Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Curriculum Vitae / CV

CARADANTUTORIAL.COM--Hai sahabat blogger,bertemu lagi dengan artikel fresh dari kami.Tentunya bagi anda yang sedang giat mencari lowongan pekerjaan,hal yang paling terpenting adalah pembuatan CV (Curriculum Vitae) atau biasa disebut daftar riwayat hidup.Karena merupakan ujung tombak HR division untuk memilih anda.Apalagi jika anda ingin terpilih sebagai kandidat calon karyawan baru di suatu perusahaan,untuk melanjutkan ke tahap interview.



(baca juga : Tips Mengatasi Interview Kerja.)

Pastinya hal pertama yang dilihat oleh HR adalah CV anda atau riwayat hidup anda.CV berisi segala hal tentang diri anda yang bersifat formal.Berikut ini ada sebuah kutipan menarik tentang Tips membuat Curriculum Vitae oleh bapak Made Andi.Beliau merupakan seorang Dosen di Jurusan Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada.beberapa tulisan beliau sangat inpiratif.Bahasanya yang mahasiswa banget pastinya membuat anda makin tertarik.Berikut kutipannya :


Tips Membuat Curriculum Vitae

  1. Cara membuat CV yg bagus adalah dengan membuat diri kita jadi bagus dulu. Bukan dg cara belajar membuat kalimat yg Indah. ‪
  2. Kalau sudah banyak prestasi, sering juara, maka bikin CV jadi mudah & enak. Tak perlu belajar cara bikin kalimat yg berbunga2, CV pasti keren! 
  3. Sebaliknya, kalau tidak berprestasi, tidak aktif org, tidak istimewa, jelas tdk mudah bikin CV bagus meskipun pintar merangkai kata2. 
  4. Salah kalau fokus kita adalah membuat kalimat keren di CV. Fokusnya haruslah membuat diri jadi baik dan keren. 
  5. Maka cara membuat cv yg bagus adalah: buatlah CV seawal mungkin dan buat itu seakan2 ini sdh di masa depan. 
  6. Jika kamu adl mhs angkatan '16 maka bayangkan ini tahun '20 dan buatlah CV. CVmu merupakan harapan dan prediksi masa depan. 
  7. Di CV itu kamu akan menulis IP, TOEFL, pengalam riset, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, prestasi dll 
  8. Lalu cetak CV prediksi itu dan tempel di kamar belajar/tidur/kos. Lihat setiap hari dan wujudkan pelan2! 
  9. Kamu nulis "IP= 3,3" lalu pantau kenyataannya. Jika belum terlaksana, belajar keras dan cerdas! Nulis TOEFL 550, kalau belum, ya usaha dong. Kursus kek, bikin kelompok belajar, cari bahan di internet dll. 
  10. Intinya menurut Ab. Lincoln, "the best way to predict the future is by creating it". CV yg baik bisa diciptakan dg membayangkan masa depan lalu tekun mewujudkannya 
  11. Selain itu, kita juga harus tahu CV afalah tentang 'good packaging' alias kemasan yg baik. Tidak bohong tapi menampilkan kebenaran dg efek dramatis maksimal
  12. Misalkan: "bantu jaga Toko ortu", kalau ditulis begitu saja mungkin kurang keren. Coba tulis jadi "assisting family business in managing inventory". Padahal, ya gitu deh :)) 
  13. Jadi tukang fotokopi dokumen dosen, sering dibully untuk bikin bahan kuliah, bisa ditulis "research Assistant". Kan jadi keren!
  14. Coba lihat CV orang2 hebat dan tiru CV itu sehingga jadi CV kamu di masa depan :) Perhatikan juga format CV. Jika ada format CV untuk kepentingan khusus maka ikuti format itu. Jika tidak diharuskan, bisa niru format CV di internet. 
  15. Ingat CV adalah soal kejujuran. CV tidak membalikkan yg buruk jadi baik tapi menampilkan kebaikan dengan efek dramatis maksimal.

Bagaimana kutipan beliau?sangat inspiratif dan mudah dipahami bukan?bagaimana cara membuat curricullum vitae terbaru.Anda bisa mengaplikasikannya dan mencoba untuk menyusun kembali daftar riwayat hidup anda.Selamat mencoba.

Sumber : Kutipan Bapak Made Andi Arsana (madeandi.com)

Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Tips Membuat Curriculum Vitae / CV "