Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Contoh Bisnis Ritel dan Tips Pengelolaannya di Sini!

Bisnis ritel adalah salah satu jenis bisnis yang semakin diminati saat ini. Hal ini didasari karena perkembangan ritel yang semakin pesat dan memiliki peluang yang menjanjikan. Jika dilihat dari pengertiannya, bisnis ritel adalah jenis bisnis yang dimana transaksi bisnisnya melibatkan penjualan dalam jumlah satuan atau eceran untuk dikonsumsi secara pribadi. 

Contoh Bisnis Ritel
Contoh Bisnis Ritel

Contoh Bisnis Ritel yang Menjanjikan

Ada berbagai jenis atau contoh bisnis ritel yang ada di tengah masyarakat saat ini. Pada artikel ini akan diuraikan beberapa contoh ritel yang menjanjikan. Berikut ulasanya. 

Produk yang Dijual

Berdasarkan produk yang dijual, ada beberapa jenis bisnis ritel yang termasuk ke dalam kategori ini. Pertama yaitu product retail, dimana jenis bisnis ritel ini memperjualkan belikan berbagai barang kepada konsumen. Misalnya toko mainan, buku, ataupun obat. Jenis kedua adalah service retail yaitu jenis ritel yang memperjualbelikan jasa, misalnya bengkel motor. Jenis ketiga adalah non store retail, dimana ritel jenis ini menjual barang pada media tertentu seperti vending machine minuman.

Skala Penjualan

Jika dilihat dari skala penjualannya, terdapat dua contoh bisnis ritel yaitu ritel berskala besar seperti supermarket dan ritel berskala kecil seperti warung kelontong. Ritel jenis ini tentu sering Anda temui ditengah masyarakat. 

Ritel Berdasarkan Kepemilikan

Jenis ritel ini terbagi atas 3 yaitu ritel mandiri, waralaba, dan corporate chain. Ritel jenis mandiri yaitu bisnis yang dimiliki secara perorangan, misalnya warung kelontong. Jika dilihat dari jenis waralaba, biasanya jenis ritel ini membeli hak jual dari orang lain seperti minimarket. Jenis ketiga adalah ritel yang dimiliki oleh banyak individu berupa tanam saham seperti hypermarket. 

Teknik Pemasaran

Berdasarkan teknik pemasarannya, ritel terdiri atas dua yaitu ritel offline dan online. Ritel offline adalah jenis ritel yang memperjualbelikan barang dengan memiliki toko secara fisik. Sementara online, jenis ritel yang memanfaatkan media online seperti marketplace atau media sosial dalam menawarkan produk yang dijual. 

Tips Pengelolaan Bisnis Ritel

Mengelola bisnis ritel tidaklah semudah yang terlihat. Apalagi dengan munculnya jenis bisnis ritel sejenis sehingga persaingan bisnis semakin pesat. Ada berbagai tips pengelolaan bisnis ritel yang wajib Anda ketahui. Berikut ulasannya. 

Komunikasi

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan menjadi hal yang harus Anda lakukan. Anda bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan, baik melalui telepon ataupun media sosial untuk  menanyakan kabar ataupun memberikan informasi mengenai promosi produk yang sedang berlangsung, pastikan Anda menggunakan bahasa yang dimengerti pelanggan Anda. 

Penawaran Menarik

Memberikan penawaran yang menarik ternyata dapat mempertahankan pelanggan yang setia pada bisnis ritel. Anda dapat memberikan berbagai penawaran menarik seperti diskon, potongan harga, atau pun barang gratis yang dapat diberikan kepada pelanggan ritel Anda. 

Digitalisasi Ritel

Tips selanjutnya adalah mengimplementasikan digitalisasi dalam pengelolaan ritel, misalnya menggunakan aplikasi.  Ada berbagai jenis aplikasi toko yang dapat Anda gunakan dalam pengelolaan ritel agar semakin berkembang. Aplikasi toko juga terbukti membantu ritel dalam meningkatkan penjualan. 

Jadi, itulah beberapa contoh bisnis ritel dan tips  pengelolaan bisnis ritel untuk menghadapi persaingan yang semakin pesat khususnya di era digital seperti saat ini. Semoga bermanfaat!

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

1 comment for "Mengenal Contoh Bisnis Ritel dan Tips Pengelolaannya di Sini!"

  1. Setuju dengan digitalisasi ritel untuk kemudahan pengelolaan bisnis ritel. Beberapa aplikasi yang dapat membantu bisnis ritel agar lebih efisien adalah aplikasi Point of Sale, Warehouse, Purchasing, Accounting, eCommerce, Omnichannel, hingga HCM. Jika pemilik bisnis ritel tidak sempat untuk mencari vendor aplikasi ini satu-satu, pemilik bisnis ritel dapat memilih vendor yang menyediakan all in one package ERP system. Jika masih asing dengan ERP system, Anda dapat membaca artikel ini https://www.impactfirst.co/id/c/apa-itu-erp untuk lebih lengkapnya.

    ReplyDelete