Tips Mengatasi dan Menjawab Interview Kerja

CARADANTUTORIAL.COM.Wawancara kerja adalah hal yang sangat penting dan vital ketika anda mendapat panggilan kerja/interview kerja.Biasanya perusahaan akan memanggil anda untuk tes wawancara untuk mengetahui kepribadian anda secara langsung setelah anda melamar pekerjaan kepada sebuah perusahaan.Tujuan diadakan wawancara kerja selain untuk mengetahui kepribadian yaitu mungkin untuk mengetahui seberapa besar anda mengusai skill yang sesuai anda tuliskan dalam daftar riwayat hidup anda.Jadi sangatlah wajar jika di tahap wawancara merupakan tahap yang menentukan anda diterima atau tidaknya di suatu perusahaan.

(baca juga : Cara Membuat Meja Kerja Menjadi Nyaman)
tips interview kerja

Untuk itu kami akan membahas pertanyaan pertanyaan yang sering muncul pada saat wawancara kerja dan bagaimana cara mengatasi interview kerja.

Tips Mengatasi dan Menjawab Interview Kerja

Beberapa pertanyaan dan bagaimana cara menjawabnya sebagai berikut:

1.Gambarkan secara singkat mengenai diri anda?

Disini pewawancara akan mengawali wawancara biasanya dengan pertanyaan ini,wajar jika pewawancara ingin mengenal diri anda.Sebaiknya anda memperkenalkan secara singkat dan jangan bertele-tele mengenai diri anda.berilah jawaban dengan 4 inti yaitu : pengalaman kerja,pendidikan terakhir,sejarah kerja,kegiatan selama tahun terakhir.

2.Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini?

Sedikit saran sebelum menghadiri interview kerja,ada baiknya anda sudah mengetahui perusahaan apa,bergerak di bidang apa,dan membutuhkan apa.sehingga pada saat akan menghadapi pertanyaan ini akan dihadapi dengan mudah.Jawablah dengan yakin dan tegas bahwa anda telah benar-benar mengetahui perusahaan tempat anda lamar.

3.Mengapa kami harus merekrut anda?

Pertanyaan jebakan ini mau tidak mau anda harus menjawabnya secara percaya diri,jawablah dengan lantang bahwasanya anda memeiliki kemampuan yang tidak bisa orang lain berikan kepada perusahaan ini.

4.Hal apa yang membuat anda melamar kepada perusahaan kami?

Disini anda harus menjawab dengan percaya diri juga,utarakanlah keinginan anda  untuk bekerja pada perusahaan tersebut,lebih baik jika anda mengagungkan perusahaan tersebut pada saat wawancara pekerjaan.

5.Apa yang anda cari dalam sebuah pekerjaan?

Harus selalu diingat jangan pernah sekalipun membicarakan materi seperti:"saya membutuhkan uang","saya ingin mencari pengalaman" karena jika anda menjawab seperti itu sangat bisa dipastikan perusahaan tersebut akan ilfeel kepada anda,jawablah dengan mengaitkan seputar otoritas organisasi atau ingin berguna bagi orang lain,merupakan jawaban yang sangat bijak.

6.Menurut anda apa tanggung jawab dari posisi yang anda pilih?

Untuk menjawab pertanyaan ini cukup jawablah dengan singkat tentang job desk yang anda ketahui tentang pekerjaan yang anda lamar,tidak mungkin jika anda melamar suatu posisi tetapi anda tidak mengetahui job desk dari posisi tersebut.

7.Berapa lama anda bisa beradaptasi dengan kami ,jika anda diterima di perusahaan ini?

Jawablah secara rasional,bahwa anda bisa beradaptasi dengan perusahaan idealnya 3 bulan.dan mintalah bimbingan agar job desk anda tidak berantakan.

8.Menurut anda apakah loyalitas itu penting?

Pertanyaan ini bisa merupakan sebuah pertanyaan jebakan dan ingin menguji anda seberapa loyal jika anda diterima di perusahaan ini.jawablah dengan rasional bahwa anda akan selalu di perusahaan ini jika perusahaan masih membutuhkan kerja keras anda.

9.Melihat Curriculum Vitae anda,pengalaman anda sangat banyak,bagaimana tanggapan anda terhadap hal ini?

Ketika pewawancara menanyakan hal ini jangan lah sombong tentang pengalaman anda jika pengalaman kerja anda sudah banyak,rendah hati dan jawablah dengan bijak seperti:"saya masih butuh banyak belajar,karena pembelajaran adalah suatu proses menuju kinerja paling baik"

10.Mengapa anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya?

Ketika menghadapi pertanyaan ini jangan sekali kali mengutarakan hal negatif di perusahaan anda sebelumnya,jawablah dengan halus misalnya"kontrak saya tidak diperpanjang","saya ingin lebih berguna bagi perushaan lain dan ingin memulai karir yang baik"

11.Apa yang anda dapat dari pekerjaan sebelumnya?

Jawablah bahwa anda mendapat pelajaran dan pengalaman yang sangat penting baik untuk diri anda sendiri maupun untuk orang lain.

12.Apa pendapat anda dengan manager anda sebelumnya?

Jangan sesekali menjelek-jelekan atasan anda pada pekerjaan sebelumnya,jawablah dengan memuji bos anda di pekerjaan sebelumnya,meskipun tidak sesuai tapi cobalah untuk lebih bijaksana dalam menjawabnya untuk kepentingan pekerjaan selanjutnya.

13.Apa target anda di masa depan?

Pertanyaan ini bersifat luas,anda cukup menjawab target jangka pendek terlebih dahulu,karena dengan target jangka pendek anda akan merasa lebih tertarget dan terstruktur.

14.Berapa gaji yang anda inginkan?

Pertanyaan ini muncul biasanya pada akhir wawancara,mungkin secara tidak langsung jika pewawancara menanyakan hal ini akan menjadi pertimbangan selanjutnya diterima atau tidak.jawablah "Sesuai Upah Minimum Regional dan susai kebijakan perusahaan" maka hal ini akan menjadi sangat bijak dalam menjawab pertanyaan ini.

15.Seberapa sukseskah anda untuk saat ini?

Jawablah dengan singkat dan jangan memberi jawaban yang lebay atau berlebihan.karena akan mengisyaratkan bahwa anda sombong atau mengagungkan diri sendiri,cobalah untuk selalu rendah hati.

Mungkin itu beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering muncul pada saat interview kerja.Semoga bermanfaat dan suskes untuk wawancara kerjanya.sampai jumpa di cara dan tutorial berikutnya

(baca juga : Cara Memilih Kost yang Nyaman)

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments