Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Tugas dan Tanggung Jawab AI Engineer dan ML Engineer

Teknologi digital yang semakin berkembang sangat berpengaruh besar terhadap dunia industri di dunia. Kemajuan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) banyak dimanfaatkan untuk membantu manusia dalam mengembangkan bisnisnya. Penggunaan AI bisa menambah efisiensi dan produktivitas dalam berbagai aspek operasional perusahaan. Semua itu bisa berjalan karena tugas dari AI Engineer. Anda pasti penasaran apa tugas dan tanggung jawab AI engineer?

AI engineer merupakan salah satu profesi yang populer di dunai teknologi saat ini. Ada banyak tugas dan tanggung jawab AI Engineer dalam mengembangkan Artificial Intelligence yang sesuai dan yang diinginkan perusahaan. meskipun dalam prakteknya tidak semua operasional perusahaan menggunakan AI. 
Ketahui Tugas dan Tanggung Jawab AI Engineer
Ketahui Tugas dan Tanggung Jawab AI Engineer dan ML Engineer 

Apa Itu Artificial Intelligence (AI)?

Sebelum lanjut membahas mengenai profesi AI Engineer, kita perlu mengetahui apa itu AI yang saat ini sangat populer di dunai teknolgi yang semakin berkembang ini. AI adalah singkatan dari Artificial Intelligence atau lebih sering kita dengar dengan istilah kecerdasan buatan, AI merupakan salah satu aspek teknologi yang digunakan oleh manusia dalam menghadapi dunia teknologi dan untuk mengembangkan bisnis mereka di era digital.

Secara singkatnya AI adalah teknologi yang meniru kerja otak manusia dalam menjalankan tugasnya, sehingga manusia bisa dibantu oleh AI dalam pekerjaan kesehariannya. Kecerdasan buatan ini bisa diaplikasikan di berbagai  bidang karena pada dasarnya AI meniru kecerdasan manusia dan fungsi kognitifnya.

Contoht AI dalam dunia teknologi dan banyak memberi manfaat adalah assisten google, ChatGPT, pengolah gambar, pengolah desain, dan lain sebagainya. Nah, AI tersebut dibuat oleh seorang AI Engineer dan Machine Learning Engineer. Keduanya berkolaborasi untuk menciptakan sebuah teknologi yang bisa membantu dan meringankan manusia dalam pekerjaannya.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang AI Engineer / ML Engineer

Sebagian besar perusahaan besar sudah menciptakan AI/ML secara mandiri untuk membangun sistem teknologi yang mendukung kegiatan bisnis dan mengembangkan bisnisnya agar lebih besar. Ada beberapa tugas dan tanggung jawab AI Engineer/Machine Learning Engineer dalam membuat dan mengembangkan kecerdasan buatan sesuai yang diinginkan perusahaan. Di antaranya:

Analis Statistik

Salah satu tugas yang harus dilakukan oleh seorang AI Engineer atau ML Engineer adalah melakukan analisis statistik. Analisa statistik di dalamnya yaitu seperti mengevaluasi dan mengembangkan performa model AI, mengidentifikasi pola yang terlihat dalam data, serta memahami implikasi hasil yang ditemukan. Selain itu AI Engineer juga harus berkordinasi dengan data analyst untuk mengambil data mentah yang akan diolah.

Merancang dan Mengembangkan Machine Learning

Perancangan model Ai tentu harus melalui perencanaan yang matang. Di antaranya adalah pemilihan algoritma sesuai kebutuhan, pengolahan data mentah, pelatihan dan pembuatan model, dan evaluasi kinerja. Seorang Machine Learning Engineer harus menguasai teknik machine learning dan deep learning.

Melakukan Pengujian dan Implementasi Model Machine Learning

Hasil AI memang tidak akan ada yang sempurna, semuanya butuh proses pengujian dan pengimplemetasian sebelum benar-benar digunakan. Model machine learning ini akan diuji dan akan melalu serangkaian tes untuk menentukan bahwa AI tersebut layak digunakan atau tidak. 

Membangun Solusi AI dan Implementasinya

Kemudian tanggung jawab AI engineer selanjutnya adalah membangun solusi AI yang praktis dan pengaplikasiannya dalam operasional bisnis. Tugas AI engineer disini akan sangat menentukan bahwa hasil modelnya akan berjalan baik atau tidak dengan mencari masalah dan merumuskan solusi yang terbaik untuk kedepannya.

Maintenance Model AI yang Ada

Dalam pengaplikasian AI tidak semua diciptakan oleh AI engineer yang ebrsangkutan, akan tetapi bisa juga diciptakan oleh pihak ketiga. nah, ketika sudah ada, maka tugas dan tanggung jawab AI engineer wajib mengelola dan mengoptimalkan model yang sudah ada.  Mereka bertugas memelihara, mengembangkan dan meningkatkan performa untuk kebutuhan tertentu.

Kesimpulan

Peran dan tugas profesi AI Engineer saat ini menjadi profesi incaran perusahaan besar karena memang dalam pengaplikasiannya mereka menciptakan, mengembangkan, dan mengelola AI dengan profesional.

Dari beberapa tugas dan tanggung jawab AI engineer atau ML engineer seperti yang telah dijelaskan di atas tidak bisa kita pungkiri bahwa di jaman teknologi yang modern ini akan sangat membutuhkan talenta muda yang memiliki kemampuan di bidang Artificial intelligence. Apalagi saat ini kisaran gaji AI engineer bisa mencapai 25 juta per bulan seperti dilansir web career Telkom Indonesia.

Nah siapa yang berminat menjadi AI engineer dan ML engineer? semangat dalam meraih cita-cita untuk menjadi seorang AI engineer ya.


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Ketahui Tugas dan Tanggung Jawab AI Engineer dan ML Engineer "