Cara Merawat Kamera DSLR

CARADANTUTORIAL.COM---Di jaman yang serba canggih ini kamera DSLR menjadi trend bagi setiap penikmat fotografi.Bukan hanya kalangan profesional akan tetapi kalangan newbie di bidang fotografi sudah banyak yang mempunyai kamera DSLR.Walau sudah mahir dalam menggunakan kamera ini,sebagian besar orang tidak merawatnya sehingga kamera DSLR akan cepat rusak,Apalagi bagian vital seperti body kamera dan lensa kamera.Mereka tidak tahu bagaimana merawat kamera DSLR dengan benar.

Cara merawat kamera DSLR
Camera DSLR

Setelah kami membahas Tips Belajar Fotografi Untuk Pemula pada kesempatan kali ini tim cara dan tutorial telah merangkum bagaimana cara merawat kamera DSLR agar terhindar dari kerusakan.

Cara Merawat Kamera DSLR

1. Simpan kamera di tempat yang sejuk

Penyimpanan kamera menjadi hal yang sangat penting bagi anda yang mempunyai kamera DSLR.Semua komponon kamera rentan terhadap debu dan segala jenis kotoran.Sebisa mungkin simpanlah kamera anda di tempat yang sejuk dan tidak lembab,karena jika sembarangan menyimpan ,kamera ada akan mudah terkena cairan ataupun debu yang bisa merusak bagian komponen kamera.

2. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Sinar matahari yang langsung terkena kamera akan membuat komponen plastik dan magnet akan cepat panas,hal ini akan mengakibatkan komponen di dalam kamera yang terbuat dari plastik dan karet akan cepat rusak.Hindarilah menyimpan kamera di bawah sinar matahari langsung.

3. Simpan kamera di tempat yang aman

Kamera anda sebaiknya disimpan di tempat yang hampa udara,misalnya box,toolbox,kontainer, dan sebagainya.Menyimpan kamera di dalam box akan lebih baik sehingga kamera akan terhindar dari segala jenis kototran, debu, bahkan cairan sekalipun.Sekat lah box anda untuk memisahkan bagian bagian kamera yang sangat penting,contohnya : lensa,baterai,grip,dan lain lain.

4. Bersihkan Kamera dan Lensa

Membersihkan kamera sangat dianjurkan jika anda telah menggunakan kamera,apalagi jika kamera anda jarang digunakan.Jika kamera anda jarang digunakan tetaplah untuk membersihkannya secara terjadwal.Gunakan alat khusus pembersih kamera dan lensa,akan lebih baik jika menggunakan kuas/semprotan angin kamera,agar debu yang menempel pada kamera akan bersih.Sehingga kamera anda akan bebas debu dan kototran.

5. Pakai Filter lensa jika anda memakai kamera

Filter lensa sangat membantu untuk menjaga goresan pada lensa anda.Disaat anda menggunakan kamera ,lensa sangat rentan dengan goresan,baik itu goresan tanga maupun faktor cuaca/debu yang bisa membuat giresan pada lensa anda.Penggunaan filter UV juga sangat disarankan agar lensa tidak terkena sinar matahari yang mengandung UV .Jika anda telah selesai menggunakan kamera tutuplah lensa dengan bodycup yang biasanya bawaan dari pabrik.

6. Service di tempat resmi

Jika kamera DSLR anda mengalami kendala atau gangguan,service lah sesuai dengan merk kamera anda di service centre yang tersedia di seluruh kota.Service berkala dan pengecekan berkala sangat disarankan untuk tetap membuat kamera anda siap untuk digunakan setiap saat.

7. Hindari kontak langsung dengan cairan

Jika anda menggunakan kamera di dserah pantai,usahakan jangan sampai terkena air laut,karena air laut bisa menyebabkan korosi pada bagian komponen kamera anda.Sebisa mungkin jagalah agar terhindar dari air laut bahkan air air biasa yang bisa merusak komponen kamera anda.

8. Matikan kamera jika mengeluarkan baterai dan memory card

Baterai yang terus digunakan akan terasa panas,disaat itulah anda perlu mengeluarkan baterai dan ingin mengganti dengan baterai baru jika mempunyai cadangan.Sebaiknya jika anda ingin mengganti baterai kamera,matikan terlebih dahulu kamera ke posisi off,barulah anda mengeluarkan baterai dari kamera dan menggantinya dengan yang baru.Kamera tidak tahan dengan perubahan arus listrik secara mendadak ,anda perlu mengetahui hal itu.

9. Jangan menyimpan kamera di dalam mobil

Seringkali banyak orang meyimpan kamera di dalam mobil dalam waktu yang lama,apalagi jika mobil tersebut terkena sinar matahari langsung,Suhu di dalam mobil akan lebih panas karena di dalam mobil tidak ada sirkulasi udara yang lancar,ini akan membuat kamera anda bersuhu tinggi dan rentan akan keruskaan komponen listrik pada kamera.Suhu yang tinggi juga bisa menyebabkan jamur pada lensa kamera.

Demikian cara dan tutorial merangkum bagaimana cara merawat kamera DSLR anda agar awet dan tidak cepat rusak.Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments