Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung adalah salah satu yang paling banayk dikonsumsi karena memiliki protein hewani yang bisa menyeimbangkan gizi. Tak beda jauh dengan telur ayam negeri, telur ayam kampung juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Kompisisi gizi pada telur ayam kampung tergolong lebih banyak daripada telur ayam biasa, oleh karena itu sebagian orang selalu menggunakan telur ayam kampung sebagai bahan masakan maupun untuk campuran jamu dan sudah banyak yang merasakan khasiatnya.

Kandungan vitamin dan protein yang ada dalam telur ayam kampung sangat banyak. Di antaranya adalah, lemak jenuh, vitamin E, vitamin A, karbohidrat, kalsium, besi dan lain sebagainya. Vitamin dan mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia demi kesehatan dalam aktifitas kesehariannya.

Tak hanya itu, telur ayam kampung juga mudah didapatkan di beberapa toko kelontong, banyak yang jual telur ayam kampung karena memang permintaan di masyarakat juga begitu banyak.

manfaat telur ayam kampung
Manfaat telur ayam kampung

Manfaat Telur Ayam Kampung

Kebutuhan gizi harian manusia harus selalu dipenuhi, salah satunya dengan mengkonsumsi telur ayam kampung sebagai bahan makanan. Ada banyak manfaat juga yang bisa didapatkan dari telur ayam kampung. Berikut ini adlaah 4 manfaat telur ayam kampung yang harus kalian ketahui. DI antaranya adalah:

Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Kolesterol terdiri dari kolesterol yang baik dan yang jahat. Berlebih kolesterol akan menyimpan lemak dan bisa saja terjadi penyumbatan pembuluh darah bagi sebagian orang yang memiliki berlebih kolesterol. Dengan mengkonsumsi telur ayam kampung maka akan sedikit menurunkan risiko kolesterol jahat yang berlebih yang bisa bersemayam di dalam tubuh.

Telur Ayam Kampung Memperkuat Kesehatan Mata

Manfaat yang bisa didapatkan dari telur ayam kampung adalah untuk kesehatan mata. Telur ayam kampung memiliki kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang terdapat pada kuning telurnya. Kandungan vitamin A bisa membuat mata sehat setiap hari, selain itu lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang selalu aktif bekerja pada retina mata.

Memperkuat Massa Otot

Seringkali kalian melihat orang yang melakukan olahraga fitness selalu mengkonsumsi telur ayam kampung setelah berolahraga. Hal ini dilakukan karena memanfaatkan protein yang banyak terkandung dalam telur ayam kampung. Protein sedianya mengandung asam amino, karena kandungan protein pada telur ayam akan dipecah menjadi asam amino dan bisa memperbaiki kerusakan sel otot yang bisa saja terjadi saat melakukan aktivitas.

Memaksimalkan Fungsi Otak

Telur ayam kampung banyak mengandung kolin. Kolin bertugas untuk mengoptimalkan produksi sel-sel otak serta membangun membran sel yang berfungsi mengantarkan sinyal pada otak. Kolin yang terdapat pada telur ayam kampung sekitar 100gram. Aelain itu vitamin dan mineral lain juga akan membantu otak dan sistem saraf bekerja dengan lebih efektif.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kadar HDL yang terdapat dalam tubuh dapat meningkat karena mengkonsumsi telur ayam kampung. Tingkat HDL yang banyak di dalam tubuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) Dengan menurunnya kadar LDL (lemak kolesterol jahat) maka akan mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

Marketplace produk sehat
Marketplace produk sehat

Kesimpulan

Setelah melihat berbagai macam keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi telur ayam kampung. Maka sudah sebaiknya, kalian juga ikut mengkonsumsinya terutama untuk tujuan kesehatan. Karena dari dari kadar protein yang dimiliki oleh telur ayam kampung bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Membeli telur ayam kampung saat ini sudah sangat mudah dan tersedia dimana-mana bahkan dalam platform online. Sesa.id merupakan platform online dan marketplace yang menjual berbagai bahan makanan dan produk sehat. Kalian bisa download aplikasi sesa.id di appstore dan playstore sekarang juga dan bisa membeli berbagai kebutuhan produk sehat hanya dalam genggaman anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, siklakan bagikan kepada teman, sahabat dan keluarga jika artikel ini bisa membuka wawasan mereka tentang kesehatan. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

Referensi:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-telur-ayam-kampung/

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "5 Manfaat Telur Ayam Kampung"