Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Keuntungan Reksadana yang Jadi Pilihan Investor Saat Ini

Aktivitas reksadana yang jadi salah satu jenis investasi telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini menjadi salah satu keuntungan reksadana yang membuat banyak investor berbondong-bondong untuk menanamkan modal. 

Cara kerja dari reksadana sendiri adalah investasi yang dibagi pada beberapa instrumen atau perusahaan. Pengelolaannya sendiri dilakukan oleh manajer investasi sehingga investor tidak langsung turun tangan sendiri. 

Keuntungan Reksadana
Keuntungan Reksadana

Hadirnya manajer investasi juga menjadi bagian dari keuntungan reksadana yang tidak boleh dilewatkan. Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa keuntungan lain yang dirangkum berikut ini.

5 Keuntungan Reksadana yang Wajib Diketahui Calon Investor 

Tujuan berinvestasi adalah demi mendapatkan keuntungan serta merencanakan keuangan yang sesuai aspirasi di masa depan. Ada yang berencana untuk dana pensiun atau juga untuk memperoleh penghasilan tambahan. 

Apapun alasannya, investasi jauh lebih baik dibandingkan dengan tabungan atau deposito yang jadi layanan perbankan. Jika dibandingkan dengan keuntungan reksadana dalam hal bunga tentu berbeda. 

Apalagi mengingat reksadana termasuk tipe investasi yang memiliki potensi high return, tentu saja relatif melebihi bunga rata-rata yang diberikan deposito. Apa saja keuntungan reksadana yang wajib diketahui investor sebelum investasi? Berikut rangkumannya.

1. Memperoleh Potensi Keuntungan yang Tinggi

Seperti yang sedikit telah dijelaskan bahwa keuntungan reksadana lebih tinggi dibandingkan deposito apalagi tabungan. Suku bunga yang bisa diperoleh paling tinggi dapat mencapai 20% per tahunnya. 

Tentu saja hal ini tergantung dengan jenis investasi reksadana yang dipilih. Hingga saat ini reksadana saham memiliki potensi keuntungan yang tertinggi dibandingkan jenis lainnya. Namun tentu dengan risiko yang tinggi pula.

2. Risiko Lebih Minim dengan Diversifikasi

Keuntungan reksadana yang selanjutnya adalah meminimalkan risiko melalui diversifikasi. Pada saat Anda memilih salah satu jenis reksadana, misalnya saja reksadana saham maka instrumen investasi yang dipilih tidak hanya satu, namun disebar ke beberapa ekuitas. 

Banyaknya instrumen yang dipilih merupakan bagian keuntungan reksadana saham karena dapat meningkatkan diverifikasi. Ketika salah satu instrumen anjlok nilainya maka Anda tidak mengalami kerugian berlebihan. Hal ini juga berlaku pada jenis reksadana lainnya. 

3. Pengelolaan Dilakukan Manajer Investasi Profesional

Tidak ada lagi alasan kesulitan dalam hal investasi karena keterbatasan waktu serta pengetahuan. Inilah keuntungan reksadana, karena semua modal yang dimiliki investor akan dikelola langsung oleh manajer investasi yang profesional. 

Hanya saja dalam hal ini, Anda perlu menilai kinerja dari manajer investasi yang transparan serta profesional. Menggunakan jasa dari manajer investasi untuk mengelola dana tentu membutuhkan fee. Justru disinilah Anda akan mendapatkan keuntungan karena fee akan dibagi ke semua investor. 

4. Jenis Investasi Reksadana yang Beragam

Satu lagi keuntungan reksadana yang mungkin masih belum banyak disadari adalah menyediakan beberapa jenis. Jenis investasinya antara lain reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana pasar uang. 

Keuntungan reksadana dari setiap jenisnya ini bisa disesuaikan dengan jangka waktu yang diinginkan serta instrumen investasinya. Anda bisa memilih investasi jangka pendek atau menengah bahkan jangka panjang. 

5. Investasi Bisa Dilakukan Online 

Tidak ketinggalan juga dari keuntungan reksadana adalah Anda bisa mengaksesnya kini secara online. Transaksi online mempermudah mobilitas Anda yang padat namun tetap bisa berinvestasi dengan tenang dan aman. 

