. Selama ini bingung bikin begini pakai apa sih. Keren hasilnya ternyata. Tengkyu min.

    ReplyDelete