Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Cloud Storage dan Tips Transfer Datanya

Penggunaan layanan penyimpanan berbasis cloud sebagai tempat untuk backup dan memindahkan data semakin populer. Sebab, cara menyimpan data seperti ini dianggap praktis dan mudah diakses. 

Menggunakan teknologi cloud juga memungkinkan Anda untuk mengakses data dari mana saja dan kapan saja tanpa terkendala oleh jarak maupun waktu. Nah, apa itu penyimpanan berbasis cloud atau cloud storage? Baca di artikel ini penjelasannya beserta tips transfer data di cloud storage.

Pengertian cloud storage
Pengertian cloud storage

Apa Itu Cloud Storage atau Penyimpanan Berbasis Cloud?

Sebelum membahas tips dan manfaat mengenai transfer data di penyimpanan berbasis cloud, ada baiknya kamu tahu dulu apa itu penyimpanan berbasis cloud. 

Penyimpanan berbasis cloud adalah layanan penyimpanan data yang menggunakan infrastruktur cloud untuk menyimpan dan mengelola data. Dengan kata lain, data akan tersimpan di server milik provider layanan cloud dan bisa diakses melalui internet. 

Tips Transfer Data di Penyimpanan Berbasis Cloud

1. Gunakan Koneksi Internet yang Aman dan Cepat

Saat melakukan transfer data di penyimpanan berbasis cloud, pastikan koneksi internet yang kamu gunakan aman dan cepat. Misalnya, menggunakan koneksi internet cepat dan stabil punya IndiHome dari Telkom Indonesia.

Penggunaan koneksi yang tidak aman dapat membahayakan keamanan data dan meningkatkan risiko terjadinya kebocoran data. Sedangkan, koneksi internet yang lambat dapat menyebabkan transfer data menjadi lambat dan menyulitkan kamu untuk mengakses data yang kamu butuhkan.

Itu sebabnya, IndiHome menjamin keamanan koneksi internet dengan beberapa fitur unggulan, yaitu keamanan jaringan internet. Di saat yang sama, IndiHome dari Telkom Indonesia mempunyai tips keamanan yang harus diikuti oleh pelanggan untuk memastikan tingkat keamanan internet di rumah juga aman.


IndiHome menyarankan untuk memperbarui sistem operasi dan firewall yang ada di perangkat yang digunakan, menghindari membuka email atau tautan yang tidak diketahui, menggunakan sandi yang kuat dan tidak melupakannya, serta mengganti password secara berkala.

IndiHome juga memberikan pengaturan Parental Control bagi keluarga yang ingin membatasi akses internet anak-anak atau anggota keluarga lainnya. Ini dapat mengatur konten browsing, waktu akses, hingga memblokir situs tertentu.

2. Lakukan Encrypt Data

Melakukan enkripsi data adalah cara paling efektif untuk melindungi keamanan data selama proses transfer data di penyimpanan berbasis cloud. Encrypt data artinya membuat data tersebut tidak bisa diakses oleh orang yang tidak berwenang. 

Cara paling mudah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disediakan oleh provider layanan cloud atau bisa dengan menggunakan software encrypt yang tersedia di internet.

3. Buat Cadangan Data

Penting bagi kamu yang menggunakan layanan cloud untuk membuat cadangan data sebelum melakukan transfer data. Jadi kalau terjadi kegagalan sistem selama transfer data, kamu tidak perlu khawatir data akan hilang atau rusak.

4. Pilih Provider Layanan Cloud yang Terpercaya

Sebelum menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud, pastikan provider yang kamu gunakan memang terpercaya dan memiliki sistem keamanan yang baik. Seperti halnya IndiHome yang merupakan provider layanan cloud terpercaya dan memungkinkan kamu menyimpan data, file, foto, dan video secara online.

Jika kamu sudah menjadi pelanggan IndiHome dan tertarik dengan layanan cloud storage, kamu bisa langsung mendaftar dan mengaktifkan layanan melalui situs resmi IndiHome. Selain itu, kamu juga dapat mengakses data melalui aplikasi IndiHome yang dapat diunduh di Play Store atau App Store.

