Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Layanan Perbankan

Seperti yang kita ketahui, Aktivitas khusus lembaga perbankan adalah mengumpulkan dana dari nasabah berbentuk tabungan dan deposito dan salurkan ke warga berbentuk kredit. Sebetulnya ada banyak aktivitas lain yang sudah dilakukan oleh bank dalam hasilkan produk bank, diantaranya pembuatan rekening giro , giro valuta asing, kliring, letter of kredit (L/C), valuta asing, priority banking, kartu credit, bank garansi, bilyet giro, inkaso, bank catatan, safe deposit box (SDB), call-center, elektronik banking, kartu debet dan kartu ATM, dan kartu kredit.

Berbagai bank yang tersedia di kota besar menyediakan layanan bank seperti di atas. karena yang paling penting dari aktivitas bank adalah memutarkan dana yang ada di dalam bank untuk nasabah lainnya yang bisa dikonversi menjadi berbagai bentuk. Laba yang didapatkan oleh bank adalah biaya administrasi dan jasa dari berbagai jasa layanan bank yang tersedia.

Layanan Bank Priority Banking
Jenis Layanan Perbankan

Jenis Layanan Perbankan

Sebagai orang awam pasti kita harus mengerti apa saja detail dari layanan bank yang disediakan. berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis layanan bank yang ahrus Anda ketahui. 

Rekening Giro

Istilah giro atau rekening giro dalam perbankan bisa saja sudah tidak asing dalam telinga warga. Giro ialah produk simpanan perbankan yang penarikannya dapat dilaksanakan kapan saja melalui selembar check. Apakah yang dimaksud rekeninggiro? Diambil dari situs Kewenangan Jasa Keuangan (OJK), current account atau rekening giro adalah produk perbankan berbentuk simpanan dari nasabah perorangan atau tubuh usaha dalam rupiah atau mata uang asing.

Menurut ketentuan, penarikan giro bisa dilaksanakan kapan pun, sepanjang jam kerja, dengan memakai warkat check dan bilyet giro. Semua masyarakat negara Indonesia dan warna negara asing dan tubuh usaha dan lembaga yang lain syah menurut hukum yang berjalan bisa buka rekening giro.

Kliring

Kliring ialah sebagai satu diantaranya metode atau fasilitas hitungan hutang-piutang dalam beragam bentuk surat memiliki nilai atau surat dagang dari satu bank nasabah yang telah diselenggarakan oleh faksi Bank Indonesia atau faksi yang lain telah dipilih dengan cara resmi.

Namun dalam perubahannya, sekarang ini kliring bukan sekedar dapat ditangani dengan manual, namun dapat juga dilaksanakan secara automatis atau dengan medium electronic khusus. Oleh karena itu, penjelasan lain dari kliring ialah satu wujud perubahan warkat atau data keuangan electronic yang sudah dilakukan pada tiap-tiap nasabah kliring, baik di dalamnya mengatasnamanya peserta atau atas nama peserta nasabah yang tiap-tiap perhitungannya bakal diakhiri dalam suatu waktu khusus sesuai sama perjanjian.

Priority Banking

Apakah Anda baru mendengar istilah ini? atau sudah familiar dengan istilah priority banking? Sama dengan namanya, premier banking atau yang lebih dikenali dengan arti priority banking ialah Layanan, keuntungan, serta hak khusus yang diberikan oleh faksi bank dkepada nasabah tertentu. Mayoritas bank yang tawarkan service perbankan fokus punyai lounge, counter, serta stafsus untuk layani nasabah pribadi demikian mereka masuk tempat bank.

Kartu kredit

Kartu kredit adalah suatu alat pembayaran yang berperan sebagai alternatif uang tunai, di mana alat itu bisa dipakai oleh nasabah untuk ditukar dengan bermacam barang dan layanan yang dibelinya di beberapa tempat yang dapat terima pembayaran dengan memanfaatkan kartu kredit (merchant).

Dengan menyaksikan ketetapan di atas, karena itu bisa disebutkan jika kartu credit sebuah alat pembayaran yang syah dan diedarkan oleh faksi bank sebagai sebuah service kenasabahnya (cardholder), di mana hal itu diberi dengan dibarengi sebuah persetujuan atau kesepakatan di antara kedua pihak.

Kesimpulan

Dengan mengetahui beberapa layanan bank di atas, maka anda sebagai nasabah harus bijaksana dalam memilih layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan keluarga maupun kebutuhan bisnis Anda. Semoga artikel keuangan ini bisa bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Mengenal Jenis Layanan Perbankan"