Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Otoklix: Ini Akibat Telat Ganti Oli Gardan Mobil

Pelumas atau oli merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, salah satunya oli gardan mobil. Namun, banyak pemilik kendaraan lupa untuk mengganti oli gardan mobil di bengkel. Padahal, mengganti oli gardan secara berkala bisa membuat kontak gigi pada box gardan awet dan tahan lama. Lantas, apa akibatnya jika lalai mengganti oli gardan? Berikut penjelasannya.


Pengertian Oli Gardan

Sebelum membahas dampak dari telat mengganti oli gardan, sebaiknya pemilik kendaraan wajib tahu pengertian dari komponen ini. Oli gardan merupakan pelumas yang digunakan pada kontak gigi box gardan mobil.

Tak hanya itu, cairan ini juga mampu melindungi gear agar tak bergesekkan langsung pada bearing. Maka itu, oli gardan mobil dibuat lebih kental dibandingkan dengan oli mesin dan harus diganti secara berkala.

Akibat telat ganti oli
Akibat telat ganti oli

Akibat Telat Mengganti Oli Gardan Mobil

Mengganti oli gardan secara berkala dapat membuat performa mobil selalu stabil. Jika oli gardan tidak diganti dalam kurun waktu yang lama atau sampai bertahun-tahun, khawatir komponen seperti transmisi mobil bisa cepat rusak. Berikut adalah dampak lain jika pemilik kendaraan lupa mengganti oli gardan mobil.

Mesin Mobil Bersuara Bising

Munculnya suara bising ini lantaran terjadi gesekan di semua komponen gear. Akibatnya, gear transmisi menjadi rusak. Jika suara yang timbul semakin kencang, kerusakannya juga sudah parah sehingga membuat pengendara tidak nyaman.

Sering Overheat

Selain sebagai pelumas, oli ini juga berfungsi untuk mendinginkan mesin pada gardan. Apabila oli gardan telat diganti, otomatis mesin akan bekerja lebih keras dan cepat panas sehingga mobil menjadi sering overheat.

Laju Kendaraan Tidak Stabil

Karena gesekan antar komponen gear semakin keras, membuat laju kendaraan tidak stabil atau tidak mulus karena putaran mesin terhambat. Maka itu, oli gardan mobil sudah harus segera diganti. Jika diabaikan, bukan tidak mungkin kerusakan mesin mobil bakal semakin parah dan pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya mahal untuk memperbaikinya di bengkel.

Roda Mobil Bergetar

Laju mobil tidak stabil juga bersumber dari roda mobil yang bergetar dan sulit dikendalikan. Ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan kecelakaan. Seperti diketahui, gardan berguna untuk mengatur kecepatan putaran roda pada transmisi otomatis. Fungsinya tidak akan maksimal apabila pelumas yang digunakan sudah kadaluarsa atau telat diganti. 

Gear Ratio Jadi Rusak

Gear ratio biasanya terdapat pada mobil-mobil bertransmisi otomatis. Kinerjanya semakin baik jika dilumasi dengan oli gardan berkualitas bagus. Kalau tidak ada oli gardan, gear ratio tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Parahnya lagi, apabila komponen ini rusak, satu-satunya jalan yakni menggantinya dengan yang baru dan pasti harganya mahal.

Tanda-Tanda Oli Gardan Mobil Harus Segera Diganti

Sebagai informasi, semua jenis mobil pasti dibekali komponen gardan. Pasalnya, komponen ini berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin menuju roda. Maka itu, keberadaan pelumas atau oli sangat penting supaya tidak terjadi kerusakan-kerusakan seperti pembahasan di atas.

Pemilik kendaraan yang sering lupa untuk mengganti oli gardan mobil sebaiknya memperhatikan sejumlah tanda seperti di bawah ini. Tanda-tanda ini sangat mudah dikenali dengan menggunakan panca indera.

Kolong Mobil Mengeluarkan Suara

Apabila pemilik kendaraan mendengarkan suara berdengung di kolong mobil, artinya oli gardan sudah harus diganti. Suara dengung ini mudah dikenali dan biasanya terjadi karena permukaan gear yang sudah tidak licin bergesekan dengan komponen lain.

Bodi Mobil Terasa Bergetar

Merasakan mobil bergetar hebat saat dikendarai merupakan salah satu ciri oli gardan perlu diganti. Pemilik kendaraan bisa mengujinya saat mobil dikemudikan di jalanan menurun dan berbelok. Jika mobil terasa bergetar dan sulit dikendalikan, artinya kualitas oli gardan sudah tidak baik.

Warna Oli Berubah

Ciri ini hanya bisa diketahui apabila pemilik kendaraan melakukan servis berkala. Jika warna oli sudah berubah meski tanda-tanda di atas belum terjadi, maka oli gardan sudah wajib diganti dengan yang baru. Biasanya, warna yang putih keabu-abuan atau abu-abu metalik gelap menandakan oli tersebut sudah tidak layak pakai.

Tak hanya warna, pemilik kendaraan juga bisa memeriksa kekentalan oli gardan tersebut. Kalau sudah encer, lebih baik oli gardan mobil diganti.

Itulah beberapa point mengenai kerusakan pada kendaraan jika telat mengganti oli gardan mobil dan tanda-tanda oli gardan sudah harus diganti. Segera ganti oli gardan mobil di bengkel kesayangan sebelum kerusakan pada kendaraan semakin parah.

Jangan lupa, percayakan urusan perawatan dan service mobil lewat Otoklix. Lewat Otoklix,  Anda juga bisa dapatkan promo GoGoklix, yakni gratis ganti oli by Otoklix selama 1 tahun. Program ini bisa membuat Anda jauh lebih hemat dalam biaya service mobil.

Seperti diketahui, saat ini Otoklix memfasilitasi lebih dari 2.000 bengkel mitra yang aktif dan telah menangani 20.000+ kendaraan.


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Otoklix: Ini Akibat Telat Ganti Oli Gardan Mobil"