Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Investasi Obligasi

Mengenali Investasi obligasi dan jenisnya secara umum adalah tahap awal yang perlu sekali dilakukan sebelum Anda investasi. Tujuannya agar Anda paham akan instrumen investasi yang Anda miliki. Khusus untuk investasi obligasi, khususnya Sukuk Ritel atau SR kini semakin mudah dimiliki dan bisa dijadikan alternatif investasi bagi Anda.

Keuntungan Investasi Obligasi 

Apalagi beli SR bisa online dan sudah memiliki keuntungan yang lebih tinggi ketimbang deposito. Sekarang saatnya Anda mengetahui keuntungan apa saja yang didapatkan ketika melakukan investasi obligasi. Ketika memutuskan untuk memilih investasi, pastikan untuk mengulik segala informasi tentang investasi terkait, termasuk keuntungan yang akan didapat :

Mengenal Investasi Obligasi
Mengenal Investasi Obligasi

Memperoleh Kupon (bunga) Secara Berkala

Anda akan menerima kupon (bunga) baik setiap bulan, tiga bulan, atau enam bulan sekali. Kupon tersebut terbagi menjadi dua, yaitu kupon fixed (tetap) dan kupon floating (mengambang/tidak tetap) yang pastinya akan menambah keuntungan Anda.

Mendapat Capital Gain Saat Menjual Obligasi

Karena SR dapat dijual kembali di pasar sekunder, ada potensi capital gain. Capital gain adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan, dihitung dari selisih harga jual dikurangi dengan harga beli suatu obligasi.

Pasti Dibayarkan Kembali dengan Tambahan Return (kupon).

Jika yang Anda miliki adalah obligasi negara terbitan pemerintah Republik Indonesia, tidak perlu khawatir karena sudah dijamin keamanannya.

Keuntungan Kupon Obligasi Lebih Tinggi Daripada Bunga Deposito

Hal ini tentu menjadi pertimbangan Anda dalam berinvestasi agar dapat menerima keuntungan semaksimal mungkin. Banyak orang yang tertarik membeli Surat Berharga Negara atau Obligasi pemerintah karena tawaran keuntungan yang lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito.

Dapat Dijadikan Sebagai Jaminan atau Agunan

Obligasi juga bisa digunakan sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman ke bank. sangat menguntungkan dan memudahkan finansial Anda kan?

Investasi obligasi semakin banyak diminati dan semakin dipercaya memberi keuntungan yang cukup besar dibanding instrumen investasi lain.  Pemegang obligasi bisa mendapatkan cuan berupa kupon yang diberikan secara berkala serta dari capital gain yang bisa didapat dari selisih harga saat transaksi di pasar obligasi. 

Selain tingkat keamanan yang tinggi untuk obligasi negara, Anda bisa mendapatkan pokok investasi dan kupon (bunga) yang akan diterima secara berkala dan tetap. Selain itu Anda bisa mendapatkan imbal hasil (capital gain) melalui perdagangan obligasi di pasar sekunder.

Tips Investasi Obligasi

Pendapatan tetap melalui kupon yang diterima secara berkala membuat obligasi menjadi instrumen investasi yang stabil dan sangat menjanjikan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti ketika hendak berinvestasi obligasi.
Tips Investasi Obligasi
Tips Investasi Obligasi

Pilih penyedia terpercaya

Sebelum memulai investasi obligasi hal yang paling penting adalah memilih penerbit yang terpercaya dan pastinya sudah terdaftar resmi di OJK hal ini akan membuat anda merasa aman dan percaya saat berinvestasi. bukan hanya itu pilihlah penerbit yang sudah berpengalaman untuk menjadi tempat anda berinvestasi karena akan sangat membantu anda meraup keuntungan. tentu saja masing-masing dari mereka memiliki kekurangan dan kelebihannya, jadi sebelum memulai berinvestasi ada baiknya mengetahui terlebih dahulu kurang dan lebihnya penerbit yang akan Anda pilih.

Melihat waktu dan memasang strategi yang tepat

Investasi obligasi di pasar sekunder memberi kesempatan pada Anda untuk melakukan transaksi jual dan beli obligasi di mana pun dan kapan pun. Anda bisa dengan mudahnya mengatur sendiri kapan harus membeli serta kapan harus menjual obligasi yang dipegang. Investasi obligasi memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan yang disebut sebagai capital gain dari transaksi di pasar sekunder. Berikutnya kita juga harus pandai melihat rate suku bunga, umumnya suku bunga naik harga obligasi turun, demikian sebaliknya.

Keuntungan Transaksi Obligasi

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat bertransaksi obligasi di pasar sekunder melalui DBS Treasures, yang tentunya memberikan banyak sekali kemudahan dan keuntungan bagi Anda, yakni :

Diterbitkan oleh Pemerintah

Salah satu keuntungan yang diberikan oleh DBS Treasures adalah rasa aman bagi para investornya, hal ini dikarenakan semua produk yang beredar di pasar diterbitkan oleh pemerintah dan dilindungi oleh undang-undang. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi karena DBS Treasures sudah terbukti dapat dipercaya.

Tersedia banyak pilihan

Kelebihan lainnya adalah banyak tersedia berbagai pilihan produk yang Anda inginkan, Anda bisa membeli yang mana saja dan kapan saja semua jenis investasi yang Anda butuhkan. Selain itu, DBS Treasures juga memberikan kemudahan dalam bertransaksi, cukup dengan satu aplikasi digibank by DBS saja Anda sudah dapat menjual dan membeli obligasi kapan saja, di mana saja.

Kupon reguler untuk pembayaran

Dengan berinvestasi di obligasi Anda akan mendapatkan kupon yang akan diberikan secara periodik, yang pastinya akan memberikan keuntungan bagi Anda.


Referensi : 
https://www.dbs.id/digibank/id/id/articles/tips-meraih-cuan-dari-investasi-obligasi
https://www.dbs.id/id/treasures-id/blog/alasan-untuk-membeli-obligasi


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Mengenal Investasi Obligasi"