Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punya Rekening Online? Ini Tips Mengelolanya dengan Bijak

Mengatur keuangan harus dimulai sejak remaja. Terutama untuk kamu yang sudah membuat atau memiliki rekening online yang tersedia di dalam sebuah aplikasi m-banking. Mengatur keuangan memiliki manfaat dan dampak positif untuk keuangan jangka panjang.

rekening online
Tips mengelola rekening online

Pada dasarnya, tidak sulit mengatur keuangan. Terutama untuk kamu yang sudah punya rekening online karena proses memantau keuangan menjadi lebih mudah.

6 Cara Mengatur Rekening Online

Jika kamu masih kesulitan mengatur keuangan, kami punya solusi yang bisa kami aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Setidaknya ada 6 cara untuk mengatur rekening online agar keuanganmu tetap stabil. Penasaran ingin tahu caranya? Berikut penjelasannya.
mengatur rekening online
Cara mengatur rekening online

1. Rutin Membuat List Anggaran Bulanan

Alangkah baiknya kamu membuat anggaran bulanan setiap satu bulan sekali. Kenapa harus serutin itu? Karena bisa saja setiap bulan kamu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Buatlah daftar kebutuhan primer terlebih dahulu seperti makan, ongkos transportasi, cicilan, tagihan bulanan, dan lainnya. Setelah itu kemudian buat daftar pengeluaran untuk kebutuhan seperti untuk traveling, hangout, shopping dan sebagainya.

Daftar anggaran bulanan ini akan membantumu untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran bulanan. Kemudian kamu bisa mengalokasikan dana dari pendapatan untuk setiap kategori pengeluaran baik itu yang bersifat primer, keinginan, maupun tabungan.

2. Jangan Menunda Membayar Tagihan

Setelah menerima pendapatan bulanan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membayar semua tagihan. Buat daftar tagihan mulai dari listrik, internet, cicilan dan sebagainya. Kemudian silahkan kamu jumlahkan berapa total biaya untuk tagihan tersebut.

Telat membayar tagihan akan berdampak buruk pada keuanganmu. Pasalnya kamu harus membayar denda untuk setiap tagihan yang telat kamu bayarkan. Selain itu, membayar tagihan lebih dulu dibandingkan berbelanja akan membuatmu tenang untuk mengatur biaya-biaya yang lainnya.

3. Sisihkan Pendapatan untuk Tabungan/Investasi

Proses membuat rekening online saat ini sudah semakin mudah untuk dilakukan. Artinya, kamu juga bisa menabung dengan lebih mudah dengan hadirnya layanan aplikasi m-banking dari berbagai bank. Kamu bisa menabung kapan saja dan dimana saja tanpa harus ke kantor cabang.

Selain itu, proses pendaftaran produk tabungan sudah bisa dilakukan secara online. Kamu bisa membuka rekening online secara cepat dan efisien. Begitu juga produk investasi yang saat ini sudah bisa kamu temukan pada beberapa aplikasi m-banking.

Sedangkan biaya yang bisa kamu gunakan untuk ditabung yaitu sebesar 20% dari pendapatan bulanan. Jika kamu bisa mengalokasikan lebih dari 20%, itu akan jauh lebih baik.

4. Rutin Membuat Laporan Keuangan Setiap Hari

Pastikan kamu mencatat pengeluaran harian. Contohnya seperti menyimpan struk belanja setiap sudah berbelanja dari minimarket. Atau mencatat pengeluaran setelah kamu belanja dari warung.

Pencatatan laporan keuangan ini akan membuatmu tahu kemana saja aliran dana yang kamu keluarkan setiap harinya. Selain itu juga dapat membantumu untuk menganalisa barang apa saja yang tidak perlu kamu beli di bulan depan, dan mana saja yang harus dibeli.

5. Memiliki Minimal Dua Rekening Bank

Membuat dua rekening bank akan membantumu dalam mengatur keuangan. Namun, pastikan kamu menggunakan masing-masing rekening untuk kebutuhan yang berbeda. Contohnya satu rekening untuk menerima gaji, dan satunya lagi untuk membayar tagihan dan sebagainya.

Kamu juga bisa memiliki lebih dari dua, yang satunya lagi rekening online yang kamu gunakan untuk menabung. Dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan saat akan mengalokasikan uang.

Saat ini untuk memiliki 2 atau bahkan 3 rekening sangat mudah. Dengan adanya fitur membuat rekening online, kini kamu bisa memilikinya dengan mudah.

6. Menggunakan Credit Card secara Bijak

Kartu kredit menawarkan kemudahan saat bertransaksi. Dengan adanya layanan kredit dengan bunga 0%, membuat alat pembayaran yang satu ini semakin banyak diminati. Namun sebaiknya kamu tidak menggunakannya sembarangan.

Pastikan kamu menggunakan kartu kredit secara bijak dan seperlunya saja. Pada dasarnya, jika kamu menggunakannya secara cerdas, justru kartu kredit akan menawarkan banyak keuntungan. Terlebih jika layanan tersebut terintegrasi dengan rekening online milikmu.

PermataME: Solusi Tabungan Terpercaya untuk Kaum Milenial

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, membuka rekening online saat ini sudah semakin mudah diproses Sebut saja salah satunya mendaftar produk tabungan PermataME yang bisa kamu proses melalui aplikasi PermataMobile X.

Selain itu, produk tabungan atau rekening online ini juga menawarkan banyak keuntungan kepada para nasabahnya.

Kenapa Harus PermataME?

PermataME merupakan produk tabungan yang punya banyak kelebihan. Berikut sudah kami rangkum apa saja kelebihan-kelebihannya yang bisa kamu rasakan manfaatnya jika memilikinya.
  • Proses membuat rekening online  bisa dilakukan via aplikasi m-banking, PermataMobile X. Persyaratannya pun dan tidak ribet.
  • Menawarkan cashback 10% untuk transaksi transportasi online, 20% cashback untuk belanja online, dan 30% cashback untuk transaksi nonton dan ngopi.
  • Tarik tunai di berbagai ATM gratis baik di dalam maupun di luar negeri melalui ATM berlogo VISA/PLUS. Persyaratan untuk menikmati layanan gratis tarik tunai ini yaitu memiliki minimum saldo sebesar Rp1.000.000 di rekening.
  • Menerima Kartu Debit PermataME yang eksklusif. Desainnya dibuat khusus untuk seluruh nasabah yang terdaftar di PermataME.
  • Menyediakan layanan gratis biaya transfer online melalui aplikasi PermataMobile X, PermataNET dan PermataATM
  • Bebas biaya administrasi sehingga dapat menghemat pengeluaran biaya administrasi perbankan kamu setiap bulannya.
  • Banyak penawaran menarik seperti promo eksklusif di berbagai merchant ternama.
Mengatur keuangan sejak dini akan membantumu untuk mewujudkan tujuan keuangan di masa depan. Dengan hadirnya rekening online, PermataME, kini kegiatan menabung dan proses mengatur keuangan menjadi lebih mudah. Yuk, daftar sekarang juga!
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Punya Rekening Online? Ini Tips Mengelolanya dengan Bijak"