Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Total

CARADANTUTORIAL.COM-- Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langka,kondisi ini terjadi ketika bulan berada diantara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian cahaya yang seharusnya sampai ke bumi.Gerhana matahari total terdekat akan terjadi 9 maret 2016.Dan Indonesia akan menngalami peristiwa langka ini di kota tertentu.diantaranya Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat,  Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.Berita ini sudah lama disoisalisasikan oleh LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)

gerhana matahari 9 maret 2016

Untuk menambah wawasan kita,di bawah ini ada beberapa jenis gehana matahari,anda perlu memehami jenis jenis gerhana matahari sebagai wawasan dan pengetahuan.

Jenis gerhana matahari antara lain


  • Gerhana total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.
  • Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
  • Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
  • Gerhana hibrida bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang. sumber

Tips aman melihat gerhana matahari total.


1.Jangan Melihat Langsung dengan Mata Telanjang

Matahari mengandung sinar ultra violet yang bisa membutakan mata,jangan sekali kali untuk melihat matahari secara langsung,meskipun jika terjadi gerhana cahaya matahari akan sedikit redup akan tetapi kandungan ultra violet tetap sampai ke bumi.

2.Memakai Kacamata Hitam

Jika anda tidak ingin melewatkan peristiwa alam yang langkas ini,anda bisa mencoba melihat gerhana matahari dengan menggunakan kacamata hitam yang kadar kehitammannya diatas 70%.jangan menggunakan kaca mata coklat atau warna lain selain hitam,karena akan tetap bisa merusak insra penglihatan anda.

3.Jangan Terlalu Fokus ke Matahari

Terlalu fokus dan seakan tidak ingin melewatkan gerhana matahari ini,bukan berarti anda harus melihatnya secara terus menerus.Sesekali melihatlah ke tempat lain,jangan terpaku melihat matahari secara terus menerus karena selain menyilaukan akan membuat mata anda rusak.

4.Saat Gerhana Total

Pada saat gerhana mencapai puncaknya,keadaan bumi akan mejadi sedikit gelap,karena cahaya matahari akan terhalang oleh bulan,pada saat inilah anda boleh melepas kacamata anda untuk melihat keindahan langsung fenomena alam ini.Akan tetapi perlu diingat puncak gerhana hanya berlangsung sekita 2-3 menit,setelah bulan mulai bergeser pakailah kembali kacamata hitam anda jika ingin menyaksikan gerhana kembali,

5. Abadikan Momen Langka

Jangan lupa untuk mengabadikan momen langka ini,bisa menggunakan video time lapse ataupun kamera DSLR,akan tetapi jangan lupa untuk selalu memakai filter lensa agar cahaya tidak masuk berlebihan.

(baca juga : Tips cara membuat video time lapse)



Di Indonesia,tidak semua bagian akan mendapatkan gerhana total,karena sebagian kota di Indonesaia hanya akan mendapat gerhana matahari sebagian.Jangan lupa untuk mengabadikan peristiwa langka ini untuk cerita kepada anak cucu kita.
Demikian bagaimana Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Total,Semoga artikel ini bemanfaat.Sampai jumpa di artikel selanjutnya,
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Total"