Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Perut Panas

Perut panas merupakan salah satu gejala yang bisa ditimbulkan jika kita kekenyangan atau setelah makan dengan jumlah yang banyak.Hal tersebut bisa disebabkan juga oleh makanan pedas yang telah kita makan sebelumnya. Akan tetapi gejala perut panas yang tidak biasa kita harus mencari tahu penyebabnya. 

Rasa panas yang terjadi pada perut umumnya berasal dari kondisi yang tidak biasa pada fungsi lambung. Rasa panas juga bisa menjadi sebuah tanda atau gejala dari berbagai macam gangguan pada sistem pencernaan. Nah, ada beberapa cara dan tips untuk mengatasi gejala perut panas yang bisa kita lakukan dengan mudah.

Mengatasi Perut panas
Cara mengatasi perut panas


Tips Mengatasi Perut Panas

Gejala perut panas yang terjadi seringkali membuat kita tidak nyaman untuk bergerak. untuk mengatasi itu semua diperlukan cara yang tepat untuk meredakan gejala perut panas yang bisa kita lakukan dengan mudah di kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa cara yang bsia dilakukan untuk mengatasi perut panas.

Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok setelah makan dapat memperparah asam lambung, karena rokok memiliki jutaan zat racun yang bisa memperparah kondisi asam lambung. Dan juga selain itu merokok dapat melemahkan fungsi otot perut, yang berfungsi mencegah asam lambung naik ke tenggorokan. Kafein dan alkohol juga memiliki efek yang sama.

Jangan Berbaring Setelah Makan

Banyak dari kita yang mengantuk karena merasa kenyang dan kembung, dan akhirnya memilih untuk berbaring setelah makan. Akan tetapi, Anda harus menunda keinginan Anda terlebih dahulu. Berbaring segera setelah makan dapat memperburuk perut dan bisa menjadi terasa panas. 

Jika Anda merasa mengantuk setelah makan, Anda bisa berjalan-jalan atau melakukan berbagai aktivitas ringan selama kurang lebih 30 menit. Mencuci piring atau berjalan-jalan di sekitar gedung juga bisa menjadi pilihan yang baik. Waktu terbaik untuk berbaring adalah dua jam setelah makan. Agar perut terasa nyaman sebelum malam, hindari ngemil sebelum tidur.

Kenakan Pakaian yang Longgar

Perut yang terasa panas seringkali membuat kita tidak nyaman dalam beraktivitas. Terutama jika kita menggunakan pakaiana yang ketat dan sedikit menekan perut. Hal tersebut bisa memperparah keadaan asam lambung dan menghambat sistem pencernaan yang seharusnya baik. 

Oleh karena itu, disarankan agar menggunakan pakaian yang longgar, sehingga jika perut terasa panas dan begah, Anda tidak akan begitu parah merasakan perut yang tidak nyaman. Selain itu, penggunaan ikat pinggang atau gesepr yang kencang juga bisa memperparah keadaan perut.

Hindari Makanan Pedas

Makanan yang pedas memang menjadi sebuah makanan yang bisa menambah selera makan, apalagi jika makanan tersebut banyak mengandung minyak. Akan tetapi efek buruk dari makanan pedas bisa menghambat sistem pencernaan. Seringkali perut kita akan terasa panas jika kita sudah memakan makanan olahan yang pedas atau mengandung cabai.

Hindari dan jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, karena organ lambung lama kelamaan akan tidak tahan terhadap zat panas yang dikeluarkan dari cabai. keadaan ini akan makin menambah risiko gangguan sistem pencernaan di kemudian hari.

Hindari Makanan Lemak

Lemak salah satu penyebab perut menjadi semakin panas. agar tidak terjadi gejala perut yang panas, maka hindarilah makanan berlemak agar perut akan selalu dalam keadaan baik. Selain itu lemak juga bisa menyebabkan kadar kolesterol yang tinggi, Jadi bijaklah dalam memilih makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Kesimpulan

Perut panas memang bisa menyebabkan kondisi pencernaan yang tidak sehat, selain itu juga akan mengakibatkan kondisi perut yang kurang nyaman. Oleh karena itu dengan menjalani tips diatas diharapkan Anda bisa selalu menjaga perut agar selalu dlaam keadaan yang baik. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Perut Panas"

Berlangganan via Email