Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Mencoba Investasi Saham pada Aplikasi MOST? Baca Dulu 5 Aturan Penting dalam Investasi Saham!

Saat ini sudah banyak jenis investasi yang dapat dipilih untuk finansial di masa depan. Salah satunya yaitu investasi saham. Apalagi di masa pandemi sekarang, jenis investasi ini mulai banyak diminati oleh masyarakat. Menariknya investasi saham dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja hanya dengan bantuan telepon genggam loh. Misalnya menggunakan aplikasi MOST.

Aplikasi investasi dari Mandiri Sekuritas ini memberikan kenyamanan bagi investor dalam melakukan investasi saham. Tidak hanya dapat digunakan untuk investasi saham saja, namun Anda juga dapat menggunakan aplikasi MOST untuk investasi reksadana, investasi syariah, hingga obligasi negara. 

Tampilan yang sederhana juga menyebabkan aplikasi ini mudah digunakan oleh siapa saja. Bahkan keamanan dari aplikasi ini tidak dapat diragukan lagi. Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba investasi saham pada aplikasi MOST, yuk simak beberapa aturan penting dalam investasi saham agar tidak salah memulainya.

Aturan investasi saham
Investasi saham

5 Aturan Penting dalam Investasi Saham

Dalam melakukan investasi, penting sekali untuk mengetahui aturan penting dari investasi tersebut.  Berikut ini sudah ada beberapa aturan penting dalam investasi saham.

Menentukan Tujuan Investasi 

Menentukan tujuan investasi berguna untuk kemudahan dalam berinvestasi di kemudian hari. Tujuan ini berupa jangka pendek, jangka menengah, maupun panjang. Tujuan investasi setiap investor tentu akan berbeda-beda misalnya ada investor yang berinvestasi untuk mengumpulkan dana pensiun, dana menikah, atau jalan-jalan sekalipun. Jadi pastikan untuk mengetahui tujuan investasi agar memudahkan Anda untuk mencapainya.

Cek Cash Flow

Setelah Anda menentukan tujuan investasi saham, maka aturan penting dalam investasi saham dengan melihat arus cash flow. Dari sini, Anda bisa melihat kondisi finansial dalam keadaan cukup dan sehat. Hal ini berarti aman untuk biaya hidup ataupun biaya lainnya. Jadi, keuangan Anda tidak akan mengganggu investasi.

Lakukan Survei Informasi Investasi Saham

Informasi ini berhubungan dengan bagaimana cara berinvestasi yang benar, memahami risiko, serta mengecek perkembangan bursa saham up to date. Hal ini berguna untuk menghindari kerugian dalam berinvestasi. Mengingat investasi saham adalah aktivitas yang penuh risiko. Semakin banyak keuntungan yang Anda inginkan maka semakin banyak juga peluang kerugian yang akan diterima.

Mulailah Indeks LQ45 dan IDX30

Dalam memulai investasi saham, sebaiknya Anda membeli saham yang memiliki reputasi baik. Contohnya, saham yang masuk dalam indeks LQ45.   Indeks LQ45 memiliki 45 perusahaan dengan kriteria tertentu, salah satunya kondisi keuangan, prospek perusahaan mendatang sampai nilai transaksi tinggi.  Sedangkan, IDX30 merupakan indeks saham yang  diukur berdasarkan 30 perusahaan dengan likuiditas tinggi, memiliki kapitalisasi besar dan didukung oleh faktor fundamental. 

Kuasai Analisis Teknikal dan Fundamental

Tips selanjutnya adalah memahami analisis fundamental dan teknikal. Perlu diingat bahwa investasi saham tidak hanya bisa dimulai dengan memiliki modal yang cukup saja. Namun pemahaman akan seluk beluk investasi serta analisis dalam investasi wajib dikuasai. Sederhananya analisis fundamental mengacu pada laporan keuangan suatu perusahaan. Sementara analisis teknikal mengacu pada data hari harga historis sebuah saham.

Jadi, itulah beberapa aturan penting dalam investasi saham yang wajib dikuasai oleh seorang investor. Nah, tertarik mencobanya? Jika Anda masih belum yakin untuk memulai investasi saham, maka Anda dapat mencoba investasi reksadana terlebih dahulu sebagai batu loncatan. Investasi reksadana seperti https://www.most.co.id/reksa-dana adalah instrumen investasi yang cocok untuk pemula!


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Ingin Mencoba Investasi Saham pada Aplikasi MOST? Baca Dulu 5 Aturan Penting dalam Investasi Saham!"