Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Skill Data Scientist untuk Mengolah Big Data

Salah satu profesi yang banyak dicari di dunia digital saat ini adalah data scientist. Berlimpahnya big data yang ada di dunia digital menjadikan skill data scientist sangat diperlukan dalam pengolahan data yang akan menghasilkan output dan dipergunakan untuk berbagai kebutuhan di dunia digital.

Seperti yang kita ketahui, jumlah data yang sangat ebsar dalam industri digital mengharuskan kita untuk memilah dan memproses data untuk berbagai kebutuhan seperti bisnis online, analisa demografi, pemetaan market, peluang bisnis, dan berbagai kebutuhan lainnya yang digunakan sebagai kebijakan keputusan.

Data scientits adalah profesi yang dimiliki oleh seseorang yang bertugas untuk menganalisa, mengumpulkan, dan memproses big data menjadi sebuah data informasi yang bisa dipahami olehs emua orang bahkan bisa menjadi sebuah penentu kebijakan maupun peluang bisnis.

skill data scientist
Skill data scientist

Skill Data Scientist yang Harus Dikuasai

Setiap orang yang ingin berpartsipasi dalam pengolahan big data harus memiliki kemampuan yang wajib dimiliki oleh data scientist. Skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientist? dan bagaimana cara menjadi data scientist ? kita simak pada ulasan berikut ini.

Kemampuan Data Management

Menghadapi ratusan bahkan ribuan data, maka seorang data scientist harus memiliki kemampuan yang sangat mendasar dalam pengolahan data. Kemampuan yang harus dimiliki adalah data mining, manajemen database, dan data wragling.

Data mining merupakan hal mendasar yang harus dilakukan oleh seorang data scientist. Pada proses ini akan mengumpulkan data yang diperlukan untuk diproses dan dianalisa.

Seorang data scientist juga harus memiliki kemampuan merapikan data yang disebut data wragling. Agar pengolahan dan pemrosesan data lebih simpel dan tidak membingungkan. Setelah data tersusun dengan rapi, maka data scientist akan menyimpan data dan harus paham mengenai PHP My Admin,  SQL, dan lain sebagainya.

Tugas dan tanggung jawab data analyst and scientist memang sangat berat jika tidak memiliki kemampuan data management maka sudah dipastikan kalian tidak akan tergeser oleh sumber dyaa manusia yang lebih mumpuni di dunia pekerjaan.

Kemampuan Bahasa Pemrograman

Menjadi seorang data scientist tentunya harus memiliki kemampuan bahasa pemrograman yang baik. karena dalam kesehariannya, data scientist akan menggunakan tools yang dibuat dengan bahasa pemrograman tersendiri agar lebih matematis dan terstruktur.

Bahasa pemrograman yang harus dikuasai olehd ata scientist adalah bahasa pemrograman C++, Python, dan JAVA. Kasarena smeua bahasa pemrograman tersebut masih dipakai hampir di setiap sftware yang sudah jadi maupun yang sedang dibuat oleh data scientist itu sendiri.

Kemampuan Statistika

Statistika merupakan kemampuan yang ahrus dimiliki atau minimal sudah paham. kaerna saat pemrosesan big data seorang data scientist akan melakukan ilmu statistika seperti pengumpulan data, analisa data, penyajian data, dan oragnisasi data.

Hal ini wajib dipahami karena akan selalu dipakai ketika kita akan memvisualisasikan data kepada orang lain.

Kemampuan Berpikir Kritis

Dalam prakteknya pekerjaan data scientist adalah pekerjaan yang mengharuskan dia untuk berpikir kritis. Karena saat proses pengolahan data pasti akan menemukan berbagai kumpulan data yang sangat kompleks. 

Masalah yang sering dihadapi mengharuskan kita untuk menentukan kebijakan tertentu saat menganalisis data. Dengan berpikir krtitis maka kalian bisa mengindetifikasi permasalahan yang terjadi dan memiliki solusi untuk segera mengatasinya.

Kemampuan Menciptakan Ide Baru

Seorang data scientist juga harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan ide dan gagasan untuk pengembangan peluang bisnis. Big data yang semenjak dulu merupakan data yang diolah secara turun temurun dan konvensional maka dipelrukan pembeharuan sistem maupun cara menganalisa yang benar.

Menciptakan metode atau sistem baru dalam pengolahan data akan lebih efektif daripada masih mengugnakan sistem atau metode lama.

Kesimpulan

Profesi data scientist sangat diimpikan oleh setiap orang kaerna salarynya yang di atas rata-rata. Oleh karena itu jika ingin menjadi seorang data scientist diperlukan beberapa kemampuan yang wajib dimiliki agar siap ketika menghadapi pemrosesan data, analisa data, dan menyimpulkan data baru untuk divisualisasikan kepada setiap orang untuk keperluan bisnis dan lain sebagainya.

Dari beberapa penjelasan di atas sudah pasti bahwa pekerjaan data scientist itu sangat membutuhkan skill dan effort yang luar biasa. Apalagi saat ini data scientist banyak dibutuhkan oleh beberapa BUMN termasuk Telkom Indonesia.

Jadi apakah tertarik untuk menjadi data scientist? Yuk segera kembangkan dan gali potensi diri untuk bisa mencapai keinginan menjadi data scientist profesional.

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Memahami Skill Data Scientist untuk Mengolah Big Data"