10 Tahunku yang Istimewa di Jogja Istimewa

"10 tahun itu bukan waktu yang sedikit,10 tahun itu sangat kurang untuk memahami apa arti dari kebersamaan, kehidupan, dan cinta"

Sepertinya saya sedikit bingung untuk memulai sepenggal kisah asam manis kehidupan dan terkadang pahit, yang sangat panjang untuk diceritakan.Tapi Sesuai judul tulisan ini yaitu "10 Tahunku yang Istimewa di Jogja Istimewa".Ya sangat istimewa sekali hidupku di jogjakarta selama 10 tahun.
Tugu Jogja

Saya seorang perantau dari Jawa Barat sebut saja Aming.Berawal dari kisah ku pada saat SMA di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.Gak pernah sedikitpun kebayang bakal hidup di jogja selama hampir 1 dekade.Yak 1 dekade yang mungkin ga akan bisa diceritakan di dalam tulisan ini semuanya.Singkat cerita,pada saat itu tahun 2006 saya mengikuti Ujian Masuk salah satu PTN di Jogja,Bisa dibilang PTN ini adalah yang paling baik di Jogja.Alhamdullilah saya keterima di PTN tersebut.meskipun pada saat ujian asal jawab soal dan pastinya tengok sana tengok sini.Saya keterima melalui jalur UM beserta 6 orang lainnya dari SMA ku pada saat itu.Senang bukan kepalang ,akan tetapi yang selalu muncul di pikiranku adalah "Jogja sih dimana?","Bagaimana kehidupan jogja?","Waduh gimana ini di jogja kl ga ada yang kenal satupun". Ya itu sekelumit pertanyaan pada saat itu,dan ketika saya masih alay alaynya.bisa dibilang terlalu malu untuk diceritakan.:)).

skip..

Lalu bagaimana jika tidak ada yang kenal? Petualanganku di jogja pada Tahun 2006 dimulai.Saya beserta temanku 6 orang yang keterima PTN di Jogja mengontrak sebuah rumah di kawasan Jalan Kaliurang,Jl Kaliurang menjadi primadona jika kalian mengetik "kost kostan dekat PTN anu" pasti yang keluar paling atas adalah Jakal.Jakal itu apa? ya  Jalan Kaliurang lah wkwkw.Sebuah rumah kontrakan seharga Rp.7,5 Juta per Tahun menjadi saksi bisu kedatanganku beramai ramai ke Jogja.Menjadi anak perantauan sangat membebani diri saya,bagaimana tidak saya harus melakukan semuanya secara mandiri tanpa bantuan orang tua.Disinilah bagaimana kita diuji apa arti dari "Kebersamaan".

Tahun 2006 di Jogja itu bisa dibilang masih sangat sepi, Belum banyak bermunculan tempat wisata yang saat ini booming. Untuk masalah harga makanan dan biaya hidup pada saat itu.Jogja masih nomor wahid,bayangkan saja makan dengan Rp.3000 bisa kenyang.Menunya : Nasi Kucing,Es Teh,Udud sebatang.Sebagai bayangan pada saat itu harga segelas Es Teh di Angkringan sekitar Rp.500. Kalo sekarang?? Toilet dan parkir aja udah 2000.Duh dek :(

Angkringan KR tahun 2009
Foto diatas adalah Angkringan KR di jalan Mangkubumi pada tahun 2009.Masih sangat sepi.Masih murah ,masih enak,ga banyak pengamen.Bisa dibayangkan sekarang Ankringan KR kayak gimana? Antri Es Teh aja bisa sampe 1 Jam.Disini saya jadi bimbang,mau seneng atau kesel.Senengnya ya Jogja makin ramai,keselnya ya antri es teh wae nganti 1 jam.jilak tenan og...

Skip....

"Kehidupan sehari hari mulai saya jalani di Jogjakarta selama 2 Tahun.Datang banyak masalah,ajakan teman,gaya hidup,game online, sampai urusan dikejar kejar MLM."

