Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang, sehingga tidak ada salahnya kita untuk menjaga dan merawat rambut untuk berpenampilan menarik saat bertemu dengan rekan kerja, dan bersosialisasi di lingkungan. Memiliki rambut sehat juga merupakan impian bagi setiap orang, karena dengan memiliki rambut yang sehat itu berarti kita mencintai diri sendiri.

Mungkin bagi sebagian orang yang tidak terlalu memperhatikan penampilan, merawat rambut bisa dilakukan sesukanya atau bahkan tidak rutin. Jika kita tidak merawat rambut dengan baik dan benar, maka rambut akan mudah terserang gangguan seperti ektombe, kulit kepala kering, rambut rontok dan lain sebagainya.

Tips Merawat Rambut
Tips merawat rambut agar tetap sehat

Tips Merawat Rambut Setiap Hari

Nah, untuk membuat rambut selalu sehat dan berkilau, tentunya ada upaya yang harus dilakukan secara rutin, lalu bagaimana tips merawat rambut agar tetap sehat sepanjang hari? berikut ini ada sedikit penjelasan mengenai cara merawat rambut.

Keramas Secara Teratur

Ada sebagian orang yang melakukan keramas setiap hari, memang bagus untuk kesehatan rambut dan kelembabannya. Akan tetapi keramas juga ternyata perlu dijadwal dan jangan dilakukan setiap hari. Karena bsia membuat kulit kepala kering dan bisa menyebabkan ketombe bagi kulit kepala yang kurang sehat.

Lakukan keramas setiap 3 hari sekali, setelah itu keringkan rambut hingga benar-benar kering. karena kondisi rambut yang basah akan menyebabkan kulit kepala lembab. Untuk Anda yang memiliki riwayat ketombe yang parah cobalah untuk keramas dengan menggunakan shampo yang mengandung sulfur. Dengan demikian akan memperbaiki struktur rambut yang rusak sehongga akan menjadi lebih sehat.

Gunakan Sampo dan Conditioner yang Tepat

Mencuci rambut atau mencuci rambut tanpa mencuci rambut tentunya bukan pilihan terbaik untuk perawatan rambut, bukan? Memilih sampo dan kondisioner yang tepat untuk rambut Anda sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut Anda. bagaimana bisa? 

Shampo bisa membersihkan kotoran, minyak dan produk perawatan rambut di kulit kepala, seperti lotion. Meski begitu, sebaiknya pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Hal ini karena jenis rambut tertentu tidak cocok dengan shampo tertentu sehingga membuatnya semakin kusut, kering dan kotor. Misalnya, memilih sampo untuk rambut keriting akan berbeda dengan jenis rambut lainnya.

Rutin Lakukan Pemotongan Ujung Rambut

Jika Anda memiliki kebiasaan memotong rambut, terutama di bagian ujungnya, termasuk salah satu cara ampuh dalam menjaga kesehatan rambut. Hal ini seharusnya Anda lakukan dengan rutin, terutama ketika Anda memiliki rambut panjang. Karena ujung rambut adalah bagian rambut yang paling rentan bercabang dan mengalami kerusakan.

Jika selalu membiarkan ujung rambut yang rusak untunk tetap tumbuh, kerusakan rambut akan segera menghampiri. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memotong ujung rambut setiap 10 – 14 minggu sekali. Bila Anda menggunakan catokan, sebaiknya lakukan hal ini setiap 5 – 7 minggu sekali. Agar rambut tidak terlalu bercabang di kemudian hari.

Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Sinar matahari yang terik bisa membuat rambut menjadi rapuh dan kering, apalagi jika anda selalu beraktivitas di lapangan. Hal ini bisa membuat tidak nyaman ketika rmabut menjadi rapuh dan kering. Jika Anda rutin berada di luar rumah, selalu gunakan pelindung kepala. Seperti topi, wig, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Rambut adalah bagian terpenting bagi setiap orang, terutama bagi wanita. Oleh karena itu, cara merawat rambut yang baik memang harus dilakukan agar rambut tetap sehat dan selalu terawat. Tips merawat rambut diatas bisa Anda coba lakukan secara rutin. 

Semoga artikel kecantikan inii bisa bermanfaat bagi Anda, selalu ingat bahwa merawat tubuh merupakan hal wajib yang harus dilakukan agar senantiasa tampil memukaud an selalu ceria di depan rekan, sahabat, dan keluarga Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat "