Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Kost yang Nyaman

CARADANTUTORIAL.COM. Kost atau tempat tinggal sementara merupakan hal yang paling penting jika kita merantau di daerah luar.Baik untuk kuliah maupun untuk kerja.Sehingga untuk menunjang kehidupan sehari-hari yang nyaman kita juga perlu memilih kost yang nyaman,karena kost kost an bisa diibaratkan rumah kedua bagi kita.Agar tidak salah memilih kost-kostan perlu diperhatikan beberapa tips cara memilih kost yang membuat anda nyaman.
memilih kost yang baik

Seringkali pada saat kita mencari kost ada kendala dan ketidakcocokan baik dari segi kenyamanan,kebersihan maupun harga.untuk itu berikut sedikit tips memilih kost yang baik dan nyaman.

Tips Memilih Kost yang Nyaman

1.Kebersihan

Kebersihan merupakan hal yang paling mendasar dan paling penting dalam setiap tempat tinggal,baik itu kontrakan maupun kost kostan yang hampir tersebar di seluruh Indonesia.Cobalah memilih kostan dengan sistem kebersihan yang baik,misal dengan membayar uang kebersihan tiap bulan,maka akan menyimpulkan bahwa tempat itu sangat mengutamakan kebersihan.

2.Air Bersih

Air juga merupakan hal yang paling penting untuk kehidupan sehari hari,air digunakan untuk membersihkan barang dan mandi.Carilah kost an atau kontrakan yang sudah tersedia air bersih,boleh sumur ataupun PDAM sama saja,asalkan cakupan air terpenuhi untuk kebutuhan sehari-hari.

3.Keadaan Sekitar

Lingkungan sangat mempengaruhi keseharian anda,pastikan bahwa lingkungan anda bisa mendukung kegiatan sehari-hari anda.Bagi mahasiswa hal ini harus sangat diperhatikan,karena dengan emosi yang masih labil,anak muda/mahasiswa sering banyak terpengaruh.Jadi pandai-pandailah menjaga lingkungan sekitar.

4.Listrik

Pada jaman sekarang ini hampir sebagian besar biaya kost perbulan/pertahun sekaligus dengan biaya listrik,pastikan listrik mempunyai kapasitas yang besar sehingga tidak sering terjadi jegleg/jeplak//tidak kuat menahan daya yang terlalu besar.idealnya untuk kost-kostan memakai listrik berdaya 1300 Watt.

5.Keamanan Lingkungan

Kriminal selalu terjadi dimana saja,Keamanan merupakan hal terpenting bagi setiap lingkungan dimana saja,memilih kost / tempat tinggal yang baik harus diiringi dengan pertimbangan yang baik.Dengan menjaga keamanan maka barang kita akan aman dari segala kesempatan kriminal yang bisa terjadi kapan saja,

6.Jam Malam

Jam malam bagi sebagian besar juga sangat penting,bagi anda yang bekerja mungkin membutuhkan kost yang tidak memilik jam batasan malam,karena mungkin anda bekerja pada malam hari.Biasanya pemilik kost memberikan kunci pagar/kunci bersama agar anda bisa pulang pada jam berapa saja dan tetap akan aman.

7.Fasilitas kamar

Kostan dengan fasilitas lengkap maupun vip sudah menjamur pada jaman sekarang ini,ingat sesuaikan dengan budget anda.biasanya kamar yang penuh dengan fasilitas akan sedikit mahal harganya,Umumnya fasilitas kamar terdiri dari kamar mandi dalam/luar,kasur,lemari,meja belajar,dan lain lain sesuai kesediaan pemilik kost.Tetapi untuk sekarang banyak kos yang menyediakan fasilitas TV LED,AIR CONDITIONER dan lain lain.

(Baca Juga : Cara merawat TV LED)

8.Sirkulasi udara dan cahaya

Kamar dengan sirkulasi udara akan sangat bermanfaat bagi kesehariaan anda,jika ditambah dengan cahaya yang cukup maka akan bertambah nyaman.Anda akan merasa betah tinggal di kamar kost karena cahaya dan udara merupakan faktor penting untuk kesehatan anda.

9.Biaya sewa

Harga sangat bervariasi untuk kost an .mulai dari harga murah tanpa fasilitas lengkap sampai harga mahal dengan fasilitas super lengkap.Bijaklah dalam memilih fasilitas,pilihlah kost yang mempunyai fasilitas yang sangat primer dibutuhkan oleh anda.untuk kebutuhan tersier mungkin bisa menyesuaikan dana anda.

10.Koneksi Internet / Sinyal hp

Di jaman super canggih kebutuhan internet bisa dikatakan kebutuhan yang sangat primer,karena selain dibuthkan untk bekerja,internet sangat dibutuhkan untuk sekedar refreshing dari kegiatan mingguan yang membuat anda merasa penat,pilihlah kostan dengan dilengkapi fasilitas internet yang memadai.Selain itu anda juga harus memperhatikan sinyal hp anda,karena gadget anda jika sangat penting akan sangat membutuhkan sinyal dari provider untuk sekedar telepon atau hal penting lainnya.


11.Jarak dengan tempat kerja atau kuliah

Jarak kostan pasti banyak memilih di dekat kampus/tempat kerja.Karena selain menghemat biaya bensin kost an dengan jarak yang dekat dengan tempat kerja atau kampus akan sangat meminimalisir biaya bulanan untuk transportasi.


Demikian kami sajikan bagaimana cara memilih kost yang baik sesuai dengan kebutuhan anda.Harus selalu diingat pilihlah tempat tinggal sementara anda dengan bijak dan memikirkan faktor-faktor diatas.Semoga bermanfaat cara dan tutorial kali ini


Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

5 comments for "Cara Memilih Kost yang Nyaman"

  1. Ane malah lebih memilih biayanya yang paling murah hehehe~
    soal kebersihan bisa di atasi ~

    Ry-share blog personal and free download games

    ReplyDelete
  2. pemilihan yang tepat dapat memberikan kenyamanan yang lebih buat para pencari kos asssik bgt artikelnya

    ReplyDelete
  3. nomor sepuluh agak sedikit kurang berlaku, udah 2 kali pindah kost hanya kriteria ini yang tak pernah terpenuhi :D
    semoga tahun depan kesampaian :D

    ReplyDelete
  4. wah ketahuan klo anak kost-an nih..ekwkwwk

    ReplyDelete