2 Tahun hidup di perantauan membuat diri kita akan semakin penasaran akan hal hal yang belum diketahui oleh kita sendiri.Sebelumnya saya rajin mengikuti kuliah,kegiatan kampus dan lain sebagainya. Lambat laun kerajinan dan kesregepan itu akan pudar dan hilang dengan sendirinya.Percayalah pasti akan ada masa dimana kalian akan merasakan pengennya main terus,bergadang terus,main game online, cari pacar,dan lain lain.Sementara kuliah? ya akan dijadikan nomor 2 setelah gaya hidup.Terbukti pada akhirnya kuliah semakin keteteran dan pada akhirnya materi akan semakin tertinggal.Ditambah ada teman yang mencucui otakku untuk mengikuti Program MLM sebut saja TONGLI,Kemanapun dikejar untuk ikut program MLM nya.Risih,ga punya privacy,sempat saya berpikir "masih ada ya orang yang bela belain kayak gitu buat dapetin downline?" .Temenku yang nawarin MLM akhirnya menyerah setelah tak bentak di Muka Umum " Koe ki ra ono gawean sekali ora yo tetep ora!!"..(ra penting sih sakjane diceritake)

Akhirnya pada saat itu Kerjaan sehari-hariku main main dan main.Nongkrong setiap hari di tempat nongkrong hits pada zamannya (sebut saja anu) sama temen kenalan baru , jalan jalan sampe pagi ke pantai,Tugas kuliah dan kewajiban kuliah sempat terlupakan.Sebenarnya yang paling penting adalah kuliah,entah bagaimana pada saat itu saya menyepelekan yang namanya kuliah,Ga mikir bagaimana orangtua susahnya mencari uang untuk menyekolahkan anaknya.Salahku disini.Jangan tiru ini dirumah ya....Skip

Menurutku itu sangat wajar jika kalian masih berada di umur riskan itu.Tapi disini harus dikembalikan ke diri kalian masing masing.Jika masih belum memikirkan jangka panjang ya akan terjadi titik jenuh dan ingin lepas dari zona nyaman,akan tetapi jika sudah memikirkan jangka panjang Insya Allah kalian tidak akan tergoda.(kutipanWOW.red).

Pada Zamannya


Hobbyku memang main semenjak kecil,mengarungi seluruh tempat wisata dimanapun tak terkecuali di jogja ,Keinginan untuk mengexplore wisata di jogja selalu menjadi hasrat agar bisa terlaksana di kemudian hari.Saat itu saya puterin  semuanya dari mulai dari utara sampai selatan,dari barat sampai ke timur.Kebetulan saya memakai Vespa yang merupakan kendaraan sehari hari.Dan saya menjadi bagian komunitas vespa yang ada di Jogja.Disini saya mulai mengenal beberapa teman saya yang mempunyai hobby yang sama yaitu Vespa dan Touring.Nongkrong dan jalan jalan pakai Vespa sempat menjadi keseharianku pada saat itu.Disinilah titik kehidupan yang mengikuti gaya hidup pada saat itu dimulai.Saya mulai terkontaminasi oleh keegoisanku sendiri.Kuliah fix terlupakan Kalau dipikir pikir sekarang hanya menjadi bahan tertawaan diri sendiri saja yang memang tak akan pernah dari memory hidup ini.Sisi positifnya pun ada, saya menjadi mengenal beberapa orang dengan berbagai karakter.Sosial sangat diperlukan jika kalian hidup di perantauan(halah...)

Pantai Depok 

Skip...


Hingga pada akhirnya saya keranjingan Game Online tepatnya di tahun 2008.Pada saat itu game FPS yang sedang booming boomingnya membuatku terjerumus kedalam dunia maya.Kuliah tetep lanjut,SPP bayar,BOP bayar,tapi sehari hari main game online.Uang bulanan pasti dihabiskan untuk cash game.Saat itu warnet menjadi tongkronganku setiap harinya.Tembak sana Tembak sini,kluwer sana kluwer sini,beli cash,makan di warnet dll..Sempat menjadi operator warnet dan gajinya pun dibelikan cash game agar bisa membuat char game yang dewa banget dan joss gandoss.Ini yang menghiasi kehidupan saya selama setahun lebih,Bisa dibilang ini titik kebobrokan saya,dan salah satu kecerobohan yang bisa mengubah garis hidup saya.

Tahun 2010 bisa dibilang tahun yang paling saya ingat selama saya di jogja.Banyak kejadian kejadian yang membuat down,hancur dan patah semangat dari Gunung merapi yang meletus,Dapat surat SP dari kampus ,dan salah satu diantara yang paling membuatku merasakan down  adalah meninggalnya Ibuku tercinta.Pada saat itu saya tidak mendampingi dan hanya diberitahu disuruh pulang ke Kuningan.Yah saya sangat menyesal jika mengingat kejadian di tahun itu.Hanya dengan keegoisan bisa sampai lupa keluarga dan lain lain.Kejadian ini membuat sangat terpukul.

"Keluarga adalah nomor satu,usahakan komunikasi dengan keluarga selalu lancar jika kalian berada di perantauan."


Skip...

Setelah ditinggal oleh Ibuku,semangat pun hilang.Kuliah yang sudah tertinggal semakin tertinggal,akan tetapi saya lanjutkan terus kuliah itu.Hingga pada akhirnya pada Tahun 2012 saya mengundurkan diri (drop out) dari PTN tersebut.Bisa dibilang menyakitkan.Menyesal?? Sangat IYA!! Lalu bagaimana saya menebus itu semuanya?Waktu sudah tidak bisa diputar lagi bro..Lu hidup di kota orang mau makan apa lama di situ akhirnya ga selesai kuliah??
Kejadian ini mebuatku berpikir bolak balik bagaimana selanjutnya,Apakah tetap di Jogja atau Pulang kampung.Setiap hari menjadi dilema dan berpikir ambyar gan.

Skip...

Kehidupan baru dari 0 dimulai dari sini saya memutuskan untuk mencari pekerjaan.Pada Tahun 2012 saya sempat mejadi sopir City Tour di jogja.Saya ditawari oleh teman saya yang mempunyai Bisnis Tour and Travel dan sewa mobil di jogja. Pada saat itu tugasku hanya mengantar tamu yang sedang berwisata di Jogja.

Hotel di jogja memang belum sebanyak saat ini.Gajiku saat itu harian lepas.Harus pintar pintar mencari tips jika kebetulan tamu yang saya antar sangat baik.Ya lumayanlah untuk memenuhi kebutuhan untuk seminggu.Pada saat itu saya sudah tidak mendapat utuh kiriman uang dari ayah saya.Sangat menyedihkan wkwkwk.

Dari menjadi City Tour Guide inilah saya mengenal beberapa tempat Wisata di Jogja,Diantaranya :
  • Tugu Jogja
  • Malioboro
  • Deretan Pantai Wonosari
  • Gunung Purba Nglanggeran
  • Bukit Bintang
  • Tamansari
  • Candi Prambanan ,Borobudur, dan Ratu Boko
  • Wisata Volcano Kaliurang
  • dll
Candi Borobudur
Malioboro
Candi Plaosan Lor


Dan tempat wisata yang belum terjamah pun sangat banyak,Jogja sangat kaya akan keindahannya.Pada saat itu saya masih ingat.Tiket.com masih baru lahir,akan tetapi pada saat itu sangat membantu tamu saya yang minta rekomendasi tiket penerbangan di jogja.Pada saat itu fitur Tiket voucher hotel masih belum ada.Saya merekomendasikan tiket.com untuk memesan tiket penerbangan ataupun kereta api kepada tamu saya.

Skip...

