Cara Defrag Harddisk dengan Benar

CARADANTUTORIAL.COM---Melakukan Defrag pada harddisk Anda adalah salah satu langkah paling baik yang bisa Anda kerjakan untuk mempercepat komputer anda. Sepenting apakah men Defrag Harddisk di komputer? Pikirkan kalau hard drive anda seperti seperti almari arsip. Bila anda seperti umumnya orang, anda miliki surat-surat anda disimpan dalam folder abjad sehingga anda bisa dengan gampang temukan arsip yang anda mencari dengan gampang.Jika mengambil label dari folder, berpindah tempat dari semuanya folder, serta geser dokumen kedalam serta keluar dari folder dengan acak. Ini akan membawa Anda lebih lama untuk temukan suatu hal, lantaran Anda akan tidak tahu dimana dokumen Anda ada.

(baca juga : Cara Merawat Harddisk Agar tidak Cepat Rusak)

Defrag Harddisk

Defragmentation ada di Windows XP serta Windows Vista, walau terdapat banyak ketidaksamaan pada keduanya. Yang paling utama yaitu kalau Vista sangat mungkin penjadwalan defragmentasi : Anda dapat mengaturnya untuk defrag hard drive Anda terjadwal sehari-hari bila Anda menginginkan. Tetapi di Windows XP, Anda mesti defrag dengan cara manual.

Ini sama utamanya untuk defrag harddisk computer pada Windows 7 dengan teratur, namun terdapat banyak pilihan baru, serta penampilan baru yang tidak sama dengan XP.

Ketidaksamaan lain pada defragment pada Windows 7 serta Vista yaitu jumlah info yang didapatkan sepanjang session defrag. Windows 7 yaitu tambah lebih detil dalam apa yang ia memberi tahu Anda mengenai perkembangan.

Pada defragment Windows 7 juga, Anda bisa hentikan defrag setiap waktu, tanpa ada mengakibatkan kerusakan disk Anda lewat cara apa pun, dengan mengklik " Stop operation " sepanjang defrag.

Agar bisa lakukan defrag, jadi Anda mesti ikuti Tips Tutorial Defrag Komputer Windows 7 berikut ini.

1. Click tombol Start, serta ketiklah " Disk Defragmenter " di jendela pencarian dibagian bawah. sehingga akan memunculkan dibagian berdasar hasil pencarian, seperti yang diperlihatkan gambar berikut ini.
cara defrag harddisk


2. Bila Anda sudah memakai defragger di Vista serta XP, hal pertama yang bakal Anda cermati yaitu kalau Graphical User Interface, atau GUI, sudah seutuhnya di desain lagi. Ini dari monitor paling utama ini yang Anda bisa mengelola semuanya beberapa pekerjaan defragmentasi Anda. Di dalam GUI yaitu monitor yang diisi adalah daftar semuanya partisi hard drive yang terpasang pada system Anda yang bisa di defrag.

Defrag Harddisk Komputer

Jendela tengah, yang diperlihatkan diatas, adalah daftar semuanya partisi hard drive anda, bila penuhi prasyarat untuk defragmentasi. Kiri tiap-tiap drive dalam daftar untuk pilih/menyorotnya, lantas click " Analyze disk " dibagian bawah untuk memastikan apakah butuh defragmented (fragmentasi diperlihatkan pada kolom " Run Paling akhir "). Microsoft merekomendasikan defragmenting disk apa pun yang mempunyai kian lebih 10% fragmentasi.

3. Pada bagian ini anda bisa menjadwalkan defragmentasi automatis, atau mengawali sistem manual. Untuk mengotomatisasi defragmentasi, click pada tombol " Configure schedule... ". Itu bakal menimbulkan jendela yang diperlihatkan gambar berikut ini.

Menu Disk Defragment



Dari sini, anda bisa menjadwalkan seberapa kerap untuk defragment. Saya menyarankan agar mempersiapkan beberapa pilihan ini, dan sesudah defragmentasi dikerjakan dengan cara otomatis, kadang-kadang kita selalu lupa untuk mengerjakannya dengan cara manual, serta mesti menggunakan berjam-jam defragging saat anda butuh untuk memperoleh suatu hal yang lain dikerjakan.

Satu diantara keuntungan dari Defragmenter pada Windows 7 yaitu kalau hal semacam ini bisa defragment hard drive ganda dengan cara bersamaan. Pada versus terlebih dulu, satu drive mesti defragged sebelumnya yang lain dapat. Saat ini, drive bisa defragged dengan cara paralel, yakni ketika yang sama. Itu dapat jadi besar menghemat saat bila Anda mempunyai, umpamanya, drive, hard drive internal eksternal serta USB drive serta mereka semuanya butuh defrag.

Demikian tutorial bagaimana cara defrag harddisk dengan benar dan mudah,semoga artikel ini bermanfaat,silakan share jika benar benar bermanfaat.Terimakasih
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments