Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan

caradantutorial.com - Musim penghujan memang menjadi kondisi dimana pemeliharaan kendaraan anda harus diperhatikan. Berbagai cara merawat mobil saat musim hujan menjadi perhatian utama bagi para pemilik kendaraan roda 2 maupun roda 4. Apalagi jika kendaraan anda sudah berumur lebih dari 10 tahun pemakaian. Tentunya ada cara tersendiri bagaiamana langkah merawat mobil yang baik dalam berbagai kondisi cuaca.

Memelihara sebuah kendaraan memang harus dilakukan setiap hari, semua dilakukan agar saat berkendara bisa menjadi lebih nyaman dan aman. Banyak faktor kecil yang jarang kita perhatikan saat memiliki kendaraan. Apalagi jika musim hujan tiba, perawatan ekstra harus dilakukan secara terjadwal untuk menghindari kerusakan komponen kendaraan yang bisa menyebabkan berkurangnya fungsi dari bagian komponen kendaraan itu sendiri.

Cara Merawat mobil saat musim hujan tiba
Perawatan mobil saat musim penghujan


Merawat Mobil saat Musim Hujan

Musim hujan adalah musim yang paling riskan bagi kendaraan, karena air yang masuk kedalam komponen bisa menyebabkan berbagai kerusakan seperti konslet, karat dan lain sebagainya. Lalu bagaimana kita bisa tetap menjaga mobil kita agar terhindar dari kerusakan saat musim penghujan tiba. Berikut ini ada tips merawat mobil ketika musim penghujan tiba.

1. Jaga Kebersihan Mobil

Musim hujan selalu menyebabkan bagian mobil menjadi kotor dan bernoda. Hal ini tentu akan merusak estetika mobil secara visual. Tak hanya itu, noda kotoran yang menempel pada mobil bsia menyebabkan karat yang berlebih. Selalu jaga kebersihan mobil agar terhindar dari karat dan kerusakan bagian mobil yang bisa semakin parah.

2. Gunakan Penutup Kendaraan

Air hujan yang memiliki sifat asam bisa merusak cat mobil jika terkena langsung dan tidak segera dibersihkan. Hal ini akan sangat penting jika anda memarkir kendaraan di garasi rumah yang tidak memiliki kanopi untuk melindungi mobil dari cuaca. Solusinya salah satunya adalah dengan memberi penutup kendaraan saat memarkir. Dengan mamakai penutup kendaraan maka mobil anda akan terhindar dari air hujan, goresan, dan juga debu kotor yang bisa merusak cat.

3. Selalu Cek Wiper

Komponen kaca mobil adalah faktor yang saat penting saat musim penghujan tiba. Kaca yang bersih akan mendukung penglihatan driver dalam mengendarai mobil di jalan. Ketika hujan tiba, wiper selalu digunakan agar penglihatan sangat jelas dan berkendara menjadi lebih aman. Selalu cek kondisi wiper dan kaca mobil anda. Dengan wiper yang slealu terjaga maka kaca mobil anda juga akan semakin awet.

4. Selalu Cek Kelistrikan dan Komponen Mesin 

Air hujan terkadang bisa masuk kedalam bagian mesin. Hal ini tentu akan mengakibatkan efek yang buruk untuk komponen kecil di bagian mesin. Dengan selalu mengecek kondisi mesin, maka saat musim hujan pun kondisi mesin akan slelau terjaga. Tak hanya itu, lindungi bagian yang memiliki peran terhadap kelistrikan kendaraan agar terhindar dari korsleting listrik. Hubungan aurs pendek pada kendaraan menjadi pemicu kebakaran saat mobil dihidupkan. Hal ini juga berlaku bagi mobil dan motor tua yang anda miliki.

5. Hindari berkendara di Area Banjir

Banjir adalah salah satu faktor terbesar yang memungkinkan mobil menjadi rusak atau berkarat terutama bagian mesin. Jika anda berkendara sebisa mungkin hindari area yang tergenang banjir. Karena jika kendaraan anda memasuki area banjir, berbagai kotoran yang bisa menghambat performa mesin akan mudah masuk ke bagian terkecil mobil anda.
Merawat mesin kendaraan saat musim hujan
Pentingnya pemeliharaan mesin

Kesimpulan

Pemeliharaan kendaraan saat musim penghujan memang membutuhkan ketelitian dan kedisplinan. Apalagi jika komponen mesin sering terkena air. Sifat air hujan yang tidak baik untuk bagian onderdil kendaraan akan menjadi pemicu awal ekrusakan mesin pada mobil anda. Oleh karena itu diperlukan berbagai cara agar mobil anda selalu sehat dalam kondisi musim penghujan.

Selain itu anda harus sering mengunjungi portal dan informasi berita otomotif agar selalu up to date mengenai cara pemeliharaan mobil. Untuk yang ingin mendapatkan berita otomotif roda empat terupdate bisa kunjungi Artikel Garasi.id. Portal ini sangat lengkap untuk menjaga kesehatan kendaraan ada dalam berbagai kondisi cuaca.

Nah, setelah membaca artikel tentang cara merawat mobil saat musim hujan, diharapkan Anda menjadi lebih perhatian terhadap kendaraan kesayangan. Sampai berjumpa kembali di artikel otomotif lainnya. Semoga bermanfaat
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "5 Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan"