Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Rekomendasi Pantai Gunung Kidul untuk Akhir Tahun

Liburan akhir tahun sudah depan mata. Beberapa orang mungkin sudah memiliki rencana liburan akhir tahun,  mulai dari bepergian ke tempat wisata yang unik hingga ke pantai. Ada banyak pilihan tempat yang bisa kalian jadikan tempat refreshing. Jadi, selain berwisata, liburan ke pantai juga menyehatkan kulit dan tulang kita. Apalagi bisa mendapatkan Vitamin D secara alami dari sinar matahari.

Tidak hanya terkenal karena wisata budayanya, Jogja juga populer berkat pantai-pantai yang tersembunyi serta terjaga keindahannya. Destinasi pantai juga mudah dijumpai di kabupaten yang berada di selatan Yogyakarta ini. Jika kalian sedang berada di Wonosari, kalian  bisa melakukan perjalanan ke arah selatan untuk mencapai objek wisata pantai yang terkenal di Gunung Kidul.  

Apabila ingin menghabiskan liburan di kawasan pantai dengan nuansa yang unik dan berbeda, maka Pantai di Gunung Kidul ini yang paling direkomendasikan untuk kalian karena memiliki hamparan pasir yang bermacam-macam, mulai dari pasir hitam sampai pasir putih.

Yuk simak beberapa Rekomendasi untuk menjelajah satu dari beberapa  pantai keren yang bisa kalian kunjungi. Bahkan disini kalian bisa menikmati momen sunrise, sunset hingga berkemah di area camping ground sekitar pantai. 

7 Rekomendasi Pantai Gunung Kidul untuk Akhir Tahun
7 Rekomendasi Pantai Gunung Kidul


Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul 

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai cantik yang ada di Jogja yang belum banyak diketahui orang. Pasir pantai disini terlihat putih bersih dan lembut seperti mutiara, pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang membuat pemandangan semakin indah. Kalian bisa mengabadikan beberapa moment disini dan jangan lupa siapkan kamera dengan penyimpanan yang banyak ya. 

Berhubung pantai ini sangat indah, banyak yang menjadikan pantai ini untuk mengisi moment seperti foto-foto prewedding. Pantai Pok Tunggal ini baru saja Hits karena memiliki beberapa keunikan. Salah satunya adalah keberadaan sumber air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah. Unik sekali kan.

Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul

Jajaran batu karang yang besar di beberapa titik menjadi pemandangan yang luar biasa di pantai ini. Pantai ini dengan pasir putih yang cantik memiliki ombak yang cukup tinggi dan tetapi tidak  direkomendasikan untuk kalian berenang di tepian pantai ini.

Namun, Keindahan pantai ini cukup sempurna untuk memanjakan mata kalian. Pantai Wedi Ombo ini sangat terkenal dengan panorama sunset yang begitu eksotis dengan pemandangan batu karang berbentuk unik. Tempat ini sangat cocok untuk objek fotografi. Di Kawasan ini kalian juga bisa Camping.

Oh iya jika kalian ingin berenang di Pantai Ini disediakan seperti laguna kecil yang tidak jauh dari pantai.

  • Lokasinya berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo , Kabupaten Gunung Kidul, DIY
  • Harga Tiket Masuk
  • Harga Tiketnya cukup murah hanya 10.000 / orang saja loh.

Pantai Nguluran

Pantai Nguluran terletak di Desa Bolang Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai sebelumnya, pantai ini memiliki lokasi yang paling mudah untuk dijangkau. Pantai ini juga pantai yang sempat hits. Pantai nguluran memiliki banyak spot untuk berfoto berupa teras kaca yang menjorok ke laut, kebayangkan gimana serunya berfoto di teras kaca yang dibawahnya langsung melihat air laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Nguluran

Wisata pantai yang tergolong anti mainstream ini rupanya masih menerapkan tarif minimal, layaknya pantai di wilayah Gunung Kidul lainnya. Hal yang membedakan hanyalah pengelola menetapkan tarif untuk setiap spot foto di sana. 

Untuk tiket masuk pantai hanya 10.000/oarang.Namun, untuk harga tiket wahana dan spot foto yang kece anti mainstream mulai dari 20.000-50.000.

Pantai Siung

Kenapa disebut pantai siung ? ya, karena keberadaan batu karang yang menjorok ke arah laut yang menyerupai siung atau bisa disebut gigi taring ini yang membuat daya tarik tersendiri. Bukit karang yang terbentang di sekitar pantai menjadi salah satu spot fotografi dan digunakan sebagai kegiatan ekstrim seperti panjat tebing , hemm cukup memacu adrenalin yaa.

Dari atas bukit kalian bisa melihat keindahan pantai Siung yang mempesona dengan hamparan pasir putihnya. Kalian juga bisa mengeksplor keindahan ini dengan mengambil beberapa foto loh. Lokasinya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul,DIY

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Harga tiket masuk pantai siung adalah 10.000 ribu rupiah. Untuk biaya parkirnya sendiri, akan dikenakan sebesar 10.000 untuk mobil dan 5.000 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor.

Pantai Nglambor

Bagi para pecinta snorkeling, pantai Nglambor pilihan yang tepat untuk mengukir kenangan manis menyaksikan keindahan alam bawah laut. Kalian bisa membawa snorkel sendiri atau menyewa peralatan snorkeling yang tersedia di Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor memiliki pasir pantai yang putih dan air laut yang jernih. Kalian bisa melihat beragam biota laut, ikan hias dan terumbu karang yang cantik. Kalian akan dipandu oleh guide 

untuk snorkeling di area-area tertentu yang aman. Dan tentunya berhati-hati agar tidak menginjak atau merusak terumbu karang.

Jangan lupa abadikan aktivitas berenang atau snorkeling dengan berfoto di bawah air. Jika kalian tidak bisa berenang, jangan khawatir, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Nglambor. Kalian bisa menyusuri pantai dan bermain air di bibir pantai sambil berfoto-foto. Atau memacu adrenalin dengan menaiki bukit dan melihat pemandangan dari atas. Lokasi terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. 

Tiket Masuk Pantai Nglambor

Harga tiket masuk Pantai Nglambor ini bisa dibilang murah. Satu tiket dihargai Rp6.000/orang. Harga penyewaan snorkeling juga bisa dibilang terjangkau. Mematok harga sekitar 50.000 hingga 100.000 per orang, kalian sudah bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Nglambor.

Pantai Jogan

Pantai Jogan ini memiliki air terjun bernama Air Terjun Pengantin, karena konon katanya jika kamu mandi di bawah air terjun tersebut bisa cepat dapat jodoh. Tak ada hamparan pasir putih ataupun pasir coklat, yang ada hanyalah tebing indah dengan hiasan air terjunnya.

Di Pantai Jogan kalian bisa melakukan Rappelling, aktivitas menuruni tebing dengan menggunakan perlengkapan tali, hampir sama dengan panjat tebing, bedanya terletak pada jalur yang dilalui. Kalian wajib coba keseruannya nih.

Keseruan tersebut hanya dapat dilakukan oleh kamu yang menyukai tantangan, dimana kamu akan menuruni tebing yang memiliki tinggi sekitar 10 meter dengan derasnya aliran air yang mengalir. Untuk menikmati keindahan Pantai Jogan, sangat mudah sekali. Di sekitar lokasinya terdapat beberapa gardu pandang yang terbuat dari bambu, bahkan ada yang berupa perahu.

Lokasi Pantai Jogan

Lokasi Pantai Jogan sendiri terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Anda akan dikenakan harga tiket masuk pantai Jogan sebesar 10 ribu rupiah.

Pantai Nglimun

Pantai cantik yang dikelilingi oleh perbukitan dan tebing karang. Pantai ini masih sepi karena memang belum banyak dikunjungi. Lokasinya yang sulit dijangkau membuat banyak wisatawan enggan untuk berkunjung.

Ukuran Pantai Nglimun tidak begitu besar, di sana banyak tumbuhan pohon pandan laut dan bongkahan batu karang yang cukup besar di sebelah barat pantai. Ciri dari Pantai ini adalah pantai yang landai di didominasi batuan karang, sedikit sekali ditemukan pasir pantai.

Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan di Pantai ini seperti bersantai di gazebo, pengelola Pantai Nglimun menyediakan gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan indah di sekitar pantai.

Selain bersantai, bagi Anda yang memiliki hobi memancing, Anda bisa memancing di pinggir pantai. Ikan-ikan di pantai ini cukup besar. Bahkan, saat menjelang sore banyak pemancing yang berdatangan.

Lokasi Pantai Nglimun 

Pantai Nglimun berlokasi di Ds Bedalo, Krambil Sawit, Saptosari, Gunung Kidul. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Ngeden. 

Tiket Masuk Pantai Nglimun

Sama seperti pantai yang lain cukup murah hanya 10.000/ orang

Yukk guys jadikan to do list kalian beberapa rekomendasi pantai yang disebutkan di atas ya. Tentukan waktunya dan ajak keluarga orang terdekat kalian untuk menikmati liburan akhir tahun bersama. Buat harimu bahagia bersama mereka, jangan lupa abadikan beberapa momen untuk di share ke social media kalian yaa. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan di masa pandemi ini, dengan selalu mengkonsumsi multivitamin untuk daya tahan tubuh.


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

1 comment for "7 Rekomendasi Pantai Gunung Kidul untuk Akhir Tahun"

  1. Udah dibuka lagi apa belum sih setelah ppkm? Kami baru sebagian saja, saking banyaknya pantai bagus di Gunungkidul. Semoga sehat semua & bisa jalan2 lagi menikmati alam. Aamin.

    ReplyDelete