Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Tahu! Cara Membersihkan Furniture Kayu yang Benar

Anda memiliki furniture kayu? dan apakah sudah tahu cara membersihkan furniture kayu agar bisa awet dan tahan lama? Perabotan rumah yang terbuat kayu memang banyak diminati sebagai penghias dan dekorasi rumah agar telihat lebih vintage.

Perawatan furniture kayu juga butuh perhatian khusus karena tidak sama dengan merawat dekorasi dan perabot rumah lainnya. Cara membersihkan furnitur kayu harus memperhatikan berbagai jenis aspek, jenis kayu, dan alat yang digunakan untuk membersihkan furniture tersebut.

Sebagian besar bahan kayu yang digunakan untuk furniture adalah kayu jati. Akan tetapi ada beberapa jenis kayu seperti kayu mahoni, sonokeling, akasia, trembesi, kamper, cedar merah, dan keruing. Dari semua jenis bahan tersebut tentunya kita harus melakukan perawatan agar furniture tetap awet, mengkilap dan sedap dipandang mata.

cara membersihkan furnitur kayu
Cara membersihkan furnitur kayu

Cara Membersihkan Furniture Kayu yang Benar

Nah, jika anda memiliki furniture berjenis kayu yang berada di rumah, harus selalu diperhatikan bagaimana cara merawat dan membersihkannya agar tidak salah. Membersihkan fur niture kayu adalah hal yang wajib dilakukan secara rutin karena pasti banyak debu, kotoran, maupun noda yang harus dibersihkan agar kayu tidak cepat lapuk.

Furniture kayu seperti dari produsen ternama Citra Kayon memang harus mendapatkan perawatan dan peralatan khusus agar bisa tetap bersih dan terawat.

Berikut ini beberapa tips untuk merawat furniture kayu yang wajib Anda ketahui. Di antaranya adalah:

Gunakan Alat yang Tepat untuk Membersihkan Kayu

Untuk membersihkan furniture kayu diperlukan alat yang seusai dan tidak mudah untuk merusak tekstur kayu. Selalu gunakan alat seperti cairan pembersih kayu, kuas, lap kain lembut, dan kemoceng. Cairan pembersih kayu mengandung zat yang dapat memperpanjang umur kayu dan wajib dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil mengkilap yang maksimal.

Bersihkan Debu dan Kotoran Secara Rutin

Kayu merupakan bahan yang mudah ditempeli kotoran baik debu maupun noda yang membandel. Usahakan setiap hari untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaan kayu agar furniture kayu tetap mengkilap. Alat yang digunakan untuk membersihkan debu maupun noda kotoran adalah kain lembut atau kemoceng. Kain lembut diguanakan agar kayu tidak baret saat dibersihkan.

Bersihkan Sela-Sela Kayu dengan Kuas

Bahan kayu memiliki tekstur berkontur yang mungkin sulit dijangkau oleh kemoceng maupun kain lembut. Oleh karena itu penggunaan kuas sangat diperlukan agar debu yang masuk ke dalam celah sempit bisa bersih dengan masksimal. Hal ini akan memperpanjang umur kayu karena akan selalu bersih dari kotoran dan gangguan serangga.

Berikan Cairan Pembersih Kayu

Serangga dan hewan biasanya sangat suka bersarang di celah sempit kayu. Hewan seperti tungau, kecoa, cicak, dan lain sebagainya bisa beranak pinak di celah sempit tersebut. Oleh karena itu penggunakan obat anti seangga dan cairan khusus untuk kayu diperlukan agar kayu tidaklapuk dimakan serangga. 

Untuk kayu yang berbahan kayu jati memang harus selalu dilakukan rutin karena akan berpengaruh terhadap kualitas dan umur kayu jati tersebut. Cara membersihkan furniture kayu jati yang baik adalah dengan cara merawat dan memberishkannya setiap hari agar terbebas dari gangguan serangga.

Kesimpulan

Memiliki furniture kayu untuk dekorasi rumah bisa membuat nyaman penghuni rumah karena suasana yang dingin dan vintage. Dengan selalu merawat dan memberishkan furniture yang terbuat dari kayu seperti di atas maka beberapa perabotan kayu bisa bertahan lama dan aman dari gangguan serangga seperti rayap.


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Wajib Tahu! Cara Membersihkan Furniture Kayu yang Benar"