Tips belajar fotografi untuk pemula

CARADANTUTORIAL.COM--- Fotografi merupakan salah satu bidang keahlian yang banyak diminati oleh sekian banyak masyarakat.Fotografi bisa dikatan suatu teknik memotret secara baik dan benar,Untuk mendapatkan foto yang bagus maka harus dikenali bagaimana teknik memotret yang baik dan benar.oleh karena itu perlu cara khusus dan panduan tertentu untuk memulai berkecimpung di dunia fotografi.Di dalam dunia fotografi ada berbagai macam jenis yaitu Foto dan Video.Untuk video di artikel sebelumnya yang membahas bagaimana cara membuat video time lapse,kali ini cara dan tutorial akan membahas tentang foto khususnya menggunakan kamera DSLR

Turorial belajar fotografi untuk pemula
Tutorial belajar fotografi untuk pemula
Untuk membuat foto yang benar benar mempunyai estetika sesuai standar memanglah tidak mudah.Karena keindahan suatu foto ditentukan oleh fotografer sendiri.Semakin banyak belajar maka akan semakin baik pula foto yang dihasilkan dari kamera DSLR anda.Sebagai pemula tentunya anda masih awam dengan dunia fotografi.berikut cara dan tutorial akan merangkum Tips Belajar Fotografi untuk Pemula.

1.Kenali istilah dalam fotografi

Dalam dunia fotografi dikenal banyak istilah,bagi anda yang baru memulai di dunia fotografi lebih baik untuk mengenalinya terlebih dahulu beberapa istilah tersebut.Untuk hal mendasar yang perlu diketahui adalah:

  • Shutter speed adalah rentang waktu / lama waktu pada saat shutter kamera anda terbuka.
  • ISO : International Standar Organization yaitu Tingkat standar sensitifitas kamera terhadap cahaya pada objek.
  • Diafraghma /aperture (f) adalah komponen dari lensa yang mempunyai funsi mengatur intensitas cahaya yang masuk ke kamera.diafraghma berupa lubang yang dapat diatur seberapa besar lubang sehingga cahaya yang masuk dapat disetting sedemikian rupa.
Mungkin yang paling penting untuk seorang pemula adalah ketiga point diatas.karena yang mempengaruhi bagus atau tidaknya sebuah foto adalah keseimbangan dari 2 point diatas.

2. Mulailah dengan memotret objek sederhana

Dalam memulai bidang fotografi pastinya anda harus belajar menangkap beberapa objek sederhana,Misalnya memotret sebuah buah apel.Cobalah untuk memotret buah apel dengan menggunakan flash dan tanpa menggunakan flash.Jika anda tidak menggunakan flash anda harus mengatur ISO,Shutter speed,dan aperture pada kamera DSLR anda.Dengan memotret objek sederhana lama kelamaan anda akan terbiasa dengan pengaturan 3 pooint penting dalam dunia fotografi.

3. Mencari point of interest dari sebuah objek

Sebuah objek setidaknya mempunyai sisi unik yang dapat diabadikan di dalam foto.Dalam menghasilkan foto yang bagus usahakan untuk tidak mendapatkan ruang yang kosong.Akan lebih baik anda memotret suatu objek lebih ke fokus dan latar belakang yang mempunyai nilai estetika fotografi.

4. Memotret objek dengan cepat dalam sebuah momen

Terkadang anda mendapati sebuah momen langka,sebagian besar memang momen langka tersebut susah diabadikan dengan sebuah kamera.Cobalah untuk memotret dengan cepat.Misalnya : memotret orang yang sedang mengendarai motor.

5. Mengatasi hasil yang blur

Hasil foto blur memang sering terjadi di dunia fotografi,itu disebabkan oleh tidak sesuainya settingan shutter speed.Pegangan kamera anda sangat rentan sekali dengan goyang .jika anda goyang dalam memotret dipastikan hasil foto akan sedikit blur.Usahakanlah memotret dengan keadaan tangan yang pas.Lama kelamaan tangan anda akan terbiasa memegang kamera dan menghasilkan foto tanpa blur.

6. Fokus pada sebuah objek

Dengan kamera DSLR,objek dekat dan jauh bisa difokuskan sesuai settingan lensa anda,bidik objek dan fokuskan untuk mendapatkan hasil terbaik.Pengaturan aperture sangat penting dalam membidik sebuah objek.

7. Berlatih memotret berbagai objek

Setelah melatih memotret objek sederhana selanjutnya dianjurkan untuk memotret berbagai objek di sekitar anda,agar bisa menemukan feel dengan sebuah kamera.Dengan begitu anda akan terbiasa dengan kamera dan objek yang dikehendaki.Hasil foto bisa dipilih sesuai pilihan anda.Pasti akan ada hasil yang sesuai dan mempunyai nilai estetika.

8. Gunakan mode kamera yang sesuai

Untuk para pemula dianjurkan untuk memakai mode Manual dengan fitur autofokus,dengan begini anda akan mengerti mana hasil foto yang baik dan mana yang tidak.Faktor pengambilan indoor dan outdoor pun harus diperhitungkan secaramatang.Oleh karena itu mode kamera manual akan membantu anda bagaimana menyelaraskan ISO,shuter speed,dan aperture.

9. Perhatikan sumber cahaya

Untuk memotret beberapa objek,usahakan agar tidak melawan cahaya.Karena hasil foto anda akan terlihat seperti siluet jika melawan cahaya.Perhatikan arah datang cahaya sehingga objek yang anda foto mempunyai pencahayaan yang baik.

Point point di atas adalah tips belajar fotografi untuk pemula.lebih baik banyak belajar dan mencoba,sehingga lama kelamaaan anda akan menguasai kamera dan tentunya bidang fotografi.Semoga artikel ini bermanfaat.


Previous
Next Post »
Comments
0 Comments