Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Google Form

Keadaan new normal yang sudah diterapkan di beberapa waktu ini memaksa bidang pendidikan melakukan kegiatan belajar mengajarnya secara online. Tak hanya anak sekolah, para mahasiswa pun menjalani kuliahnya dengan cara bergantian, bahkan masih ada juga yang belum melakukan tatap muka. Keadaan ini membuat bertambahnya media pembelajaran online yang mudah dipahami oleh semua kalangan. 

Salah satunya adalah dengan google form. Fitur google form ini tersedia secara gratis dan bisa digunakan dalam dunia pendidikan. Sebagian besar google form digunakan sebagai media kuisioner maupun sebagai media untuk menjawab pertanyaa soal secara online di bidang pendidikan. Kelebihan google form ini adalah bisa mendapatkan beberapa hasil jawaban yang langsung tersimpan di spreedsheet

Dengan demikian pengolahan data akan lebih rapi dan mudah dipahami. Bagi sebagian orang yang belum pernah menggunakan aplikasi online google form, tentunya akan sedikit kebingungan bagaimana cara menggunakannya di dalam kegiatan belajar mengajar maupun kuisioner sebuah penelitian. Berikut ini caradantutorial akan menjelaskan secara detail bagaimana cara membuat google form dengan mudah.

cara menggunakan google form dengan mudah
Cara membuat google form


1. Masuk ke dalam Aplikasi Online Google Form

Pertama-tama yang harus dilakukan untuk bisa menggunakan aplikasi online google form ini adalah memiliki akun google, karena aplikasi ini dibuat oleh google. Jika anda belum memiliki akun google, silakan untuk membuatnya terlebih dahulu. Dna bagi yang sudah menggunakan google form bisa langsung melakukan login akun dari halaman https://docs.google.com/forms/. Setelah itu akan disediakan beberapa desain formulir yang akan digunakan.

Lalu, and bisa memilih desain template sesuai keinginan, pelru diingat bahwa desain sebuah formulir adalah sebuah hal yang harus diperhatikan. Karena faktor visual ini bisa membuat ketertarikan terhadap respondem sehingga akan benar benar mengisi formulir tersebut.

Dashboard google form
Dashboard google form

2. Mengisi Judul Formulir Google Form

Setelah memilih desain, selanjutnya adalah memberi judul formulir agar informasi yang akan dijelaskan terhadap responden semakin jelas. Materi tentang apa yang akan anda kumpulkan datanya. Pemberian judul sebaiknya jangan terlalu panjang, agar terlihat lebih rapi dan sedap dipandang oleh mata.

Selain judul, anda juga harus mengisi deskripsi dari form tersebut. Tujuannya adalah untuk mejelaskan tujuan form itu dibuat. Agar respondem lebih atraktif dan semangat sebelum mengisi formulir yang telah dibuat.

Judul dan deskripsi google form
Pengaturan judul dan deskripsi google form

3. Membuat Pertanyaan di Google Form

Dalam langkah ketiga ini saatnya untuk membuat pertanyaan, untuk formatnya ada beberapa pilihan yang disediakan oleh google. Anda hanya tinggal memilih untuk kebutuhan jenis pertanyaan apa yang akan digunakan. Contohnya : jawaban pendek, jawaban paragraf, multiple choice (pilihan), check box, dropdown, dan lain sebagainya. Penggunaan fitur ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing formulir yang akan dibuat. 
Format jawaban dari google form
Format jawaban google form


4. Pengaturan Required Answer 

Terkadang sebuah pertanyaan didalam google form harus wajib diisi oleh responder.  Dengan menggunakan fotur required yang hidup ini berarti pertanyaan yang diajukan dalam formulir harus dijawab, tanpa menjawab anda tidak akan bisa submit jawaban.

Fitur required answer google form
Pengaturan required answer google form

5. Pengaturan Responder

Setelah semua selesai mengisi daftar pertanyaan, langkah paling terkahir yaitu dengan mengatur fitur responder. Pengaturan meliputi bisa atau tidaknya mengedit jawaban, responder harus memiliki akun email untuk masuk kedalam form dan lain sbeagainya. Setelah itu anda bisa share formulir ini dan siap digunakan untuk mengambil data untuk berbagai macam keperluan.

Pengaturan email google form
Pengaturan privileges responden

Kesimpulan

Nah setelah mengetahui berbagai langkah untuk membuat google form ini anda bisa memahami bagaimana proses pengambilan data dan pengolahan data nantinya. Kelebihan dari google form adalah kita bisa langsung mengolah data melalui cloud drive google. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir data responden akan hilang kecuali dihapus oleh pemilik formulir tersebut. 

Demikian artikel tentang cara membuat google form. Dengan banyaknya sistem online, bukan tidak menutup kemungkinan bahwa google form ini masih berlaku untuk setahun kedepan dalam proses belajar mengajar akademik. Selain itu google form juga bisa diaplikasikan ke berbagai bidang seperti pengambilan data laporan karyawan dan lain sebagainya tergantung kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfata. sampai jumpa di artikel tekno berikutnya.


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Google Form "

Berlangganan via Email