Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Menjadi Percaya Diri

CARADANTUTORIAL.COM – Percaya diri sangat dibutuhkan bila kita ingin melakukan sesuatu hal. Percaya diri adalah berbuat dengan penuh keyakinan atau percaya. Rasa percaya diri adalah kekuataan yang mendorong sseorang untuk maju dan berkembang serta selalu memperbaiki diri. Apa pun tantangan yang dihadapi dan dalam kondisi apapun ia akan menggapai cita-citanya.


Tanpa rasa percaya diri, seseorang akan hidup di bawah bayang-bayang orang lain. Ia akan selalu takut pada kegagalan dan sesuatu yang tidak diketahui. Karena itu, ia tidak berani melakukan perubahan sekecil apapun untuk keluar dari kebiasaan selamanya ini.

Ada seorang istri yang sangat menderita dalam pernikahannya, tapi tidak berusaha melakukan perubahan positif, baik sekadar dengan mengubah pola hidup bersama sang suami atau benar-benar meninggalkannya. Ada seorang siswa yang sudah belajar sungguh-sungguh, tapi pada saat menghadapi ujian ia selalu memikirkan kegagalan. Alhasil, pikiran yang ada meluruhkan rasa percaya dirinya. Dan membuatnya gagal.

Ada seorang yang percaya diri ketika menghadapi sesuatu. Namun, ketika menghadapi tantangan tertentu, ia merasa akan gagal. Dalam ha ini ia telah membiarkan pikirannya membuka file-file kegagalan dalam menghadapi tantangan itu. Karena itu jika anda benar-benar ingin meningkatkan rasa percaya diri, tanamkanlah pikiran positif. Jadikanlah konsentrasi anda pada hal-hal yang positif hingga menumbuhkan rasa percaya diri,apapun yang terjadi.

Tips Menjadi Percaya Diri

1. Tersenyum Selalu

Tersenyum merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya anda bisa tersenyum untuk membuat diri anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa tidak enak ketika anda tersenyum.

2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda

Sama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum anda dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda.

3. Tampil Rapi

Meskipun anda hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan anda tampil rapih. Sisirlah rambut anda, cucilah muka anda, perbaiki riasan wajah anda, luruskan kerah anda, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi anda. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan anda dan rasa takut anda terhadap penampilan anda.

4. Bicaralah Perlahan

Sebuah tips sederhana agar anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika anda bicara terlalu cepat, anda akan merasa tidak enak karena anda sadar anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi anda kesempatan untuk memikirkan apa yang anda akan katakan selanjutnya. Jika anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.

Otak akan membukakan file-file percaya diri yang lebih kuat dan mendalam di ruang memori akal bawah sadar anda. Demikian itu sangat berpengaruh pada perilaku dan hasil yang anda raih. Pikiran membuat file-file akal yang mempengaruhi jiwa raga, perasaan, sikap, dan dampaknya. Pikiran mempengaruhi citra diri anda, penghargaan anda terhadap diri sendiri, dan raasa percaya diri anda.

Jadi agar kita bisa tetap percaya diri, buang jauh-jauh pikiran negatif atau pikiran kegagalan yang selalu menghantui kita. Dan jika Anda pikir Anda bisa, Anda PASTI BISA. Semoga tips percaya diri diatas dapat membantu Anda untuk lebih percaya diri lagi.
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

1 comment for "Tips Agar Menjadi Percaya Diri"