Cari Hotel di Tiket.com Begitu mudahnya
1 Tahun sudah kujalani menjadi seorang Tour Guide merangkap driver.Setelah itu saya hanya mencarikan pelanggan untuk sewa mobil di jogja untuk teman saya.Dan saya sangat mengapresiasi tiket.com karena sekarang tiket.com menambah fitur untuk voucher hotel dan sewa mobil di jogja dan umumnya di seluruh Indonesia.Sehingga akan semakin mudah jika ingin booking hotel maupun menyewa mobil di jogja.Jadi teman teman yang mau wisata ke jogja bingung cari hotel di jogja dan sewa mobil di jogja langsung aja pake tiket.com yah :)


Pada tahun 2013 saya mencoba peruntungan lain dengan memulai kuliah malam dengan biaya sendiri,sesuai dengan minat saya yaitu di Teknik Informatika saya mulai mencoba kuliah lagi pada malam hari dan pada siang hari saya bekerja menjadi admin sebuah website toko online di jogja.Komitmen saya harus terpenuhi untuk menebus kesalahan saya pada 2012 silam.Memang berat jika dilakukan mengerjakan 2 pekerjaan secara sekaligus yaitu sebagai mahasiswa dan pekerja.Tetapi inilah pilihan hidupku .Minat dan keinginan terpenuhi dan untuk melancarkan itu semua saya harus banting tulang dengan biaya sendiri untuk mengikuti perkuliahan itu,Tahun demi tahun terlewati hingga pada akhirnya di tahun 2015 saya bekerja di salah satu perusahaan advertising di jogja sampai sekarang.

Asam manis kehidupan itu memang menjadi bumbu,selebihnya anda sendiri yang menentukan kehidupan anda.Saat ini pekerjaan saya sudah lumayan betah dan cukup untuk memenuhi biaya kuliah yang hanya tinggal 2 Semester.Kehidupan sehari-hari pun sangat saya nikmati.Semua proses kehidupan itu memang tidak sepenuhnya lurus.Pasti ada belok-beloknya,Akan tetapi jangan terlalu belok ndak ra nyandak.

Setelah 10 tahun di Jogja Istimewa ini saya menjadi mengerti apa itu kepedulian sesama, kehidupan, mengenal mana yang baik dan mana yang buruk, tanggung jawab kepada orang tua dan diri sendiri.10 tahunku ini sangat istimewa,sekarang saya sangat menikmati kehidupan di Jogja.Doakan saja mungkin saya akan menjadi orang jogja juga karena cintaku juga berada di jogja :))Seakan akan hidupku ini sudah cocok berada di jogjakarta.Klimaks dan antiklimaks biarlah menjadi hiasan yang bisa menjadi cerita kepada anak dan cucu kelak dimasa depan.


Mungkin kisah ini hanya inti dan sebagian kecil yang diceritakan.Perlu tatap muka jika ingin menceritakan semuanya ini.Mungkin di tulisan lain dan di lain waktu saya akan menceritakan bagaimana detailnya.Cerita ini hanya menjadi kenangan kehidupanku dan tentunya menjadi pelajaran bagi semuanya yang ada di perantauan.Kuliah--Game Online--Depresi--Drop Out--Bekerja--Cinta.semua itu aku rasakan di Jogja Istimewa ini..Cerita indahku selama 10 tahun di jogja tak akan bisa tergantikan oleh apapun.Sampai jumpa di tulisan berikutnya

"Ra kroso wes jam 23.30 ket wingi mikir nganggo tema opo nggo melu Blogging Competition : Experiencing Local Fun Jogja dari tiket.com Semoga tiket.com semakin sukses dan fiturnya semakin bertambah.aminn"

The end

Previous
Next Post »
Comments
2 Comments

2 komentar

Click here for komentar
Nunu Amir
admin
May 9, 2017 at 9:01 PM ×

Baca ini jadi kangen jogja euiii

Reply
avatar
aldhifajar
admin
May 13, 2017 at 11:39 AM ×

dulunya di jogja juga mbak?Salam kenal

Reply
avatar