Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Susu yang Baik untuk Anak

Susu untuk anak merupakan hal yang harus selalu diperhatikan bagi setiap orang tua. Karena setelah ASI diberikan biasanya untuk merangsang perutumbuhan otak diperlukan susu formula. Selain itu juga susu dapat menambah berat badan dan tinggi badan. Maka dari untuk memilih susu anak perlu pertimbangan khusus dengan memperhatikan kandungan gizi, vitamin, dan mineral dalam susu untuk anak.

Untuk mendapatkan susu yang cocok bagi anak, tentunya Anda harus memperhatikan klasifikasi umur dan jenis susu untuk umur berapa yang Anda beli. Karena takaran kandungan gizi susu formula memang terbagi menurut klasifikasi umur anak. 

Dari berbagai klasifikasi umur sejatinya susu formula terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah susu untuk bayi, susu untuk balita, dan susu anak sekolah. Dari semua jenis itu tentunya memiliki takaran nilai gizi dan laktosa yang berbeda-beda, karena berfungsi untuk tumbuh kembang anak sesuai dengan umurnya.

tips memilih susu formula


Tips Memilih Susu yang Baik

Untuk memilih susu yang baik dan cocok untuk anak, tentunya harus diperhatikan dosis dan saran dokter yang telah diberikan. Anda pasti bingung bagaimana memilihnya kan? Nah,untuk lebih lengkapnya mari kita bahas bagaimana tips memilih susu untuk anak.

Konsultasikan dengan Dokter

Seorang anak yang telah meminum ASI tentunya tidak akan mengetahui jika anak tersebut alergi susu atau intoleransi laktosa. Karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih susu mana yang cocok. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui apakah anak Anda tidak toleran laktosa atau alergi terhadap bahan lain dalam susu. Jika ternyata kondisi fisiknya istimewa, ia perlu ekstra hati-hati saat memilih susu formula. Seorang dokter pasti bisa membantu Anda memilih produk susu formula yang tepat.

Sesuaikan dengan Usia Anak

Jangan asal memberi susu formula kepada anak. Berikan susu formula berdasarkan kategori usia anak Anda. Karena kelompok umur ini telah disesuaikan dengan gizi yang dibutuhkan oleh anak pada kelompok umur tersebut. Tentunya Anda tidak ingin anak Anda mengonsumsi susu yang kurang gizi, bukan? Nah, oleh sebab itu menentukan susu formula juga harus seusai dengan keterangan umur pada kemasannya.

Hentikan Jika terjadi Alergi

Terkadang sata memilih susu formula ada reaksi menolak dari dalam tubuh anak, hal ini karena kandungan laktosa pada susu formula bisa menyebabkan alergi pada anak. Oleh karena itu jika anak Anda terkena alergi setelah minum susu formula tertentu, maka Anda harus menghentikannya. Karena alergi pada anak bisa sangat fatal akibatnya. Kesehatan anak bisa saja terganggu akibat alergi berkepanjangan.

Pahami Kandungan Laktosa

Satu hal yang paling dikhawatirkan orang tua tentang susu formula adalah kandungan gulanya atau lebih sering disebut dengan laktosa. Banyak merk susu formula untuk anak di bawah 1 tahun yang murni atau tidak berasa. Kemudian, pastikan komposisinya mendekati ASI, meski tidak 100% sama. Setidaknya formula ini mengandung zat besi, AHA, DHA, LA, Omega 3 dan 6, serta berbagai vitamin lain yang membantu bayi tumbuh dan berkembang.

Pilih Susu yang Mengandung Kalsium untuk Kesehatan Tulang

Kalsium sangat berguna untuk perkembangan, pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Pada anak-anak, kalsium membantu pertumbuhan tulang. Kalsium juga terus membantu menjaga kepadatan tulang, yang akan menurun seiring bertambahnya usia. Kalsium adalah salah satu sumber kalsium yang paling sederhana. Anak usia 1-3 tahun membutuhkan 700 mg kalsium per hari. Sedangkan untuk anak usia 4-8 tahun membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari.

Kesimpulan

Pemilihan susu untuk anak memang harus didasari dengan pengetahuan yang Anda miliki. Susu yang baik untuk anak harus memiliki vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh anak. Dengan mengetahui tips memilih susu yang baik untuk anak diharapkan anda tidak akan lagi melakukan keslaahan dalam memilih susu formula. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel cara dan tutorial berikutnya.

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Tips Memilih Susu yang Baik untuk Anak"