Proses investasi pun tidak akan berjalan terlalu lama dan Anda bisa melakukannya menggunakan perangkat smartphone atau tab. Keuntungan reksadana ini tentu saja akan didapatkan selama Anda memilih lembaga keuangan dengan aplikasi yang mendukung. 

Apabila dilihat dari segi keuntungannya ini, tidak heran bukan jika reksadana menjadi acuan para investor untuk mengamankan dana mereka. Hanya saja ada beberapa risiko yang juga perlu diperhatikan. 

Pertama, proses pencairan dana lebih lama meskipun waktunya tidak sampai berminggu-minggu hanya 3 sampai 4 hari. Kedua adalah risiko wanprestasi karena penerbit surat berharga yang jadi objek investasi gagal memenuhi kewajibannya.

Ingin Memperoleh Semua Keuntungan Reksadana? Pilih DBS Treasures 

Perbankan prioritas DBS Treasures hadir untuk memenuhi kebutuhan investor dalam mengembangkan kekayaannya dengan menyediakan beragam produk investasi yang komprehensif, termasuk investasi di reksadana. Termasuk jika Anda berinvestasi di reksadana maka Anda akan memperoleh semua keuntungan reksadana di atas. 

DBS Treasures memberikan kemudahan kepada Anda demi investasi reksadana yang lebih fleksibel. Dengan menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures, Anda dapat menikmati semua kemudahan tersebut. 

Sebagai nasabah prioritas tentunya ada beberapa keuntungan reksadana terkait layanan yang akan Anda dapatkan. Apa saja itu?

1. Investasi akan Dikelola Sepenuhnya oleh Profesional

Layanan pertama yang akan Anda dapatkan adalah pengelolaan investasi yang aman karena DBS Treasures bermitra dengan manajer investasi yang terkemuka dan profesional dalam pengelolaan reksadana. Investasi Anda akan jauh lebih aman dan semua keuntungan reksadana pun bisa segera Anda dapatkan. 

2. Panduan untuk Berinvestasi Reksadana dengan Tepat

Tidak memiliki waktu untuk melakukan analisa sendiri mengenai perkembangan pasar dan peluang terkini? Anda juga tidak perlu khawatir akan hal ini karena tim ahli finansial dari DBS Treasures akan berkolaborasi melakukan analisisnya, serta proaktif berkomunikasi dengan Anda untuk menyampaikan peluang lengkap terbaru. 

3. Risiko akan Berkurang melalui Diversifikasi 

Diversifikasi adalah salah satu keuntungan reksadana yang menjadi banyak acuan untuk berinvestasi. DBS Treasures akan membantu Anda lebih memaksimalkan investasi dalam hal ini sehingga Anda tidak mengalami kegagalan hanya karena menanamkan modal di satu instrumen saja. 

4. Menyediakan Empat Reksadana dengan Berbagai Produk

Keuntungan reksadana di DBS Treasures lainnya adalah ada empat jenis yang disediakan. Pertama adalah reksadana pasar uang yang mudah cair dengan jangka kurang dari setahun. 

Kedua adalah reksadana pendapatan tetap yang terdiri dari instrumen pendapatan tetap contohnya saja obligasi. Ketiga adalah reksadana campuran yang instrumennya bisa dari obligasi, pasar uang dan juga saham. 

Keempat adalah reksadana saham yang investasinya akan disebar pada berbagai saham perusahaan yang masuk ke daftar bursa saham. 

Keuntungan reksadana sendiri sangat beragam apalagi jika dibandingkan dengan investasi individu menjadi jauh lebih praktis. Ditambah lagi meskipun terdapat risiko tetap bisa diminimalisir selama Anda memilih tempat untuk berinvestasi yang tepat. 

Anda yang ingin mendapatkan strategi manajemen kekayaan yang sesuai dengan kebutuhan pun bisa menyerahkannya kepada DBS Treasures. 

Hanya dengan menjadi nasabah perbankan prioritas di DBS Treasures Anda bisa mengambil keputusan investasi yang lebih akurat dengan yakin. Jadi tidak perlu menunggu lagi jika ingin segera mendapatkan keuntungan reksadana karena DBS Treasures pilihan yang tepat. 



Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Apa Saja Keuntungan Reksadana yang Jadi Pilihan Investor Saat Ini"