Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab Penyakit Asam Urat

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit. Karena dengan tubuh yang sehat , kita dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan mudah. Tentu juga jiwa akan baik dan pikiran akan seimbang. Tetapi, untuk mendapatkan kesehatan harus diiringi dengan gaya hidup sehat ya, seperti olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Selain mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan, Tentunya kita sudah berbagai upaya dalam menjaga dan menerapkan pola makan dan hidup yang sehat. Namun, upaya itu belum menjamin tubuh kalian bisa terhindar dari penyakit. Bahkan Ada penyakit yang disebabkan dari berbagai faktor eksternal maupun internal. Sudah sering kita dengar namanya yaitu, penyakit Asam Urat.

Penyebab Asam Urat
Penyebab Asam Urat

Apa sih penyakit Asam Urat ?

Penyakit Asam Urat adalah peradangan pada sendi yang terjadi karena penumpukan dan kadar asam urat yang tinggi. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, seperti pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh kita bisa berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Aduhh serem yaa, Semoga kita semua di hindarkan dari penyakit ini yaa. AMIIN.

Hati-Hati loh, Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit kronis pada penderitanya. Bahkan, seiring berjalannya waktu, penyakit ini bisa merusak persendian kalian secara keseluruhan.

Lalu Apa Apa saja sih Penyebab Asam Urat ? Yuk cari tahu penyebabnya.

1. Berat Badan

Orang yang memiliki berat badan berlebihan atau bisa dibilang obesitas akan cenderung memiliki risiko terkena asam urat lebih tinggi. Karena orang yang mengalami obesitas, akan memproduksi insulin lebih banyak di dalam tubuh, yang membuat asam urat meningkat dan  mengkristal di area persendian. Hal ini juga disebabkan karena ginjal tidak berfungsi dengan baik, saat mengalami obesitas.

Jadi, ada baiknya untuk mengatur pola makan sejak saat ini ya kawan, sebelum berat badan tumbuh kalian tidak terkontrol ya. hehe.

2. Dehidrasi Berat

Siapa sangka, ternyata penyebab asam urat tinggi juga disebabkan oleh seseorang yang kerap mengalami dehidrasi berat. Asam urat bisa disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Bahwa dehidrasi mampu meningkatkan konsentrasi asam urat dalam darah, baik orang yang telah memiliki asam urat atau belum sama sekali.

Agar tubuh tidak dehidrasi, lebih baik konsumsi cairan sesuai dengan kebutuhan harian tubuhmu. Seperti mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Mengonsumsi cairan bisa membuat buang air kecil menjadi lancar, dan asam urat terbuang melalui urine.

Sadar yuk betapa pentingnya minum air putih .

3. Jarang Olahraga

Penyebab asam urat tinggi selanjutnya yaitu jarang berolahraga. Pada dasarnya, olahraga bisa mencegah kenaikan berat badan berlebih dan membuat jantung memompa aliran darah lebih lancar untuk menyaring asam urat. Jarang melakukan olahraga secara rutin, juga bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh, dan membuat asam urat mengkristal di area persendian.  

Rajin olahraga akan melatih persendian tubuh agar tidak kaku dan sakit. Sehingga mencegah rasa nyeri akibat radang dari asam urat.

4. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Purin

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tinggi purin, bisa menyebabkan seseorang menjadi asam urat. Asupan purin yang masuk ke dalam tubuh, bisa membuat asam urat meningkat, di area persendian.

Contoh makanan yang purin tinggi yaitu seperti alkohol, gula tambahan, bayam, asparagus, daging merah, dan makanan laut.

5. Faktor Usia

Ternyata Faktor Usia juga penyebab asam urat tinggi yang bisa menyerang siapa saja. Namun sudah diteliti oleh para ahli, bahwa pria dewasa berusia sekitar 30-50 tahun lebih rentan mengalami asam urat ketimbang wanita lohh.

Risiko wanita mengalami asam urat saat memasuki usia menopause. Sebab hormon estrogen wanita selama masih usia subur itu membantu meningkatkan pembuangan asam urat oleh ginjal.

Nahh, Itulah beberapa penyebab asam urat yang patut diwaspadai. Walaupun terkesan sepele, bukan berarti besar bagi pencegahan sakit nyeri dan radang akibat asam urat. Namun kita bisa mengontrol dengan menerapkan hidup sehat. Bagi Anda yang belum memilikinya, cegah gejala asam urat, agar tubuh selalu sehat.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati kan Guys ? Makanan dan minuman penyebab asam urat memang bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari. Hal tersebut membuat kita harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Yuk,Cintai dirimu sendiri. Stay Safe and Keep Health.


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "5 Penyebab Penyakit Asam Urat"