5 Cara Sukses Usaha Warung Kopi di Era Kekinian

Melihat banyaknya penikmat kopi yang semakin hari semakin meningkat, membuat para pebisnis memanfaatkan peluang ini dengan membuka usaha kedai kopi. Apalagi kini warung kopi tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk meminum kopi saja, melainkan dijadikan sebagai titik ngumpul. Nah di sini kami akan membagikan 5 Cara sukses usaha warung kopi kepada Anda yang ingin merintis usaha ini.

Sedari dulu hingga sekarang, kopi terus menjadi minuman favorit orang Indonesia, mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua. Bedanya dulu penikmat kopi hanya dominan dari bapak-bapak saja, tapi sekarang anak muda pun sering nongkrong sambil minum kopi di warung kopi.

Di saat inilah Anda bisa memanfaatkan peluang ini agar bisa menjadi sumber penghasilan Anda. Membuka usaha warung kopi memang terlihat mudah, tapi eh tapi kalau tidak dimanage semaksimal mungkin, usaha Anda akan kalah dari kompetitor lain. Sebelum memulai usaha kedai kopi, sebaiknya Anda melakukan cara biar warung kopi rame berikut ini.

Usaha warung kopi
menikmati Kopi


5 Cara Jitu Usaha Warung Kopi


Memulai usaha ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Tahap demi tahap harus Anda lakukan agar usaha kedai kopi Anda bisa berjalan dengan baik.


Mengatur Konsep yang Tidak Biasa


Konsep warung kopi yang begitu-begitu saja membuat orang-orang tidak penasaran dengan warung kopi Anda. Apalagi di saat sekarang penikmat kopi bukan hanya dari kalangan bapak-bapak saja melainkan diminati oleh anak milenium juga.
Di sini sudah seharusnya Anda melatih kreativitas Anda dengan cara menerapkan konsep yang lebih menarik. Untuk membuat konsep yang menarik tidak harus menggunakan modal banyak, semuanya tergantung dari tingkat kreativitas diri Anda sendiri.


Menentukan Lokasi yang Strategis


Membuka usaha di lokasi yang strategis akan membantu usaha Anda cepat berkembang. Anda harus tau bahwa lokasi berkaitan erat dengan target konsumen Anda.  Misalnya saja, Anda memilih mahasiswa sebagai target konsumen Anda, maka bukalah usaha kedai kopi di area sekitaran kampus.
Untuk di area kampus sebaiknya Anda membuka usaha kedai kopi murah, karena nantinya konsumen Anda lebih dominan seorang mahasiswa. Tempat strategis untuk usaha warung kopi lain yang bisa Anda jadikan referensi yaitu seperti di dekat perkantoran, pasar, pinggir jalan, lokasi industri dan terminal.

Memberikan Cita Rasa Terbaik


Para penikmat kopi tentu memiliki indra pengecap dan penciuman yang bisa mendeteksi kualitas rasa kopi yang diminumnya. Tidak hanya membutuhkan modal, membuka usaha warung kopi juga mengharuskan Anda agar bisa membuat kopi yang cita rasanya tidak biasa saja. Jika Anda belum begitu baik dalam membuatnya, Anda bisa ikut pelatihan barista. Di jaman modern yang serba nline ini, juga terdapat kursus barista online yang membuat Anda bisa menjalankan usaha sembari belajar di saat yang bersamaan.

Lakukan Promosi


Usaha apapun itu tentu membutuhkan promosi, termasuk dalam membuka warung kopi. Meskipun usaha ini terbilang kecil, namun tetap membutuhkan promosi layaknya usaha-usaha lainnya. Anda bisa mengundang kerabat Anda untuk mencicipi kopi buatan Anda. Jangan lupa untuk mempromosikan usaha Anda di sosial media.


Cari Supplier Kopi Berkualitas


Seperti yang dikatakan tadi bahwa rasa bisa menentukan keberhasilan usaha Anda. Namun sebelumnya Anda harus tau kepada siapa target konsumen Anda. Jika target Anda adalah menengah ke bawah maka carilah supplier yang memberikan kopi kualitas sedang dengan harga yang terjangkau. Namun jika target konsumen Anda adalah menengah ke atas, maka pilihlah kopi dengan kualitas tinggi. Untuk itu carilah supplier kopi yang sesuai dengan target konsumen Anda.
Itulah 5 tips membuka usaha kedai kopi yang bisa kami bagikan. Selain 5 langkah di atas, Anda juga harus memperhatikan berbagai aspek lain seperti memberikan pelayanan yang terbaik, memiliki izin usaha, selalu melakukan pembukuan dan lain sebagainya. Semoga sukses!

Newest
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments