Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Wates Temanggung


CARADANTUTORIAL.COM-- Gunung merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para pecinta alam untuk menghabiskan waktu liburannya maupun memang sudah hobbynya.Banyak gunung di Indonesia yang bisa didaki dan kebetulan Negara Indonesia merupakan jalur cincin api di Benua Asia.Salah satunya adalah Gunung Prau.Mendaki gunung harus dipersiapkan secara matang termasuk informasi jalur pendakian Gunung Prau


Jalur Pendakian Gunung Prau Via Wates


Gunung Prau adalah gunung yang terletak pada area pegunungan atau Dataran Tinggi Dieng. Gunung Prau dikenal terletak didaerah Dieng, Wonosobo. Pendakian paling favorit untuk mencapai puncak Prau biasanya lewat jalur Patak Banteng yang berada pada area wisata Dieng. Namun selain jalur Patak Banteng ternyata ada banyak jalur alternatif diantaranya :

  • via Patak Banteng
  • via Dieng
  • via Wates
  • via Kali Lembu
  • via Dwarawati
  • via Kenjuran
  • via Campurejo
  • via Pranten




Jalur Pendakian Gunung Prau Via Wates Temanggung.

Gunung Prau bisa dilewati dari Temanggung yaitu melalui jalur Wates yang terletak di Desa Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Desa ini merupakan desa terakhir di kabupaten Temanggung yang berbatasan langsung dengan kabupaten Wonosobo Simaksi per orang di Wates yaitu Rp.10.000 dengan parkir roda dua Rp5.000 dan roda empat Rp10.000. Jalur Wates sangat jarang dilewati oleh para pendaki berbeda dengan jalur Patak Banteng yang selalu ramai dilewati para pendaki.

Perlu dikatahui jalur jalan menuju basecamp gunung prau via wates ini adalah jika berjalan  dari Parakan banyak tanjakan dan turunan,disarankan yang membawa kendaraan harus dicek terlebih dahulu jangan sampai ada trouble di jalan,Bisa dikatakan bengkel yang berada di daerah ini sangat jarang sekali.

Rute 
Semua Kota >> Temanggung >> Parakan >> Ngadirejo >> Muntung >> Wonoboyo >> Desa Wates

Basecamp - Pos 1 Blumbang Kodok
Dari basecamp menuju Pos 1 akan melewati ladang milik warga dengan jarak yang cukup jauh. Waktu yang akan ditempuh yaitu sekitar 1 jam perjalanan. 

Pos 1 - Pos 2 Cemaran
Dari Pos 1 menuju Pos 2 akan melewati area pepohonan dengan trek yang bervariasi namun tidak terlalu terjal berupa akar dan tanah yang apabila hujan tanahnya akan menjadi licin. Estimasi waktu hingga sampai di Pos 2 adalah sekitar 30 menit.

Pos 2 - Pos 3 Sudung Dewo
Perjalanan menuju Pos 3 pohon yang ditemui akan semakin lebat. Kamu akan menemui persimpangan dimana apabila kamu mengambil arah kanan kamu akan bertemu dengan air terjun dan kekiri kamu akan menemui Pos 3 (sudah ada penunjuk jalan). Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pos 3 yaitu sekitar 30 menit. 

Pos 3 - Camp Area
Dari Pos 3 menuju camp area vegetasinya akan semakin berkurang dan semakin terbuka. Setelah itu kalian akan melewati tangga dan Plawangan sebelum akhirnya sampai di camp area. Dari Pos 3 menuju camp area memakan waktu sekitar 45 menit.

Camp Area - Puncak
Dari camp area menuju puncak akan menghabiskan waktu sekitar 20 menit. Carilah tempat senyaman mungkin karena puncak Prau terbilang luas dan cocok untuk mendirikan dimana saja. Dari puncak Prau kamu akan melihat Sindoro dan Sumbing yang gagah menjulang seperti gunung kembar.

Kalkulasi Pendakian Gunung Prau via Wates
Basecamp - Pos 1 (1 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (30 menit)
Pos 2 - Pos 3 (30 menit)
Pos 3 - Camp Area (45 menit)
Camp Area - Puncak (20 menit)

Pendakian Gunung Prau Via Wates
Gunung Prau via Wates Temanggung
Puncak Prau

Gunung Prau Via Wates
Pemandangan dari Pos Plawangan
Gunung Prau Via Wates
Puncak 2565 mdpl

Gunung Prau via Wates Temanggung
View dari Puncak

Untuk Informasi basecamp Gunung Prau via Wates berikut ada kontak nomor yang bisa dihubungi jika kalian ingin mencoba melewai Jalur ini.Kontak Basecamp Wates
081903904447 / 083867403002 (Agus)

Jalur Pendakian Gunung Prau via Wates ini relatif sangat dianjurkan bagi pemula,silakan bagi anda yang ingin mencoba.Dan jangan lupa jaga alam kita dan lestarikan alam kita dengan penuh kasih sayang.

Salam Lesatri
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Jalur Pendakian Gunung Prau Via Wates Temanggung"