Dengan hadirnya layanan cloud storage dari IndiHome, Anda dapat lebih tenang dan mudah dalam menyimpan dan mengakses berbagai jenis data, tanpa harus khawatir kehilangan atau merusak data. IndiHome tetap berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik bagi para pelanggan setianya.
Tips transfer data di cloud storage
Tips transfer data di cloud storage

Manfaat Transfer Data di Penyimpanan Berbasis Cloud

1. Menyediakan Kemudahan Akses dan Sharing Data

Salah satu manfaat dari transfer data di penyimpanan berbasis cloud adalah menyediakan kemudahan akses dan sharing data. Selain itu, kamu juga dapat membagikan data dengan orang lain secara mudah hanya dengan memberikan akses ke file tersebut.

2. Hemat Biaya

Transfer data di penyimpanan berbasis cloud juga memungkinkan kamu menghemat biaya. Karena selain biaya infrastruktur, kamu sudah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hardware dan software, seperti harddisk eksternal atau flashdisk

3. Skalabilitas Tinggi

Salah satu kelebihan dari penyimpanan berbasis cloud adalah skalabilitas tinggi. Seperti informasi yang dilansir Pricebook, kamu dapat memperbesar atau memperkecil kapasitas penyimpanan yang kamu butuhkan dengan mudah. Artinya, kamu bisa mengurangi biaya berlangganan layanan cloud storage secara terpisah. 

4. Ekspansi Bisnis yang Lebih Mudah

Penggunaan layanan penyimpanan berbasis cloud juga dapat memberikan pengaruh positif pada ekspansi bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi cloud, kamu bisa melakukan transfer data di antara cabang bisnis yang berbeda. 

5. Tingkat Keamanan yang Lebih Tinggi

Tingkat keamanan pada layanan cloud storage IndiHome lebih tinggi dibandingkan dengan penyimpanan data tradisional. Sebab, cloud storage sudah menggunakan teknologi canggih dan sistem keamanan yang telah terbukti mampu melindungi data penggunanya. 

6. Performa yang Lebih Baik

Penyimpanan berbasis cloud juga memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan penyimpanan data tradisional. Layanan penyimpanan cloud dapat menangani volume data yang besar dengan baik dan memiliki kemampuan untuk mentransfer data dengan cepat. Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengalami proses pengiriman data yang lama lagi.

7. Tersedia Fitur Backup Secara Otomatis

Layanan penyimpanan berbasis cloud biasanya sudah dilengkapi dengan fitur backup secara otomatis. Artinya, data kamu akan dicadangkan secara berkala oleh sistem yang tersemat dalam cloud storage. Ini merupakan antisipasi untuk mencegah terjadi kehilangan data pada perangkat, dan tetap memungkinkan penggunanya untuk memulihkan data dengan mudah.

Manfaat transfer data di cloud storage

Dengan hadirnya layanan cloud storage dari IndiHome, kamu dapat lebih tenang dan mudah dalam menyimpan dan mengakses berbagai jenis data, tanpa harus khawatir kehilangan atau data yang rusak secara tiba-tiba. IndiHome tetap berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik bagi para pelanggan setianya.


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

39 comments for "Pengertian Cloud Storage dan Tips Transfer Datanya"

  1. Kebanyakan orang memang mencari kepraktisan ya, Mas. Termasuk soal penyimpanan data. Dan Cloud Storage memberi kemudahan. Penyimpanannya besar. Terus bisa diakses dari mana saja.

    ReplyDelete
  2. penting banget ya kak punya cadangan data di cloud storage, apalagi datanya penting dan buat kerjaan juga. Syukurlah sekarang Indihome menyediakan jasa cloud storage, jadi amannnn.

    ReplyDelete
  3. cloud storage ini memang membantu banget dalam penyimpanan data karena jadinya kita nggak perlu bawa-bawa flashdisk lagi buat sharing data asal ada internet bisa diakses deh datanya

    ReplyDelete
  4. Lebih praktis dari HD ya, soalnya bisa diakses kapan pun dan dimana pun. Syaa juga trauma dengan penyimpanan fisik seperti HD rusak dan file ilang. Akhirnya tetap back up secara online juga

    ReplyDelete
  5. Wahh ternyata ada juga yang begini yaah, jadi keinget hardisku yang rusak ngga kebaca.. andaii aja disimpan di cloud storage kayak gini jadi lebih amann kann

    ReplyDelete
  6. Keamanan data ini penting buat pekerja digital. Sekali hilang data ya udah lenyap pekerjaannya. Ternyata IndiHome mengerti hal ini dan layanan cloudnya cukup terjangkau

    ReplyDelete
  7. Daripada memanfaatkan storage penyimpanan data secara fisik, rasanya memanfaatkan cloud storage ini juga memudahkan ketika butuh diakses dimana dan kapan saja tanpa perlu terbebani untuk bawa bawa si storage penyimpanannya tadi.

    ReplyDelete
  8. Jaringan internetnya oke, tersedia juga cloud penyimpanan, jadinya bisa di satu tempat aja udah praktis membantu semua urusan pekerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Lebih aman, tidak perl khawatir kehilangan file penting. Juga fleksiel karena bisa diakses dari mana saja.

      Delete
  9. Layanan could storage dari IndiHome ini sangat membantu pelanggan dalam menyimpan data ya mas
    Urusan penyimpanan jadi praktis

    ReplyDelete
  10. Punya pengalaman pahit saat hape padam dan nggak nyimpan data di cloud storage. Rekomen banget sama cloud storage IndiHome, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketemu solusi manis ya jadinya lewat cloud storage ini ya kak, biar pengalaman yang dulu gak terulang lagi. Apalagi kalau pakai cloud storage bisa dibuka di gawai mana aja

      Delete
  11. Zaman udah berganti, menyimpan data juga harus kian praktis dan simple ya. Enggak kebayang kalau teknologi gak berkembang. Data bergiga-giga cuma pakai disket. Butuh berapa banyak disket kalau gitu.

    ReplyDelete
  12. Skrg ga perlu flashdisk apalagi harddisk buat nyimpen data. Skrg eranya praktis sih. Tinggal cari layanan cloud terbaik, kayak milik IndiHome ini. Harganya jg terjangkau lagi.

    ReplyDelete
  13. Praktis juga ya pakai cloud store gini.. patut dipertimbangkan nih, karena lebih aman dan praktis tentunta

    ReplyDelete
  14. Tersedianya fitur backup yang otomatis ini sangat menenangkan secara kalau terjadi hal tidak diinginkan sudah ada antisipasi nya ya.

    ReplyDelete
  15. Layanan cloud storage ini sangat bermanfaat untuk mencegah hilangnya data-data penting. Saya pribadi sudah menggunakan layanan cloud storage ini dari lama untuk ngebackup file-file penting seperti tulisan, skripsi, dan file penting lainnya. Jadi walaupun andai kata laptop terkena virus atau ngehang, seenggaknya data super penting tadi udah selamat hihihi.

    ReplyDelete
  16. wah enak nih, jadi gak khawatir lagi ya data bakal hilang :) apalagi kalau penyimpanannya bisa sampai besar, bakal lebih nyaman dan praktis dipakai

    ReplyDelete
  17. Tersedianya cloud storage memang bermanfaat sekali. Kita bisa mengakses data dari mana saja dan kapan saja tanpa terkendala oleh jarak maupun waktu. Jadi lebih praktis dan aman.

