Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dari Jeruk Nipis Untuk Kecantikan dan Kesehatan


CARADANTUTORIAL.COM-Dibalik ukuran buahnya yang kecil, jeruk nipis ternyatamenyimpan berbagai jenis nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain terkenal karena kandungan vitamin C nya yang melimpah, jeruk nipis juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti kadinen, minyak atsiri, vitamin C asam amino, glikosida, asam sitrun, dan juga lemak.


Manfaat Jeruk nipis


Apa saja manfaat jeruk nipis ?Karena kandungan nutrisinya yang amat beragam tersebut, buah jeruk nipis banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Buah yang “kecil-kecil cabe rawit” ini juga biasa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh terutama karena kandungan vitamin C nya yang amat kaya. Selain dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, terutama untuk kecantikan kulit. 

1. Merawat Kulit Wajah 

Caranya adalah dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis di wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah anda dengan air sampai bersih. Cara ini dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih bersih, halus, putih dan juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jika anda ingin membuat kulit wajah anda menjadi kenyal dan juga bersih, yang dapat anda lakukan adalah mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur lalu oleskan pada wajah. Setelah olesan jeruk nipis dan putih telur tersebut mengering, segera bilas dengan air hangat sampai bersih. Selain kulit wajah, anda juga dapat menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan kotoran kulit (daki) di bagian tubuh lainnya.

2. Solusi Untuk Diet

Zat limonin yang terkandung dalam jeruk nipis dapat berfungsi untuk meminimalisir produksi kolesterol dan lemak dalam tubuh. Jadi, jika ingin tubuh anda semakin langsing, silahkan rutin mengkonsumsi jeruk nipis. Disarankan untuk menyampurkan sedikit perasan air jeruk nipis dengan air yang sudah ditambahkan gula secukupnya. Anda hanya tinggal meminum larutan tiap malam hari dan rasakan perbedaannya pada perut anda. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga jumlah makanan yang anda konsumsi karena faktor inilah yang paling mempengaruhi bentuk tubuh anda.

3. Merawat Kesehatan Rambut

Jeruk nipis juga bisa anda gunakkan untuk merawat kesehatan rambut sekaligus untuk mengatasi beberapa masalah rambut seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya cukup simpel, yaitu hanya dengan membasuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih (dianjurkan untuk memakai shampo). 

4. Mengobati Batuk

Manfaat lainnya dari jeruk nipis adalah untuk mengobati batuk. Caranya sangat mudah, yaitu anda hanya tinggal menyediakan satu setengah sendok kecap dan juga satu buah jeruk nipis, dan sedikit garam. Setelah itu, campurkan perasan jeruk nipis tersebut dengan kecap dan juga garam lalu minum sebanyak satu sendok makan. Minum ramuan ini dua kali sehari, maka batuk anda akan semakin sembuh.

5. Mengobati Sembelit 

Jika anda mengalami sembelit yang tidak juga kunjung sembuh, maka anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan mencampurkan air perasan buah jeruk nipis dengan dua sampai empat siung bawang merah yang telah dihaluskan, lalu ditambah dengan buah asam dan juga satu sendok makan minyak kayu putih. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut di bagian perut.

6. Mengobati Demam 


Caranya hampir sama dengan tips diatas, yaitu dengan menggunakan campuran jeruk nipis, bawang merah, minyak kayu putih, dan minyak kelapa. Siapkan dua sampai empat siungng bawang merah yang telah dihaluskan lalu tambah setengah sendok minyak kayu putih dan juga setengah sendok minyak kelapa dan ditambahkan perasan jeruk nipis. Setelah semua bahan dicampurkan, gunakan ramuan tersebut untuk mengkompres anggota keluarga anda yang sedang demam.

Tentunya masih banyak pula manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan,Jagalah kesehatan dan kecantikan semenjak dini agar kita selalu berada dalam kehidupan yang teratur.Semoga bemanfaat artikel manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan kali ini,sampai jumpa di artikel berikutnya,
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Manfaat dari Jeruk Nipis Untuk Kecantikan dan Kesehatan"