Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Investasi bagi Pemula

Investasi merupakan salah satu impian bagi setiap orang, karena investasi bisa diakatakan sebagai tabungan hidup untuk masa depan. Mengapa investasi perlu dimulai semenjak dini? dengan melakukan investasi diharapkan kita bisa memetik hasilnya secara maksimal di kemudian hari. Manfaat investasi memang bukan hanya untuk tabungan masa depan, jika Anda jeli dan cerdas dalam mengelola investasi, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat untuk saat ini.

Selain itu investasi juga bisa dijadikan sebagai cadangan keuangan jika sewaktiu-waktu dibutuhkan untuk keadaan yang sangat darurat atau mendesak. Nah, manfaat investasi ternyata ada benyak yang bisa dirasakan. Dalam artikel kali ini, kita akan sedikit mengetahui manfaat investasi untuk pemula dan bagaimana kita menyikapinya.

Beberapa manfaat investasi
Manfaat Investasi bagi pemula


Manfaat Investasi

Investasi adalah menyisihkan uang untuk melakukann kegiatan keuangan dengan harapan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang atau masa depan. Dalam bidang ekonomi, investasi adalah membeli sebuah produk barang dalam kegiatan finansial yang bisa memperoleh keuntungan beberapa waktu kemudian.

Investasi juga ada beberapa macam, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Kita juga harus benar-benar mempertimbangkan apa saja manfaat dari keduanya dalam kehidupan kita untuk sekarang dan masa yang akan datang. Berikut ini beberapa manfaat investasi yang bisa kita rasakan.

Sebagai Cadangan Keuangan

Cadangan keuangan adalah uang yang bsia kita pergunakan ketika anggaran kebutuhan utama sudah tidak mencukupi. Jadi dalam pelaksanaannya kita bisa menggunakan investasi untuk digunakan sebagai cadangan finansial kita. Contohnya jika kita memiliki investasi dalam bentuk kendaraan, kita bisa menjualnya disaat kita membutuhkan dana yang sangat mendadak.

Mendapatkan Bunga

Investasi tidak hanya berbentuk barang saja, akan tetapi kita bisa melakukan investasi dalam bentuk peer to peer lending atau lebih sering kita kenal dengan sebutan P2P Lending. Meningkatnya permintaan Indonesia akan peer-to-peer loan/pinjaman online telah membuat investor lebih bersedia untuk berinvestasi di perusahaan peer-to-peer loan. Anda dapat memilih opsi pinjaman pelanggan untuk beberapa periode waktu, membuat investasi ini memiliki banyak keuntungan di masa depan.

Menghindari Inflasi

Mengapa invetsasi bisa menghindari inflasi?inilah salah satu manfaat investasi yang memang sudah direncanakan dengan sistem perhitungan Return of Investment (ROI).  Return on investment yang bisa Anda rasakan adalah terhindar dari inflasi. Inflasi merupakan fenomena alam yang terjadi di setiap negara. Indonesia merupakan negara dengan tingkat inflasi yang cukup tinggi, sehingga Anda harus mempertimbangkan beberapa alat investasi yang dapat melindungi Anda dari tekanan inflasi di masa depan.

Pertumbuhan Aset dan Kekayaan

Manfaat investasi selanjutnya adalah dapat membantu Anda meningkatkan nilai aset dan kekayaan Anda. Tidak terbatas pada bangunan atau properti, aset terkait juga dapat berupa uang tunai atau disimpan sebagai dana investasi. Perkembangan aset yang dialokasikan untuk investasi harus berbanding lurus dengan perkembangan kekayaan yang Anda miliki. 

Mempersiapkan Dana Pensiun

Ketika kita sudah tua, efisiensi kerja kita tentu saja akan berkurang karena kondisi fisik kita yang menua. Oleh karena itu, melakukan investasi yang menguntungkan untuk masa depan sejak usia dini dapat membantu Anda mempersiapkan hari tua dan terhindar dari masalah keuangan. Tentunya kita ingin menikmati masa tua dengan berbagai tabungan kita dalam bentuk harta bergerak maupun tidak bergerak. Inilah salah satu manfaat investasi yang bisa diraskaan jika kita sudah melakukan invetsasi sejak dini.

Kesimpulan

Pentingnya invetsasi bagi semua orang tentu akan memberikan dampak positif di kemudian hari. Oleh karena itu, investasi yang dilakukan akan sangat bermanfaat untuk keluarga kita. Anda bisa mencoba melakukan investasi dengan berbagai cara dan sesuai dengan kemampuan. Dan tak hanya itu, bijaklah dalam berinvestasi karena kita akan merasakan manfaatnya tidak langsung pada hari itu, akan tetapi di masa depan juga.Semoga artikel tentang keuangan ini bermanfaat bagi Anda, sampai bertemu lagi di artikel sleanjutnya.




Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "5 Manfaat Investasi bagi Pemula"