Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Tahu! Etika Business Trip Bersama Anak agar Tetap Profesional

Menjalani rutinitas kerja memang harus dilakukan secara profesional. Salah satu kewajiban yang harus kamu jalani saat bekerja adalah aktivitas business trip. Business trip kerap menjadi tantangan tersendiri bagi wanita karier yang sudah berumah tangga. Rasanya berat sekali meninggalkan buah hati untuk bekerja berhari-hari. Apalagi jika pasanganmu juga sibuk dengan pekerjaan atau bisnisnya. Sebenarnya, business trip bersama anak bisa menjadi solusi bagi permasalahan tersebut karena saat ini banyak apartemen murah yang dapat disewa untuk staycation.

Banyak pilihan apartemen di kawasan Jabodetabek yang bisa disewa dengan sistem harian, contohnya apartemen Tangerang Selatan, apartemen Jakarta Pusat, dan berbagai daerah strategis lainnya. Selain menyewa apartemen saat hendak melakukan business trip bersama anak, sebaiknya kamu juga memahami beberapa etika business trip berikut ini supaya kehadiran si kecil tidak mengganggu profesionalitas kerjamu:

Etika Business Trip
Etika Business Trip


Mengenal Karakter Anak dengan Cermat

Anak-anak yang karakternya tenang tentu tak akan terlalu mengganggu business trip. Terutama jika anakmu tidak kesulitan berinteraksi dengan orang-orang yang baru dikenalnya. Namun, anak-anak yang tergolong sangat aktif dan sering tantrum kemungkinan besar akan menyulitkanmu. Jangan sampai business trip bersama anak malah membuat pekerjaan terbengkalai. Kamu juga akan merasa sungkan bila keikutsertaan si kecil menimbulkan gangguan bagi atasan dan rekan-rekan kerja. Anak-anak yang karakternya aktif sebaiknya didampingi orang lain supaya kamu tetap leluasa mengurus pekerjaan.

Jadi, jangan ragu mengajak pasangan, pengasuh, atau anggota keluarga lainnya untuk ikut staycation demi mendukung kelancaran pekerjaanmu. Kemudian, pilihlah tempat staycation di sekitar lokasi business trip supaya mudah diakses. Alangkah lebih baik lagi bila kamu memilih apartemen untuk staycation yang memiliki banyak fasilitas hiburan, misalnya kids playground, kolam renang, dan taman outdoor.

Menyiapkan Segala Kebutuhan Anak Secara Cermat

Kalau kamu akan mewujudkan rencana business trip bersama anak dalam waktu dekat, maka usahakan untuk menyiapkan segala kebutuhan anak yang mencakup:
  • Pakaian ganti dan mainan kesayangan.
  • Makanan bergizi, seperti camilan, susu, dan buah-buahan segar.
  • Perlengkapan ibadah serta peralatan makan pribadi.
  • Masker medis, hand sanitizer, tisu basah antiseptik bebas alkohol, dan lainnya.

Minta Izin kepada Atasan dan Rekan Kerja

Hal penting berikutnya yang wajib kamu lakukan sebelum business trip bersama anak adalah minta izin kepada atasan dan rekan kerja. Persetujuan atasan sangat penting untuk meminimalkan kesalahpahaman. Selanjutnya, jangan lupa pula menyampaikan rencana mengajak anak kepada rekan-rekan kerja. Sehingga rekan kerja yang ikut business trip bersamamu tidak merasa terganggu.

Jangan Mengganggu Kenyamanan Rekan-Rekan Kerja

Selain mengenali karakter anak, kamu juga wajib mengenali karakteristik rekan-rekan kerja dengan teliti. Alangkah lebih baik untuk tidak mengajak si kecil ke tempat kerja jika rekan-rekanmu merasa kurang berkenan. Kamu bisa menyiasatinya dengan meninggalkan si kecil bersama anggota keluarga atau pengasuh di apartemen tempat staycation selama kamu bekerja sehingga konsentrasi dan kenyamanan kerjamu tidak terganggu.

Sebaliknya, rekan kerja yang menyukai kehadiran anak-anak biasanya tak keberatan menemani si kecil saat kamu sedang mengurus pekerjaan. Hal sederhana tersebut pasti membuatmu merasa terbantu dan profesionalitas pun tidak terganggu. Di samping itu, si kecil juga jadi punya kesempatan untuk bersosialisasi dengan banyak orang bila ikut serta dalam business trip.

Mencermati Agenda Kegiatan Kerja

Ketika agenda kegiatan kerja sangat padat dan berpindah-pindah lokasi, sebaiknya kamu tidak mengajak anak dalam business trip. Sebab mengajak anak justru akan menyulitkan aktivitasmu dan bisa membuat si kecil mudah bosan. Jadi, biarkan anak-anak bersantai di apartemen tempat staycation agar dapat beristirahat atau menikmati fasilitas apartemen. Sebaliknya, agenda kegiatan yang agak longgar di tempat-tempat yang kids friendly akan mendukung kenyamanan buah hatimu. Sehingga kamu bisa menjaga si kecil tanpa mengabaikan penyelesaian pekerjaan sebagai urusan utama.

Bila kamu bisa menyiasati rencana business trip bersama anak, perjalanan bisnis pun tak akan lagi jadi momen yang menyebalkan. Kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik sekaligus mengajak si kecil bersenang-senang di waktu senggang. Jangan ragu mencoba business trip bersama anak agar kamu mendapatkan pengalaman baru yang menakjubkan.

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Wajib Tahu! Etika Business Trip Bersama Anak agar Tetap Profesional"