    ReplyDelete
  18. Klau udah ngomongin Cloud Storage, internet menjadi hal paling penting. Kita pun butuh internet yang cepat dan stabil agar proses trafser data bisa berjalan lancar

    ReplyDelete
  19. terbaik sih IndiHome, makin ke sini makin ke sana aja inovasinya

    ReplyDelete
  20. Nah tips tentang enscript data menurutku penting tuh. Jadi data-data penting yang disimpan di cloud memang sebaiknya dalam bentuk enskripsi saja biar kalau bocor, data tidak langsung terbuka dan diakses sembarangan orang

    ReplyDelete
  21. Jadi keinget pas kemarin itu hardiskuu rusaaak wkwkwkw butuh banget sama cloud storage ini jadinyaa hiks.. menangiss kalo data-data pada ilangg

    ReplyDelete
  22. untuk transfr data ke cloud memang wajib banget menggunakan internet yang sangat cepat dan stabil, agar data tidak corrupt saat ditransfer, dan kebetulan di rumahs aya menggunakan IndiHome layanannya cepatd an stabil jadi aman banget saat transfer-transfer data, apalagi sekarang IndiHome punya layanan storage jadi makin praktis deh

    ReplyDelete
  23. IndiHome makin keren dengan adanya layanan cloud storage. Kita jadi ga bakalan drama lagi dengan hardisk yang rusak dengan bergabung di layanan cloud storage IndiHome ini

    ReplyDelete
  24. Lebih aman yah ga bikin was was kehilangan data. Layanan cloud storage dari IndiHome ini bisa jadi antisipasi untuk mencegah terjadi kehilangan data pada perangkat, dan bisa memulihkan data dengan mudah.

    ReplyDelete
  25. Aku juga mulai beralih ke cloud daripada harus beli penyimpanan fisik yang pernah bikin trauma kalau rusak

    ReplyDelete
  26. baru tau kalau indihome juga punya layanan cloud storage. keren deh jadi bisa menyimpan data dalam jumlah besar dan tidak berat2 lagi ya

    ReplyDelete
  27. Terima kasih tipsnya..
    Bener-bener bisa jadi alternatif utama ketika menyimpan data digital zaman sekarang menggunakan layanan cloud storage dari IndiHome.

    ReplyDelete
  28. Aku suka pakai layanan cloud untuk penyimpanan data Mas, tapi masih yang gratisan.. kwkwkwk...
    Keren amat ini IndiHome punya layanan penyimpanan cloud segala.

    ReplyDelete
  29. praktis juga rupanya nih, jadi pengen nyobain deh, karena storage hp dan laptop emang terbatas ya, mau ditambah juga malah bikin lemot hehe

    ReplyDelete
  30. cloud storage memudahkan pekerja online atau perusahaan untuk menyimpan data lebih baik. Akses juga lebih mudah dan pastinya aman. Solutif banget sih ini ya kak

    ReplyDelete
  31. duh jaman sekarang tuh kita emang udah butuh cloud storage ya, apalagi buat konten kreator yg jumlah foto dan stok videonya bisa ratusan bahkan ribuan nih

    ReplyDelete
  32. Biayanya berapa sih kak? Bayarnya bisa tahunan gitu nggak biar lebih murah mungkin?

    ReplyDelete
  33. Faktor ornag memilih cloud storage karena data lebih aman. Kalau kita simpad di drive kebanyakan tidak tahan lama karena masa ekonomis hdd nya.

    ReplyDelete
  34. Penyimpanan di cloud tuh menurut aku lebih praktis sih, dan tentunya aman dari virus juga. Jadi inget pas kerja, penyimpanan pakai flashdisk dan laptop pernah dong tertular virus 😭

    ReplyDelete
  35. Penyimpanan di cloud tuh menurut aku lebih praktis sih, dan tentunya aman dari virus juga. Jadi inget pas kerja, penyimpanan pakai flashdisk dan laptop pernah dong tertular virus 😭

    ReplyDelete
  36. Iya lho. Kalau seumpama penyimpanan file kita tuh bisa dibuka di mana saja jadi lebih mudah. Misalkan kita nggak bisa bawa laptop tuh tetap bisa kerja karena kita bisa buka filenya di mana saja.

    ReplyDelete
  37. Sepenting itu sebenarnya memback-up data-data kita di ponsel. Untuk menghindari yang tak diinginkan di ponsel kita. Semacam menyelamatkan data y v penting ya kak. Dan Cloud emang udah direkomendasiin sejak dulu sih..

    ReplyDelete