Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Essay (essai) yang baik

CARADANTUTORIAL.COM--Dalam perkuliahan maupun sekolah tentunya sering mendapatkan tugas untuk membuat essai dengan tema tertentu dan deadline yang singkat.Hal ini sudah sangat lumrah di dunia pendidikan dan pasti kalian sering mengalaminya.Tentunya diperlukan tips dan trik untuk membuat essay yang baik agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai yang diharapkan.

Tips Membuat Essay
Apa saja kriteria membuat essai yang baik dan benar ? berikut kami akan merangkumnya.

1. Cari Judul Essai yang Menarik

Dengan membuat judul yang menarik,dan buatlah sesuai dengan bidang yang anda sukai.Dengan memilih tema dan judul sesuai bidang yang kalian sukai akan mempermudah dalam menyusun essai sebagai tugas individu anda di perkuliahan atau sekolah.Untuk referensi bisa dicari secara online ataupun di perpustakaan kampus/sekolah kalian.

2.Analisis Tentang Tema dari Essai yang Dipilih

Setelah menentukan judul essai,mulailah untuk menganalisis lebih dalam tentang apa yang akan kalian bahas.Buatlah anda seperti berpengalaman di dalam judul yang dipilih tadi.sehingga hasilnya akan memuaskan.

3. Membuat Poin Penting

Dalam setiap paragraf usahakan untuk membahas poin poin pentingnya saja,jangan terlalu mebahas diluar kontek judul yang kalian pilih,karena jika hanya mengarang bebas maka essai anda akan tidak sesuai dengan judul yang kalian pilih.

4. Perkenalan Diri

Di dalam essai buatlah paragraf tentang perkenalan diri anda,karena pembaca tentunya akan merasa ingin tahu tentang penulis essai yang dibacanya.buatlah bahasa dengan baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan(EYD).Buatlah orang lain penasaran dengan essai yang akan anda tulis.

5. Membuat Paragraf yang Teratur

Dalam membuat paragraf tentunya mempunyai atura aturan sesuai dengan tata cara penulisan artikel dan sebagainya .Utarakan poin poin penting yang telah anda susun dan tuangkan dalam sebuah paragraf setiap poinnya.Untuk referensi teori harus bisa dibuktikan secara fakta dan sumbernya harus jelas.

6. Bahasa Penulisan

Dalam masalah bahasa penulisan,kalian harus menyusun dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca.Sehingga poin poin yang diutarakan dalam setiap paragraf dapat tersampaikan secara tepat kepada para pembaca.

7. Penutup

Bahasa penutupan menjadi tolak ukur keberhasilan dalam merangkai sebuah essay.Dengan menyertakan kesimpulan dan saran maka essai akan mudah dipahami ataupun direvisi oleh para pembaca.karena essai bisa dikatakan bersifat open source dan bisa digubah oleh siapapun yang telah membacanya,tentunya harus dengan sumber yang jelas dan teori yang jelas.

Demikian bagaimana cara menulis essai yang baik dan benar.Semoga bermanfaat bagi tugas perkuliahan maupun tugas sekolah kalian.

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Tips Membuat Essay (essai) yang baik"