Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PGN Saka Menerapkan Program Decarbonization dalam Operasionalnya

Program decarbonization yang dilakukan oleh PT Saka Energi Indonesia (PGN Saka) merupakan salah satu respon terhadap perubahan iklim yang sangat signifikan pada satu dekade terakhir ini. PGN Saka merupakan sub holding dari PT.PGN Tbk Subholding gas Pertamina berkomitmen untuk selalu melakukan program dekarbonisasi dalam operasionalnya.

Program decarbonization ini merupakan salah satu bentuk keseriusan PGN Saka dalam mengolah kekayaan alam yang ada di Indonesia dengan menyesuaikan perubahan iklam akibat kegiatan menambang, mengolah, dan mengeksploitasi kekayaan alam yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu untuk selalu menjaga kestabilan alam inisiatif program decarbonization ini sangat penting dilakukan dan sudah memiliki rencana yang pasti, untuk beberapa tahun kedepan yang saat ini sudah dan akan dilakukan di beberapa sektor utama PGN Saka.
Program decarbonization PGN Saka
PGN Saka Menerapkan Program Decarbonization dalam Operasionalnya

Sektor Usaha PGN Saka

Sebagai perusahaan yang berinduk pada PT PGN Tbk, PGN saka melakukan berbagai aktivitas investasi di bidang minyak gas dan Bumi. Dalam hal ini operasionalnya setiap hari yaitu melakukan kegiatan eksplorasi, eksploitasi, serta pengembangan usaha usaha di bidang minyak dan gas bumi, lalu mereka juga melakukan usaha dalam hal gas metana baru bara (CBM), beserta sumber energi lainnya yang ada di Indonesia.

Pada operasionalnya PGN Saka melakukan atau menjalankan usaha dan investasi di bidang minyak dan gas. Dalam hal ini PGN saka sangat berkontribusi besar untuk cadangan minyak bumi dan gas di Indonesia. Dalam operasionalnya PGN Saka akan selalu menjunjung tinggi kelestarian alam dan keselamatan lingkungan.

Selain itu PGN saka melakukan kegiatan eksplorasi dengan tujuan untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di Indonesia. Dan tidak menutuo kemungkinan PGN Saka terus meneliti dan ekspansi dalam hal mencari minyak bumi dan gas untuk kebutuhan domestik maupun secara global.

Selain eksplorasi, PGN saka juga melakukan pengoptimalan potensi sumber-sumber energi agar bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik untuk menjadi sebuah produk yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di Indonesia bahkan internasional

Kemudian kegiatan ekploitasi juga dilakukan dengan tetap menerapkan prinsip keseimbangan alam dalam mengelola sumber daya alam dengan cara mengurangi limbah dan tetap menjaga kelestarian alam dan juga meminimalisir risiko kerusakan lingkungan yang akan mengancam keseimbangan alam di bumi.

Program Decarbonization yang Dilakukan

Program Decarbonization yang dilakukan oleh PGN Saka ini merupakan salah satu inisiatif mengenai ESG dan program ini akan mendukung target Program Dekarbonisasi Pertamina di tahun 2030. 
Lalu saat ini PGN saka sudah, sedang dan akan melakukan program dekarbonisasi. Apa saja pengelompokkan program decarbonization ini?

Penggunaan Peralatan yang Lebih Efisien 

Dalam operasional ketika eksplorasi dan eksploitasi, PGN saka selalu menggunakan peralatan yang sesuai standar serta lebih efisien. Tujuannya adalah agar operasional ini bisa berjalan sesuai rencana dan timeline yang telah ditentukan.

Pengurangan Emisi dari Proses

Proses operasional yang dilakukan pasti akan meninggalkan sisa karbon yang bisa berbahaya bagi bumi. Oleh karena itu dilakukan pengurangan emisi dari proses yang telah selesai. Selain itu PGN  saka juga melakukan Zero routine flaring yaitu proses pemanfaatan flare gas, monitoring dan pengurangan emisi fugitive.

Penggunaan Energi dari Sumber yang Rendah Karbon

Energi yang dibutuhkan dalam proses eksplorasi selalu akan meninggalkan karbon yang akan menyatu dengan atmosfer. Banyaknya kandungan karbon lama kelamaan akan merusak alam dan atmosfer yang ada di bumi. Sehingga penggunaan energi harus dari sumber yang memiliki kadar karbon yang rendah (Low Carbon Power). Lalu dilakukan juga pemasangan solar photovoltaic yang merngubah energi matahari menjadi energi listrik.

Pengurangan Emisi dari Pembakaran (Low Carbon Heat)

Bahn bakar yang digunakan memiliki emisi yang tinggi dalam operasionalnya. PGN Saka selalu mengutamakan program decarbonization ini dengan cara pengurangan emisi dari pembakaran yang terjadi setiap hari. Salah satu inovasinya yaitu substitusi bahan bakar (fuel oil/diesel) ke gas dan/atau bakan bakar biomassa.

Nah, inovasi melakukan program decarbonization merupakan langkah baik yang dilakukan oleh PGN Saka untuk menghadapi perubahan iklim dan menjaga bumi agar terhindar dari emisi gas karbon yang berlebih. Operasional yang berjalans etiap harinya selalu memperhatikan alam dan melihat berbagai potensi maupun riusiko yang bisa terjadi. 

Nah, mungkin itu saja penjelasan singkat mengenai program decarbonization yang dilakukan oleh PGN Saka dan semoga bisa menemukan inovasi lainnya untuk mengatasi permaslaahan pembuangan gas emisi dan karbon.

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "PGN Saka Menerapkan Program Decarbonization dalam Operasionalnya"