Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mengobati Insomnia

CARADANTUTORIAL.COM.Jika anda belum mengantuk,padahal sudah malam hari /dini hari dan waktunya untuk istirahat,itu merupakan tanda-tanda insomnia.Insomnia adalah gejala susah tidur,Gejala ini mengganggu siklus tidur anda yang biasanya teratur.Penyebabnya bemacam-macam,bisa karena pola hidup yang tidak sehat dan terlalu banyak pikiran,sehingga anda bisa stress dan mengganggu pola tidur anda.Penyakit Insomnia ini jangan disepelekan karena bisa mengganggu kesehatan anda,Hal ini pasti akan mengurangi prestasi anda baik di tempat kerja maupun di bisnis anda.Terkadang jika anda kurang tidur akan merasa sakit kepala dan pusing,dan itu pastinya sangat menyiksa.
(baca juga : Cara Menghilangkan Sakit Kepala)

Penyakit insomnia

Ciri Insomnia

Beberapa ciri orang yang terserang penyakit insomnia
  • Merasa cemas disaat akan tidur
  • Susah tidur dalam jangka waktu yang lama
  • Banyak pikiran dan mengganggu jam tidur
  • Sering merasa lelah
  • Sering merasa cemas,dan keadaan hati yang tidak tenang
  • Sering uring-uringan yang tidak jelas

 Tips Cara Mengobati Insomnia

1.Atur Jadwal Kegiatan Sehari hari Anda.


Mengatur jadwal sehari-hari merupakan hal yang penting dan wajib untuk dilakukan,buatlah to do list dan schedule kegiatan anda seminggu/sebulan kedepan,dan usahakan tepat waktu dalam menjalaninya.DIjamin anda akan terhindar dari insomnia karena waktu anda suah teratur di jadwal harian tersebut.

2.Mengurangi Rokok dan Minuman Beralkohol


Di dalam rokok terdapat zat zat yang bisa menyebabkan anda insomnia,karena racun racun yang berada dalam rokok akan mempengaruhi kinerja pikiran anda,sehingga anda merasa gelisah dan kada terjangkit insomnia bahkan bisa lebih parah sekali,Selain rokok,minuman beralkohol juga bisa mempengaruhi kinerja otak,karena alkohol mempunyai zat yang bisa melemahkan otak,disaat otak kita banyak pikiran disaat itulah istirahat pun tergannggu dan menimbulkan kecemasan yang berlebihan sehingga berujung pada penyakit Insomnia.

3.Hindari Kafein


Kopi memang sangat nikmat jika diminum malam hari ataupun pada saat udara dingin,tetapi perlu diketahui,didalam kopi terdapat zat kafein .Hindarilah minum kopi agar istirahat anda terjadwal dan sesuai jam istirahat.


4.Rajin Berolahraga


Olahraga sangat dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh kita,selain itu dengan berolahraga jantung kita akan tetap sehat,karena sering memompa darah yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah.Rajinlah berolahraga agar terhindar dri penyakit insomnia.

5.Jauhi Binatang Peliharaan


Terkadang dengan kehadiran binatang peliharaan,akan membuat anda susah tidur,karena asyiknya bermain dengan mereka.Mulai sekarang aturlah jadwal bermain dengan binatang peliharaan,selain mengganggu waktu,binatang peliharaan juga bisa membawa penyakit yang tidak kita duga,contohnya bulu kucing,bulu anjing dan lain lain.

6.Berpikir Rileks


Rileks memang hanya segelintir orang yang bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.Rileks dalam artian tenang dalam pikiran,ini akan membuat anda tertidur lebih cepat dari biasanya dibandingkan pikiran anda berpikir yang macam macam,cobalah untuk rileks dan menenangkan pikiran sebelum beranjak istirahat.

7.Mematikan Lampu Kamar


Sebagian besar orang terserang insomnia karena lampu kamar yang tidak dimatikan,cahaya bisa mempengaruhi kerja otak agar anda selalu tetap melek setiap harinya.Mulai sekarang cobalah untuk mematikan lampu di saat jam istirahat anda,dijamin anda akan langsung tertidur dan rileks.Buatlah juga suasana kamar anda menjadi senyaman mungkin agar anda selalu terasa nyaman berada di kamar anda.

8.Hindari Bermain Game


Game merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan insomnia,disaat kita sedang asyik bermain game,disaat itulah kita lupa akan waktu.Kinerja otak yang tertuju pada permainan video game akan menghambat keinginan kita untuk beristirahat,Kurangilah bermain video game agar jam istirahat anda teratur.

Demikianlah artikel tentang Tips Cara Mengatasi Insomnia.Perbaikilah diri anda dan jam istirahat anda,karena kesehatan itu sangat mahal harganya,Semoga Bermanfaat.

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

1 comment for "Tips Cara Mengobati Insomnia"

  1. terima kasih buat tipsnya gan, sangat membantu..

    www.infokost.com

    ReplyDelete