Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Laptop Bekas yang Berkualitas

CARADANTUTORIAL.COM.Bagi anda yang ingin membeli laptop terutama yang secondhand atau bekas pasti anda sangat selektif dalam memilihnya,untuk orang yang awam dengan hardware tentunya sangat sulit mendapatkan laptop bekas yang masih bagus atau berkualitas.Memang pada dasarnya sebuah laptop bekas yang berkualitas adalah yang berkondisi bagus baik hardware dan software.Belilah secara online maupun secara langsung.

(baca juga : Cara Aman Berbelanja Online )

Trend laptop bekas memang mulai naik dengan tajam,banyak counter laptop maupun toko online yang menjual laptop bekas tentunya dengan kondisi yang berbeda-beda,ada yang masih bagus ada juga yang sudah tidak layak,meskipun para penjual memasang ahrga yang murah tapi kurang berkualitas.Tetapi alangkah baiknya kita membeli laptop bekas dengan harga tinggi tapi masih berfungsi segalanya.

laptop bekas berkualitas

Bagaimana cara memilih laptop bekas yang berkualitas ?  berikut cara dan tutorial akan membahasnya.

1. Cek Bagian Fisik


Jika anda memilih laptop bekas,kondisi fisik adalah yang paling utama,sebelum deal dengan penjual ceklah secara detail keadaan fisik,dan keadaan hardware pada laptop tersebut.Yang harus di cek diantaranya : Layar,LCD,port audio,port USB,keyboard,touch pad,webcam.Pastikanlah hardware tersebut masih berfungsi dengan baik.


2.Kondisi Monitor LCD


Layar monitor merupakan bagian yang paling penting dalam sebuah laptop / PC.Pastikan layar tersebut tidak mempunyai dead pixel.dan berfungsi dengan baik.Atur kecerahan brightness dan contrast apakah masih berfunsi dengan baik.Cek kabel flexible dengan membuka dan menutup laptop dengan cara menutup dan membukanya,jika tidak ada masalah bisa dipastikan layar laptop dalam keadaan baik.

3.Baterai dan Charger


Kelebihan laptop adalah portable atau bisa dibawa kemana saja dengan praktis,sehingga baterai dan charger juga merupakan faktor penting dalam sebuah laptop bekas yang baik.cobalah dengan cara mencharge baterainya dan lepaskan kabel power,jika masih berfungsi dengan baik maka bisa dipastikan baterai masih dalam keadaan yang baik.

4.Harddisk


Harddisk merupakan elemen penting dalam sebuah laptop,harddisk yang baik adalah ahrdisk yang tidak mempunyai badsector,cobalah untuk mempartisi harddisk tersebut ,dan mencoba untuk mengcopy dan paste file antar partisi,jika masih berfungsi itu artinya harddisk dalam keadaan yang baik.

5.Keyboard dan Touchpad


Teslah dengan masuk kedalam notepad,tes kerboard dengan mngetikkan semuanya termasuk tombol 2nd dengan menekan shift/fn.keyboard merupakan inti dari segalanya,jika ada tombol yang kurang berfungsi itu artinya laptop butuh service dan penggantian hardware.Touchpad juga merupakan faktor penting,memang sekarang lebih banyak menggunakan mouse sebagai penggerak cursor,tetapi touchpad juga harus berfungsi layaknya laptop yang masih baru.

6.System 


Untuk mengecek system anda bisa menggunakan dxdiag pada laptop anda,caranya tekan tombol run pada windows,kemudian ketikkan dxdiag kemudian enter.Disitu akan ditampilkan system yang telah terinstall di komputer,Os,Driver Vga,Vga,Audio,akan terdeteksi semuanya pada dxdiag.

7.Wifi


Ceklah wifi apakah bisa digunakan.biasanya jika tidak bisa terkoneksi wifi artinya driver wifi tidak terintall dengan baik,cek melalui system configuration (baca : Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop).
dan installah driver jika belum terdapat driver wifi adapter.

8.Bluetooth


Meskipun tidak semua laptop yang mempunyai fitur bluetooth,tetapi jika anda ingin mengecek bluetooth ceklah kondisi driver maupun hardwarenya.cek koneksi bluetooth dengan koneksi dengan device lain.

9.Optical Drive


Cd dan dvd rom harus dicek apakah berfungsi dengan baik.cobalah dengan memasukkan cd/dvd apakah bisa detect di laptop anda.karena semakin lama optical drive akan mengurangi durabilitynya

Demikian bagaimana cara memilih laptop bekas yang berkualitas.Pintar pintarlah dalam memilih laptop yang bekas.dan bijaklah dalam membelanjakan uang anda.Semoga Bermanfaat





Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

2 comments for "Cara Memilih Laptop Bekas yang Berkualitas"

  1. Sharing yang bermanfaat gan.. dengan ini maka seorang yang sedang ingin mencari laptop bekas bisa lebih pandai dalam memilih..

    ReplyDelete